J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kisah 4 Orang Kaya yang Pilih Tinggalkan Kemewahan dan Hidup Sederhana, Kenapa?

Minggu, 18 Apr 2021, 18:00 WIB
Orang kaya ini menemukan kebahagiaan dengan meninggalkan gaya hidup mewah dan mulai hidup sederhana. Kok rela ya, sampai begitu? Apa alasannya?

Menjadi orang kaya raya dengan harta yang tak habis tujuh turunan adalah impian semua orang. Siapa sih, yang tak ingin hidup nyaman hingga tua, bahkan meninggalkan warisan?

Namun, ternyata banyak orang tajir dengan gaya hidup jetset yang kemudian menyadari bahwa harta bukanlah sumber kebahagiaan.

Kehidupan mereka belum terasa lengkap meski harta telah di tangan dan apapun bisa didapatkan, geng.

Justru satu momen dalam hidup dan pemikiran mereka lah yang mengantarkan orang-orang kaya ini untuk hidup sederhana dan merelakan harta bertumpuknya demi tujuan dan kebahagiaan pribadi.

Seperti apa kisah orang-orang kaya tersebut? Ini dia, geng!

1. Liu Jingchong, demi menjadi biksu

Liu Jingchong 1 032a2

Sosok Liu Jingchong sebelumnya lebih dikenal sebagai seorang pengusaha manufaktur dan tekstil dari Provinsi Guangdong di Tiongkok yang memiliki harta berlimpah.

Namun, semua hal berubah ketika dirinya memutuskan untuk meninggalkan seluruh hartanya dan pindah ke sebuah gubuk terpencil di kaki gunung.

Hal tersebut dilakukan Jingchong setelah mengalami kecelakaan mobil yang membuatnya harus berdiam diri dan tinggal di hotel - di sanalah ia membaca sebuah buku tentang Buddhisme.

Liu Jingchong 2 5f9d7

Ketika sembuh, Jingchong mempelajari lebih dalam mengenai filosofi Buddha, salah satunya bahwa harta benda merupakan penyebab penderitaan manusia.

Ia lantas melikuidasi seluruh hartanya dan menggunakan uang yang dimiikinya, lalu membeli sebuah gubuk dan memenuhi kebutuhannya.

Jingchong juga dikabarkan bergabung dengan biksu-biksu kuil di Timur Tiongkok dan bekerja di dapur kuil sebagai seorang koki, geng.

2. Chuck Feeney, ingin tutup usia dalam keadaan miskin

Chuck Feeney 1 E9dda

Bisa dibilang, miliarder asal Amerika Serikat Chuck Feeney adalah salah satu orang kaya paling dermawan dengan pemikiran out of the box.

Feeney merupakan salah satu pendiri Duty Free Shoppers (DFS), sebuah perusahaan barang mewah bebas pajak di bandara seluruh dunia.

Pria kelahiran tahun 1931 ini punya prinsip "aneh" yang berbeda dari kebanyakan orang, lantaran ia ingin meninggal dalam keadaan miskin.

Kekayaannya yang sebelumnya mencapai Rp113,35 triliun saat ini hanya tersisa Rp28,33 miliar saja yang disisihkannya untuk biaya hidup dengan sang istri.

Chuck Feeney 2 91a8e

Hampir semua hartanya ia hibahkan ke badan amal secara diam-diam - ia membantu modernisasi sistem kesehatan Vietnam, bahkan menciptakan perdamaian di Irlandia Utara.

Saat ini, Feeney tinggal dengan sederhana di sebuah apartemen dua kamar bersama sang istri. Menurutnya, meninggal dalam keadaan kaya itu memalukan.

3. Wang Yan, rela menolong anjing terlantar meski bangkrut

Wang Yan 310f0

Jika Indonesia punya Hesti Sutrisno yang menolong anjing-anjing terlantar, Tiongkok punya Wang Yan, seorang miliarder yang kini bangkrut, geng.

Ia rela berkorban hingga kehabisan harta benda demi membangun sebuah pusat penyelamatan hewan bagi anjing-anjing yang telantar.

Pada tahun 2012, ia kehilangan anjingnya dan tak berhasil menemukannya - Wang Yan kemudian mengunjungi sebuah tempat pembantaian hewan atas saran seseorang.

Di saat itulah, ia sadar bahwa begitu banyak anjing liar di China yang meregang nyawa di hadapan pisau daging demi memuaskan perut manusia.

Wang Yan 2 060b1

Wang kemudian membeli tempat pembantaian itu dan mengubahnya jadi tempat perlindungan anjing liar dan terlantar.

Tempat yang kemudian disebut "Changchun Animal Rescue Base" tersebut telah menyelamatkan lebih dari 2.000 anjing, meski Wang malah jatuh miskin bahkan hingga berutang sana-sini.

4. Yao Nanshan, demi hidup bahagia bersama istri

Yao Nanshan 1 D2a93

Cinta bisa membuat harta seperti tak ada artinya, itulah yang dirasakan pria bernama Yao Nanshan ini, geng.

Suatu hari di tahun 2013, Yao dan temannya yang tengah berlibur di gunung tersesat dan ketinggalan bus sehingga mereka mencoba mencari tumpangan menginap di rumah warga.

Ternyata, rumah yang pintunya ia ketuk malam itu adalah milik Liu Lijuan, seorang wanita yang ramah dan baik meskipun tinggal dalam kemiskinan.

Yao Nanshan 2 190af

Keduanya lantas tertarik pada satu sama lain pada pandangan pertama dan terus berkomunikasi hingga pria usia 60 tahunan tersebut kembali menemui Liu dan menyatakan cinta.

Yao yang sebelumnya kehilangan istri pertamanya karena kanker perut kembali merasakan harapan dan menyadari bahwa harta bukanlah sumber kebahagiaan untuknya.

Ia lantas memindahtangankan seluruh hartanya kepada tiga anaknya dan meninggalkan kota demi tinggal bersama Liu di sebuah pondokan kecil di desa. So sweet ya, geng?

Akhir Kata

Dari cerita di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa arti kebahagiaan itu berbeda-beda bagi setiap orang, geng.

Bahkan orang yang kita lihat hidup dengan uang berlimpah ternyata tidak serta-merta bahagia, bahkan mereka berani menempuh cara ekstrem seperti kisah di atas demi meraih kebahagiaan.

Kalau kamu sendiri gimana, nih? Apa sih, arti kebahagiaan buat kamu?

Baca juga artikel seputar Orang Kaya atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Terlihat Bodoh Padahal Pintar, Menipu Banget!

Hai Crazy Rich, Inilah 10 Sekolah Termahal di Indonesia | Bikin Uang Papa Habis!

7 Artis Indonesia yang Masih Kerja Meski Punya Suami Tajir | Makin Crazy Rich!

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 04 16t104602 931 5bc55
Tanam Porang, Warga Durenan Kini Panen Uang | Beli Mobil & Rumah Saat Pandemi!
Untitled Design 2021 04 12t184626 357 1b9fb
10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 | Crazy Rich Indonesia Baru Bermunculan!
Untitled Design 2021 04 13t120015 212 6a549
Temukan Tiga Buah Batu Langka, Penambang Tanzania Dua Kali Jadi Miliarder Dadakan!
Untitled Design 2021 04 07t121105 804 D8775
10 Miliarder Termuda di Dunia 2021, Usia 18 Tahun Sudah Jadi Milyader!
Untitled Design 2021 04 06t101046 710 1f0a3
Suami Istri Ini Kaya Raya Berkat Canva, Jadi Miliarder Termuda di Australia!
Untitled Design 2021 03 17t132450 868 9c7ed
5 Tips Ampuh Jadi Orang Kaya dan Sukses dari Milyarder Dunia, Wajib Catat!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal