Pengertian Obligasi Pemerintah & Jenis-Jenisnya | Pilih yang Mana?

Default

Obligasi pemerintah adalah salah satu pilihan instrumen investasi yang tepat bagi pemilik modal yang ingin dananya tetap tumbuh, dan memberikan hasil investasi yang konsisten.

Pasalnya, berinvestasi pada instrumen ini berarti risiko gagal bayar sangatlah minim karena dijamin oleh negara. Selain itu, imbal hasil dalam bentuk kupon (bunga) yang diberikan secara regular dapat menjadi fixed income bagi investor.

Keuntungan-keuntungan berinvestasi obligasi itulah yang pada akhirnya membuat orang tertarik untuk memilihnya.

Namun, sebelum memulai berinvestasi, sebaiknya kenali dulu apa itu obligasi pemerintah dan apa saja jenis-jenisnya berikut ini.

Pengertian Obligasi Pemerintah

Apa Itu Obligasi Pemerintah 93053
Sumber foto: Pasardana

Government bond atau obligasi pemerintah adalah surat berharga berupa surat pengakuan utang yang diterbitkan oleh pemerintahan suatu negara dalam denominasi mata uang negara tersebut.

Pemerintah menerbitkan obligasi dengan kupon tetap (seri FR-Fixed Rate), obligasi dengan kupon variable (seri VR-Variable Rate), dan obligasi dengan prinsip syariah atau sukuk negara.

Penerbitan surat utang dengan menawarkan kupon (bunga) sebagai imbal hasil ini dilakukan dalam rangka mencari defisit negara untuk pendanaan sejumlah proyek dalam negeri melalui APBN.

Berinvestasi pada instrumen obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah, berarti sama halnya seperti pemerintah meminjam uang dengan jangka waktu tertentu dan dibayarkan sesuai jatuh tempo.

Jenis-Jenis Obligasi Pemerintah

Pada praktiknya, berinvestasi obligasi berupa Surat Utang Negara (SUN) sayangnya dinilai terlalu besar dan hanya mampu dilakukan oleh 'partai besar' saja.

Oleh karena itu, diterbitkannya obligasi dalam bentuk ritel diharapkan dapat menjadi alternatif, sehingga investasi pada instrumen ini bisa dilakukan oleh masyarakat secara luas.

Obligasi ritel yang diterbitkan oleh pemerintah sendiri memiliki beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda.

1. Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI)

Obligasi Pemerintah 2021 8b3e1
Sumber foto: Market Bisnis

Pertama, ada Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI) yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2006 silam, dan menjadi yang tertua di antara semua obligasi ritel pemerintah.

ORI diterbitkan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berinvestasi dalam perdagangan obligasi negara secara individu.

Penerbitan ORI oleh pemerintah biasanya dilakukan minimal sekali setiap tahunnya. Namun, tak menutup kemungkinan bisa diterbitkan dua kali atau bahkan lebih.

Tak seperti investasi reksa dana yang menawarkan modal awal sangat kecil, berinvestasi pada ORI diperlukan dana minimal Rp1 juta dan kelipatannya hingga maksimal Rp3 miliar.

ORI memiliki karakteristik seperti menawarkan kupon tetap (fixed rate), berbentuk tanpa warkat (scripless) dan dapat diperdagangkan antar investor domestik, serta ada potensi capital gain atau capital loss.

2. Obligasi Tabungan Ritel (Saving Bond Ritel/SBR)

Cara Beli Obligasi Pemerintah 94868
Sumber foto: Pelayanan Publik

Berikutnya ada Obligasi Tabungan Ritel (Saving Bond Ritel/SBR) yang merupakan pengembangan dari ORI. SBR adalah obligasi negara yang ditawarkan kepada Warga Negara Indonesia secara individu.

SBR diterbitkan tanpa warkat dan memiliki jangka waktu jatuh tempo selama dua tahun.

Berbeda dengan ORI, karakteristik SBR yaitu tidak dapat diperdagangkan sampai dengan jatuh tempo, kecuali pada saat early redemption.

Melalui salah satu produknya yaitu SBR009, kamu dapat berinvestasi pada jenis obligasi ini dengan dana minimal Rp1 juta dan maksimal Rp3 miliar.

3. Sukuk Ritel (SR)

Jenis Obligasi Pemerintah 62ce3
Sumber foto: Kemenkeu

Sukuk Ritel (SR) merupakan salah satu jenis obligasi ritel pemerintah yang paling cocok untuk kamu yang memilih berinvestasi berbasis syariah, nih, geng.

Pasalnya, SR dikelola berdasarkan prinsip syariah, dalam artian tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan), dan riba (usury). Kemudian, yang terpenting yaitu SR telah dinyatakan sesaui syariah oleh Dewan Nasional MUI.

Selain itu, obligasi SR juga diterbitkan menggunakan struktur akad ijarah, yaitu pemindahan hak guna atas suatu barang dalam waktu tertentu dengan pembayaran sewa tanpa diikuti pemindahan kepemilikan atas barang tersebut (asset to be leased).

Namun, jika ORI dan SBR menawarkan kupon sebagai imbal hasil, karena berbasis syariah maka SR memberikan imbal hasil yang berasal dari keuntungan kegiatan investasi.

Beberapa karakteristik SR yaitu dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik, tenor 3 tahun, dan pemesanan mulai dari Rp1 juta.

4. Sukuk Negara Tabungan (ST)

Contoh Obligasi Pemerintah 28297
Sumber foto: Kemenkeu

Terakhir, ada jenis obligasi ritel Sukuk Negara Tabungan (ST) yang masih sama-sama berbasis syariah.

Perbedaannya, ST tidak diperdagangkan di pasar sekunder dan memiliki fasilitas early redemption, sehingga investor dapat menerima sebagian pelunasan pokok oleh pemerintah sebelum jatuh tempo.

Menariknya, fasilitas early redemption tersebut tanpa dikenakan redemption cost oleh pemerintah alias bebas biaya, geng.

Sukuk Negara Tabungan memiliki karakteristik yaitu imbalan mengambang dengan imbalan minimal, tenor 2 tahun, dan minimal pemesanan mulai dari Rp1 juta.

Buat alternatif investasi reksa dana syariah, obligasi ritel ST ini mungkin bisa menjadi pertimbangan kamu.

Akhir Kata

Itulah pembahasan seputar pengertian obligasi pemerintah dan beberapa jenisnya yang bisa kamu jadikan pilihan investasi.

Obligasi dapat menjadi pilihan menarik dengan risiko minim, walaupun memang keuntungannya pun tidak sebesar investasi saham.

Namun, jika dibandingkan dengan deposito, keuntungan dari investasi obligasi ini lebih besar, lho, geng.

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Banner1 6bdb1
Mengenal Jenis dan Investasi Obligasi Sebelum Membelinya
Perbedaan Saham Dan Obligasi 8dcb6
Perbedaan Saham dan Obligasi Terlengkap 2021 | Mana yang Menguntungkan?
Aplikasi Investasi Terbaik Online D6ced A1c97
12 Aplikasi Investasi Terbaik untuk Pemula, Mudah dan Terpercaya!
Deposito Adalah Menyimpan Uang 4036d
Deposito Adalah Investasi, Benarkah? | Saatnya Melek Investasi
Risiko Dan Keuntungan Reksa Dana B4aad
8 Risiko & Keuntungan Reksa Dana Bagi Investor | Cuma Modal Rp10 Ribu?
Keuntungan Investasi Saham 4803a
Hati-Hati! Inilah 7 Risiko & Keuntungan Investasi Saham
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal