J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Fungsi & Manfaat BPJS Ketenagakerjaan Bagi Karyawan | Sudah Tahu?

Selasa, 30 Mar 2021, 20:00 WIB
Kamu sudah terdaftar di BPJSTK? Yuk, kenali apa saja manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang bisa didapat selengkapnya berikut ini!

Mendaftar BPJSTK bagi karyawan yang dilakukan oleh suatu lembaga atau organisasi perusahaan tentu merupakan sebuah kewajiban. Namun, kamu sebagai karyawan, sudah tahu belum apa saja manfaat BPJS Ketenagakerjaan?

Meskipun BPJSTK bukanlah suatu hal baru bagi para pekerja di seluruh Indonesia, namun nggak sedikit dari mereka yang sebenarnya kurang paham atau bahkan nggak tahu mengenai fungsi serta manfaat dari program pemerintah satu ini.

Padahal, jika dibandingkan dengan asuransi swasta yang semakin menjamur seperti sekarang, manfaat program BPJS Ketenagakerjaan ini nggak kalah menarik, lho.

Lantas, apa saja manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi karyawan? Berikut pembahasannya.

Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) adalah sebuah badan hukum publik yang bertugas untuk memberikan perlindungan kepada seluruh tenaga kerja di Indonesia dari risiko sosial ekonomi tertentu.

BPJSTK mulanya dikenal masyarakat sebagai Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja), di mana PT Jamsostek (Persero) berperan sebagai badan penyelenggaranya.

Namun, berdasarkan UU No.24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, maka PT Jamsostek bertransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan dan berubah menjadi Badan Hukum Publik sejak 1 Januari 2014.

Sesuai dengan namanya, BPJSTK berfokus kepada para tenaga kerja atau pegawai, baik sipil maupun swasta.

Meskipun begitu, tapi pendaftaran program PBJSTK ini pada dasarnya bisa dilakukan oleh semua orang yang memiliki pekerjaan, termasuk jika kamu seorang wirausaha.

Perbedaannya, hanya pada tanggung jawab pembayaran iuran saja. Di mana, bagi kamu yang merupakan seorang wirausaha atau tidak bekerja di bawah sebuah perusahaan apapun, maka pembayaran iuran wajib dilakukan secara mandiri.

Namun, untuk proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan sendiri keduanya sama-sama mudah untuk dilakukan.

Fungsi dan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Berbicara soal fungsi dan manfaatnya, pastinya akan ada banyak sekali manfaat BPJSTK yang dapat dinikmati oleh para pegawai.

Terlebih BPJSTK juga memiliki berbagai jenis program yang masing-masing memberikan fungsi dan manfaatnya tersendiri.

Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita simak apa saja manfaat BPJS Ketenagakerjaan berdasarkan jenis-jenis programnya berikut ini.

1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

Kelebihan Dan Kekurangan Bpjs Ketenagakerjaan Ca187
Sumber foto: detik-Health

Jaminan Kecelakaan Kerja atau biasa disingkat JKK adalah salah satu jenis program BPJS Ketenagakerjaan yang akan otomatis didapat oleh karyawan yang terdaftar dalam BPJSTK.

JKK sendiri bermanfaat untuk menjamin karyawan yang telah terdaftar agar dapat memperoleh pelayanan kesehatan dan juga santunan uang tunai, apabila menderita penyakit akibat kerja atau mengalami kecelakaan kerja.

Seperti misalnya, kecelakaan yang terjadi saat menuju ke tempat kerja, terkena penyakit yang disebabkan oleh lingkungan pekerjaan, dan sebagainya.

Sementara itu, santunan uang tunai yang diberikan kepada karyawan selama tidak bekerja adalah upah utuh 100% selama 12 bulan pertama dan seterusnya 50% hingga sembuh.

2. Jaminan Hari Tua (JHT)

Manfaat Bpjs Ketenagakerjaan D4403
Sumber foto: Jojonomic

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan berikutnya yang bisa didapatkan oleh karyawan yaitu berasal dari program Jaminan Hari Tua atau JHT.

Itu artinya, BPJSTK bukan hanya akan memberikan perlindungan kepada karyawan saat di tempat kerja saja, melainkan juga untuk memenuhi kesejahteraan di hari tua.

Manfaat yang diberikan lewat program JHT ini berupa uang tunai, yang besarnya merupakan akumulasi iuran ditambah hasil pengembangan yang di atas bunga deposito.

Hanya saja sesuai dengan nama programnya, Jaminan Hari Tua ini cuma bisa diterima oleh karyawan ketika sudah memasuki usia pensiun.

Nah, buat kamu yang penasaran berapa jumlah saldo JHT yang sudah dimiliki saat ini, Jaka sudah pernah membahasnya yang bisa kamu simak lewat link berikut:

Bagaimana Cara Cek Saldo Bpjs Ketenagakerjaan 2b34c
3 Cara Cek Saldo BPJS JHT Ketenagakerjaan Terbaru
Bingung berapa isi saldo jaminan pensiun BPJS kalian? Simak 3 cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan terlengkap dari Jaka, geng!
LIHAT ARTIKEL

3. Jaminan Pensiun (JP)

Fungsi Dan Manfaat Bpjs Ketenagakerjaan 2021 46e5d
Sumber foto: Solusi Super Sukses

Selain JHT, ada juga Jaminan Pensiun (JP) yang berupa jaminan yang diberikan kepada karyawan ketika sudah memasuki usia pensiun.

Perbedaannya dengan JHT adalah, Jaminan Pensiun hanya akan dibayarkan per bulan selama maksimal hingga 180 bulan sejak peserta BPJSTK pensiun.

Jaminan yang diberikan juga bisa diturunkan kepada anak peserta apabila peserta meninggal dunia.

Tujuan dari program Jaminan Pensiun sendiri tentunya untuk mempertahankan kelayakan hidup peserta saat kehilangan atau berkurangnya penghasilan karena memasuki usia pensiun. Atau bisa juga karena mengalami cacat total tetap.

4. Jaminan Kematian (JKM)

Proteksi Bpjs Ketenagakerjaan 2e27f
Sumber foto: Dream

Fungsi dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang terakhir yaitu berasal dari program Jaminan Kematian atau JKM.

Program ini memberikan fungsi yang nggak kalah bermanfaat dibandingkan dengan jenis asuransi swasta lain. Di mana, manfaat tersebut berupa bantuan dana yang akan diberikan kepada ahli waris jika peserta mengalami kematian.

Namun, kondisi ini dengan catatan bahwa peserta masih aktif dalam kepesertaan BPJSTK, serta bukan disebabkan oleh kecelakaan kerja.

Manfaat Lain BPJS Ketenagakerjaan

Manfaat Bpjstk 6db65
Sumber foto: Woke

Selain sejumlah fungsi dan manfaat BPJSTK yang sudah Jaka jelaskan sebelumnya, ternyata ada pula beberapa manfaat khusus lainnya yang jarang diketahui orang-orang, lho.

Padahal, manfaat yang ditawarkan bisa dibilang sangat bermanfaat bagi kesejahteraan karyawan itu sendiri.

Ya, walaupun memang sejumlah manfaat khusus ini hanya bisa dinikmati oleh peserta BPJSTK yang telah terdaftar selama minimal 5 tahun.

Adapun beberapa manfaat khusus tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pengajuan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) subsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), dan pengajuan rumah non-subsidi.
  2. Program beasiswa pendidikan bagi anak peserta BPJSTK yang kurang mampu.
  3. Adanya program pelatihan bagi para peserta BPJSTK untuk berbagai kategori, termasuk salah satunya yang tekena PHK.
  4. Pinjaman biaya renovasi rumah dengan bunga rendah.
  5. Adanya layanan Jasa Konsultasi (JAKON) untuk perencanaan pekerjaan konstruksi, layanan jasa pelaksanaan, dan layanan konsultasi pengawasan pekerjaan kontruksi.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa fungsi dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang bisa didapat oleh karyawan, baik sipil maupun swasta.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa program-program yang disediakan BPJSTK ini memang dirancang untuk berbagai kondisi. Bukan hanya saat peserta masih aktif bekerja saja.

Jadi, bagi kamu yang merupakan seorang pekerja, pastikan bahwa perusahaan tempat kamu bekerja tersebut sudah mendaftarkan BPJSTK, ya!

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 01 13t221152 080 22b7f
10 Cara Main Saham untuk Pemula, Jangan Takut Gagal Lagi!
Aplikasi Simulasi Trading Saham Untuk Pemula 1b0b8
8 Aplikasi Simulasi Trading Saham Terbaik Android | Anti Rugi!
Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil 518be
Cara Investasi Saham Online untuk Pemula, Lengkap dengan Tips Biar Cuan!
Cara Melihat Harga Saham Di Idx 60b43
Cara Melihat Harga Saham di IDX Terbaru 2021 dan Paling Mudah
Cara Beli Saham Bri Online 17998
Cara Beli Saham BRI Danareksa Sekuritas Untuk Pemula | Siap-Siap Cuan!
Saham Blue Chip 7ae6a
10 Saham Blue Chip Paling Prospektif dan Layak Dibeli
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal