J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Anak Kos Pasti Sejahtera!

Sabtu, 17 Apr 2021, 14:00 WIB
Kota-kota di Indonesia ini biaya hidupnya sangat rendah, cocok untuk anak rantau yang ingin menabung. Kotanya juga keren-keren, loh!

Perbincangan soal kota dengan biaya hidup termahal dan termurah di Indonesia adalah salah satu topik yang sering dibahas oleh warganet.

Orang-orang yang tinggal di wilayah Jakarta dan kota besar lainnya seringkali mengeluhkan harga sewa kamar kos dan makanan yang mahal.

Mungkin sekilas tinggal di kota besar dengan gaji tinggi menarik bagi beberapa orang, tapi rasanya nggak sedikit juga orang yang iri kepada orang-orang yang tinggal di kota dengan biaya hidup jauh lebih murah, geng.

Nah, kali ini Jaka akan membahas soal kota-kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia lengkap dengan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) nya. Siapa tahu bisa jadi pertimbanganmu untuk pindah kerja atau tempat tinggal.

Yang jelas, biaya hidup tentu berbanding lurus dengan UMK yang ditetapkan di setiap daerah, geng. Yuk, kita ceki ceki sekarang!

1. Sibolga, Sumatra Utara

Sibolga 58c03
Sumber foto: Kompasiana

Di daftar pertama kali ini mari kita kenalan dengan Sibolga, kota di pesisir pantai yang punya banyak kekayaan alam.

Kota yang hasil utamanya berasal dari sektor perikanan ini akan membuatmu makmur karena biaya hidup per bulan hanya mencapai 1-1,5 juta rupiah per orangnya.

Kamu akan dimanjakan dengan pesona bentang alam Nusantara di Sibolga, mulai pantai, pulau-pulau, hingga perbukitan.

Bahkan, masih ada objek wisata sejarah seperti Benteng Simare-mare. Cocok buat melancong juga, nih!

Terlebih lagi, UMK Sibolga tahun 2021 termasuk lumayan besar, yaitu senilai Rp3.003.922. Bisa nabung banyak!

2. Metro, Lampung

Metro 6ff48
Sumber foto: Kronika

Siapa nih, yang baru pertama kali dengar bahwa ada kota bernama Metro di Lampung? Nama kota ini sekarang jadi populer lantaran disebut-sebut punya biaya hidup super terjangkau, geng.

Bayangkan saja, kamu bisa menyewa sebuah kamar seharga 4 juta per tahun yang berarti cuma seharga kurang lebih 350 ribu rupiah saja per bulan!

Masalah makan juga nggak usah cemas, kamu cukup menyisihkan uang sebesar 600 hingga 800 ribu rupiah saja setiap bulannya.

Kapan lagi bisa tinggal di kota terbesar kedua di Lampung dengan tingkat kemacetan terendah dengan biaya kurang dari 1,5 juta per bulan?

Soal UMK nya juga masih muat untuk nabung geng, karena UMK Metro pada tahun 2021 mencapai angka Rp2.433.381.

3. Banyuwangi, Jawa Timur

Banyuwangi 34bf7
Sumber foto: Gerai News

Hendak menetap di Jawa Timur dengan biaya minimal? Tenang, ada Banyuwangi dan sejuta alasan untuk hidup hemat di sini, geng. Cihuy!

Saking hematnya, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia menyebutkan bahwa satu keluarga dapat hidup dengan layak di Banyuwangi hanya dengan biaya sebesar Rp3.029.367 saja per bulannya.

Tinggal di Banyuwangi juga berarti kamu akan tinggal di lingkungan yang asri, banyak destinasi wisata, serta kebudayaan yang masih terjaga.

Kamu yang ingin punya rumah juga nggak perlu pusing tujuh keliling lantaran rumah tipe 36 dan 45 masih seharga kurang dari 300 jutaan. Murah banget, kan?

Walau super duper hemat, UMK Banyuwangi 2021 cukup lumayan bila dibandingkan dengan kota lainnya, yaitu Rp2.314.278,87.

4. Cirebon, Jawa Barat

Cirebon 59000
Sumber foto: Dream Travel

Jawa Barat juga punya kota yang nggak bikin kantongmu jebol jika ingin bekerja atau bahkan liburan, yaitu Cirebon.

Di kota yang dijuluki "Kota Udang" ini, kamu bisa menyewa kamar kost dengan harga 500 hingga 800 ribu rupiah per bulannya dengan fasilitas yang cukup oke, geng.

Kamu juga nggak perlu pusing-pusing soal biaya makan karena banyak makanan murah meriah yang jika ditotal nggak akan mencapai 50 ribu rupiah untuk konsumsi satu hari.

Itulah mengapa Cirebon juga sangat nyaman untuk berlibur, kamu tetap bisa jalan-jalan meski dompet pas-pasan.

Apalagi, saat ini Cirebon juga merupakan kota yang lumayan maju dan gaul, jadi kamu nggak perlu takut kudet jika harus tinggal di sini.

UMK Cirebon pada tahun 2021 sendiri naik sebesar 2,33% ke angka Rp2.271.210.

5. Solo, Jawa Tengah

Solo Fdcf5
Sumber foto: Jateng Daily

Bukan rahasia lagi jika Solo digadang-gadang sebagai kota dengan biaya hidup paling murah se-Indonesia Raya, geng.

Hal tersebut karena kamu masih bisa menemukan kosan dengan tarif 1-3 juta rupiah saja per tahunnya dan makan mulai harga 5 ribu rupiah saja. Murah banget, kan?

Kamu yang ingin berkuliah di Solo juga bisa mencoba seleksi masuk Universitas Sebelas Maret atau UNS, salah satu universitas negeri favorit di Indonesia.

Udah gitu, hidup di Solo nggak akan membosankan karena banyak destinasi wisata yag siap kamu kunjungi seperti Taman Balekambang, Grojogan Sewu Tawangmangu, hingga Pandawa Water World Solo Baru.

Pada tahun 2021 ini, besaran UMK Solo adalah Rp2.013.810 alias naik 2,94% dari tahun 2020.

6. Purwokerto, Jawa Tengah

Purwokerto 860f7
Sumber foto: Super Adventure

Hidup di Purwokerto dijamin aman, nyaman, dan murah, geng. Wilayah kecil di kawasan Banyumas ini juga nggak bisa kamu pandang sebelah mata.

Jika kamu adalah mahasiswa yang harus menyewa kamar kos, kamu bahkan bisa mendapatkan kamar kos seharga 600 ribu rupiah per bulan dengan fasilitas kamar mandi dalam dan kasur spring bed, loh.

Selain itu, Purwokerto juga rumah bagi salah satu universitas favorit, Universitas Jenderal Soedirman alias UNSOED yang sudah terakreditasi A.

Kalau kamu ingin berwisata atau nongkrong, Purwokerto punya semuanya - dari wisata alam, department store, bioskop, coffee shop, dan masih banyak lagi!

Urusan UMK, tahun 2021 ini pemerintah menetapkan UMK Banyumas naik sebesar 3,68% yang berarti senilai Rp1.970.000. Pantas masih murah banget!

7. Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta 5cd9f
Sumber foto: Kompas

Ngomongin kota dengan biaya hidup terendah di Indonesia nggak lengkap kalau nggak menyebut Yogyakarta, bukan?

Nggak salah jika Yogyakarta disebut "Kota Pelajar" mengingat banyak universitas top terletak di Yogyakarta. Biaya hidup di sini juga sangat ramah dengan kantong pelajar.

Untuk ngekos saja, kamu masih bisa menemukan kamar yang dibanderol dengan harga 300 ribu rupiah saja per bulannya.

Urusan makan pun kamu nggak perlu khawatir, kurang dari 10 ribu rupiah kamu sudah bisa makan yang layak dan sehat. Nggak perlu makan mie instan terus! Hehe.

UMK Yogyakarta mengalami kenaikan sebesar 3,54% pada tahun 2021 menjadi Rp1.765.000, ini cocok banget buat kamu yang ingin kuliah tanpa membebani orang tua, geng.

Akhir Kata

Waduh, anak Jakarta dan sekitarnya pasti menangis bacanya, nih. Biaya hidup satu bulan di Jabodetabek bisa untuk biaya hidup selama 2 hingga 4 bulan di kota-kota di atas!

Hmmm .... Sebenarnya sih semua kembali lagi ke gaya hidup masing-masing orang geng, kalau memang boros sih, hidup di kota termurah sekalipun juga akan tetap menghabiskan biaya selangit.

Jadi, kamu berminat tinggal di kota mana, nih?

Baca juga artikel seputar Kota atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

7 Artis Indonesia yang Terlihat Bodoh Padahal Pintar, Menipu Banget!

Hai Crazy Rich, Inilah 10 Sekolah Termahal di Indonesia | Bikin Uang Papa Habis!

7 Artis Indonesia yang Masih Kerja Meski Punya Suami Tajir | Makin Crazy Rich!

6 Aktris Indonesia yang Punya Perut Six Packs | Bikin Para Cowok Iri!

ARTIKEL TERKAIT
Page3 617b5
5 Kota Purba yang Ternyata Masih Dihuni Manusia, Bukan Cuma Imajinasi!
Larangan Mudik Lebaran 2021 C86e6
Larangan Mudik Tak Berlaku Pada 37 Kota Indonesia Ini | Wilayahmu Termasuk?
COVER 5e25a
Inilah 16 Potret dan Nama Kota Indonesia Zaman Belanda Tempo Doeloe
Kota Yang Memiliki Internet Tercepat Di Indonesia Banner E9f7b
Ini Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia, Bukan Jakarta?
Kota Besar Di Dunia Yang Akan Tenggelam Banner 1b08f
3 Kota Besar di Dunia yang Akan Tenggelam, Jakarta Termasuk!
Banner Jadi 38f1f
Ngeri! 5 Kota yang Ditinggalkan Karena Wabah dan Penyakit Mematikan
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal