Konglomerat Indonesia Ini 17 Kali Ngulang Mata Kuliah, Sekarang Punya Harta Rp21 Triliun!

Default

Gimana ya, rasanya jadi orang terkaya di Indonesia yang kekayaannya nggak habis-habis itu? Pasti enak banget, ya!

Eits... Tapi kamu juga perlu tahu bahwa untuk menjadi seorang konglomerat dengan uang bergulung-gulung, ada perjuangan panjang yang menghadang, geng.

Salah satunya adalah yang dialami sosok Theodore Permadi Rachmat alias TP Rachmat, mantan pimpinan Grup Astra sekaligus pemilik PT Adaro Energy.

Pada sebuah kesempatan, pria berusia 77 tahun tersebut membagikan kisahnya tatkala berjuang meraih gelar sarjana di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Rupanya jalan yang ditempuhnya tak mulus-mulus saja lantaran ia pernah mengulang sebuah mata kuliah sebanyak 17 kali, geng. Mata kuliah itu bernama Teknik Pengatur.

"Semua itu mengasah saya untuk tumbuh menjadi pribadi yang adaptif, tidak mudah menyerah, dan berkomitmen terhadap pilihan hidup saya," kenang TP Rachmat seperti dilansir dari Kumparan.

Pengalaman pria asal Majalengka tersebut seputar mengulang mata kuliah hingga belasan kali tentu membuktikan bahwa mengulang sebuah pelajaran tak berarti seseorang itu bodoh.

Buktinya, ia malah menerima gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dari almamaternya itu pada tahun 2019 lalu.

Theodore Permadi Rachmat Ulang Mata Kuliah 17 Kali 0069a
Sumber foto: InaKoran

Apalagi, jika teringat bagaimana ia dapat mengubah nasibnya secara perlahan hingga menjadi konglomerat dengan nilai kekayaan bersih mencapai 1,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp21 triliun pada tahun 2021, geng.

Selain harus susah payah demi lulus matkul Teknik Pengatur, TP Rachmat juga merupakan salah satu CEO sukses Indonesia dengan pekerjaan pertama yang bikin kaget.

Tak langsung menduduki jabatan sebagai orang yang punya wewenang, pengusaha dengan nama lahir Oei Giok Eng tersebut mengawali karirnya sebagai seorang salesman di PT Astra Honda Motor (AHM) pada tahun 1968.

Kala itu, pemimpin dari perusahaan itu adalah William Soeryadjaya, paman TP Rachmat sendiri.

Karena kinerjanya yang bagus dan ketekunannya yang luar biasa, ia kemudian diangkat sebagai direktur pada tahun 1984 di usianya yang menginjak 45 tahun.

Lima tahun kemudian, TP Rachmat menduduki posisi komisaris, meski dirinya kemudian kembali diminta untuk memimpin Astra pasca krisis moneter 1998, tepatnya dari tahun 2000 hingga 2002.

Barulah setelah itu ia kembali ke jajaran dewan komisaris sebagai Presiden Komisaris sembari membangun usaha miliknya sendiri, Triputra Group.

Tp Rachmat Orang Terkaya Indonesia 3056f
Sumber foto: Liputan 6

Pada tahun 2005, TP Rachmat memutuskan undur diri dari Astra dan berkonsentrasi untuk membangun Triputra.

Keputusannya tersebut tidak sia-sia karena Triputra Group tumbuh pesat dan bahkan dijuluki "Astra 2" karena sama-sama menggurita.

Bisnis anyarnya tersebut bergerak mengelola lima bidang usaha, yaitu agribisnis, manufaktur, jasa dan perdagangan, industri keuangan, serta pertambangan.

Upayanya menuju sukses tak berhenti di situ saja, karena TP Rachmat juga terlibat dalam membangun perusahaan tambang batu bara di Kalimantan, PT Adaro Energy, bersama sepupunya, Edwin Soeryadjaya.

Selain kekayaan sebagai bukti nyata kesuksesannya, ayah tiga anak ini juga dianugerahi sejumlah penghargaan, seperti Lifetime Achievement Award dari Tahir Foundation pada tahun 2014 dan CEO terbaik Bidang Industri Automotive Asia Market Intelligent dan Majalah SWA pada tahun 2001.

Dari perjalanan TP Rachmat di atas termasuk soal lika-liku dunia perkuliahannya, rasanya nggak keren kalau kita menyerah atau merasa diri kita bodoh hanya gara-gara gagal, geng. Setuju, nggak?

Semoga artikel ini bisa menginspirasi kamu untuk terus meraih mimpi sampai bisa belanja tanpa lihat label harga, ya! Hehehe.

Baca juga artikel seputar Kaya atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

BACA JUGA

7 Artis Dadakan yang Kini Menghilang | Kini Hidupnya Miris!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!

Sosok 3 Anak Dono Warkop yang Berprestasi | Dekat dengan Indro dan Ada yang Jadi Ahli Nuklir!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.7.2 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

7 Aktris Hollywood yang Menolak Beradegan Seksi di Film, Patut Dicontoh!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 04 12t184626 357 1b9fb
10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 | Crazy Rich Indonesia Baru Bermunculan!
Untitled Design 2021 03 19t093741 899 601b1
Ini Pekerjaan Pertama 7 CEO Sukses Indonesia | Dari Sales Sampai Penjaga Warnet!
Untitled Design 2021 03 05t233201 664 5c6fe
7 CEO Muda Indonesia Paling Inspiratif | Muda, Beda, dan Berkarya!
Youtuber Terkaya Di Indonesia 27032
7 YouTuber Terkaya di Indonesia 2020, Posisi Atta Tergeser?
Cara Menjadi Blogger Banner E69f0
5 Cara Menjadi Blogger Sukses dan Berpenghasilan | Dijamin Auto Kaya!
Film Tentang Orang Kaya 88600
7 Film tentang Orang Kaya Paling Seru, Banyak Duit Gak Selamanya Enak!
Tags Terkait: inspirasiFinance
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal