J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kartu ATM Tertelan? Jangan Panik, Lakukan 3 Hal Berikut!

Selasa, 20 Apr 2021, 10:30 WIB
Kartu ATM tertelan? Jangan panik, ini solusinya.

Kecanggihan teknologi membuat nasabah tidak perlu mendatangi teller untuk mengirim uang, melainkan cukup transfer lewat ATM. Namun, terkadang ada saja peristiwa kartu ATM tertelan.

Hal ini sangat umum terjadi, biasanya diakibatkan oleh pemadaman listrik atau kelalaian nasabah untuk segera mengambil kartunya usai bertransaksi.

Jika hal ini terjadi padamu, jangan panik yah, geng. Tenang saja, ada solusinya, kok.

Penyebab ATM Tertelan

Sebelum mengetahui solusinya, mari kenali dulu faktor penyebabnya. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kartu debit alias kartu ATM tertelan.

Beberapa di antaranya adalah kerusakan mesin atau sistem yang mendadak error, listrik yang mendadak padam, kelalaian nasabah, sampai modus kriminal.

1. Kerusakan Mesin

Ya, secanggih apa pun teknologi yang digunakan oleh suatu mesin ATM, ia tetap tidak lepas dari risiko kerusakan. Kerusakan pada mesinnya bisa membuat kartu debit tertelan, meskipun transaksi sedang berlangsung.

2. Kelalaian Nasabah

Selain kerusakan mesin, tertelannya kartu itu juga bisa disebabkan oleh kelalaian nasabah sendiri. Nasabah mungkin saja tidak segera atau memang lupa mengambil kartu debit yang keluar usai bertransaksi.

3. Pemadaman Listrik Mendadak

Pemadaman listrik mendadak juga memungkinkan kartu debit untuk tertelan. Peristiwa ini umumnya terjadi di minimarket.

4. Modus Kriminal

Tak hanya itu, tertelannya kartu debit juga dapat disebabkan oleh modus kriminal. Pelaku kriminal mengganjal mengganjal lubang masuk kartu dengan benda lain seperti kawat atau tusuk gigi.

Modus itu kerap kali disertai penempelan call center sticker palsu di mesin ATM. Jadi, jika nasabah panik, ia bisa saja langsung menghubungi call center yang tertera, padahal itu penipu.

Call center palsu itu akan berpura-pura menjadi petugas bank bersangkutan dan meminta nomor PIN dari kartu debit nasabah tersebut. Jadi, jangan pernah terkecoh dengan modus seperti ini, yah, geng.

Jika ATM Tertelan, Apakah Saldo Aman?

Jika kartu ATM tertelan, ia akan terkunci di dalam ATM dan tidak bisa dikeluarkan dengan mudah, melainkan hanya bisa dikeluarkan oleh petugas bank dengan peralatan khusus.

Jadi, jawabannya adalah aman, selama tidak ada orang lain yang mengetahui PIN dari kartu tersebut.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kartu ATM Tertelan?

Apabila kartu ATM tertelan, jangan langsung panik, melainkan cobalah untuk tetap tenang.

Jangan mudah terlena dengan orang asing yang tiba-tiba menawarkan bantuan. Jika kartu debitmu tertelan, lakukan langkah-langkah berikut:

1. Hubungi Call Center Resmi

Ketika memiliki tabungan di suatu bank, pastikan kamu juga menghafal nomor dari call center resmi bank tersebut.

Nomor itu sangat penting, karena bisa dihubungi ketika kamu mengalami berbagai masalah perbankan, terlebih jika masalah itu terjadi di akhir pekan di mana kantor cabang bank tidak beroperasi.

Jika kartu debitmu tertelan, segera hubungi call center tersebut untuk memblokir kartu debit yang tertelan itu.

Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya modus kriminal dengan penyalahgunaan kartu debit yang bisa menguras habis isi rekeningmu.

Ketika menghubungi call center resmi untuk keperluan tersebut, petugas bank akan melakukan verifikasi data dengan menanyakan beberapa hal.

Hal-hal itu antara lain adalah nama dan alamat lengkap, nama ibu kandung, nominal dari transaksi terakhir, dan lokasi tertelannya kartu ATM.

Dengan pemblokiran kartu debit, kamu bisa menutup akses terhadap permintaan transaksi penarikan tunai lewat kartu debitmu.

Namun kamu tetap bisa mengakses rekening untuk bertransaksi non-tunai lewat mobile banking maupun internet banking.

2. Mendatangi Kantor Cabang Bank Bersangkutan

Jika peristiwa tertelannya kartu ATM terjadi waktu operasional bank (umumnya Senin-Jumat pukul 09:00-15:00), maka kamu bisa langsung mendatangi kantor cabangnya yang terdekat dari lokasimu.

Di sana kamu bisa langsung memblokir kartu yang tertelan dan membuat kartu ATM baru dengan membawa KTP, NPWP (jika ada), dan buku tabungan dari rekening terkait.

Namun jika peristiwa itu terjadi di akhir pekan dan kamu telah melakukan pemblokiran kartu lewat call center, maka pada waktu operasional bank, kamu bisa datang untuk memohon kartu ATM baru saja.

Untuk melakukan hal itu, kamu perlu membawa KTP, buku tabungan rekening terkait, dan NPWP (kalau ada).

3. Proses di Kantor Cabang Bank Bersangkutan

Setelah sampai di kantor cabang terdekat, segera ambil nomor antrean bagian customer service.

Silakan bersabar menunggu nomormu dipanggil, tak perlu khawatir akan rasa bosan, karena beberapa bank menyediakan permen atau air mineral atau kopi gratis bagi para nasabah yang sedang menunggu panggilan.

Setelah dipanggil, jelaskan kepada petugas customer service mengenai tertelannya kartu debit kamu lengkap dengan lokasi dan waktunya.

Petugas customer service akan melakukan verifikasi data dengan menanyakan nama dan alamat lengkap, nama ibu kandung, dan nominal transaksi terakhir.

Setelah kamu berhasil terverifikasi, petugas akan memberikan formulir pengajuan penerbitan kartu ATM baru. Isilah formulir itu dengan lengkap dan benar.

Usai mengisinya, kembalikan kepada petugas untuk diproses. Tak lama kemudian, petugas akan memberikan kartu ATM baru yang bisa langsung diaktifkan.

Untuk mengaktifkannya, masukkan PIN baru di mesin Electronic Data Capture (EDC) YANG tersedia sesuai instruksi petugas. Setelah itu, kamu bisa menggunakan kartu ATM barumu itu untuk bertransaksi di ATM.

Akhir Kata

Itulah penyebab dan 3 hal yang harus dilakukan apabila kartu ATM tertelan.

Meskipun ada solusinya, tetapi sebaiknya cegah peristiwa menyebalkan itu dengan segera mengambil kartu ATM usai bertransaksi, yah, geng.

Baca juga artikel Finansial atau artikel menarik lainnya dari Brenda Prima.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Blokir Atm Bri B12cb
3 Cara Blokir ATM BRI yang Hilang atau Tertelan Tanpa ke Bank
Cara Buat Kartu Kredit BCA 05002
Cara Buat PIN Kartu Kredit BCA Via ATM dan Website
Kartu BRIZZI 1dfdf
BRIZZI BRI | E-Money untuk Pembayaran Praktis
Cara Buka Deposito BRI 076d0
Deposito BRI | Semua yang Harus Kamu Ketahui
Pembukaan Deposito BNI 0ae25
Deposito BNI | Syarat, Cara Daftar hingga Pencairannya
Deposito Berjangka BCA 7864c
Cara Buka Deposito BCA + Keunggulannya | Demi Masa Depan Cerah!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal