J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Jenis-jenis Emas yang Cocok untuk Investasi di Indonesia, dari Perhiasan hingga Batangan

Minggu, 28 Mar 2021, 10:00 WIB
Investasi dalam bentuk emas bisa jadi instrumen investasi bagus dan terbaik untuk meningkatkan kekayaan. Berbagai jenis emas investasi ini bakal menguntungkan!

Emas memang selalu menjadi alternatif buat para investor untuk berinvestasi. Nilai emas yang cenderung selalu naik setiap pergantian tahun sehingga berbagai jenis emas laku banget di pasar Indonesia.

Posisi emas yang punya sebutan sebagai aset safe heaven memang selalu menjadi instrumen investasi terbaik yang benar-benar jadi andalan. Tidak peduli berapapun nilai inflasi, harga emas biasanya tetap bisa lebih tinggi.

Ngomongin investasi emas, setiap investor emas memang punya preferensi sendiri ketika mau beli jenis emas tertentu. Baik emas batangan maupun emas perhiasan yang penting harganya cenderung meningkat.

Apabila kamu tertarik berinvestasi emas, sebaiknya kamu tahu dulu jenis-jenis emas sebelum membelinya. Dengan membaca tuntas penjelasan lewat artikel ini, Jaka jamin wawasan kamu tentang emas bakal semakin luas!

Warna Campuran Emas

Jenis Jenis Kalung Emas D1dbe

Ketika kamu berkunjung ke toko perhiasan emas, biasanya toko itu bakal menawarkan beberapa macam dan model emas yang kekinian. Mungkin ada hiasan berlian dengan pilihan warna yang menarik banget buat kamu pakai.

Terlepas dari berbagai hiasan dalam logam emas seperti kalung, cincin, atau gelang, perhiasan emas punya warna khas yakni emas berwarna gold rose , emas kuning, dan emas putih.

Ketiga warna ini punya peminatnya masing-masing, nih. Sebagai investor emas, kamu juga harus lebih jeli ketika melihat permintaan pasar.

Biar kamu lebih tahu tentang ketiga jenis emas itu, Jaka mau kasih tahu kamu lewat penjelasan berikut ini. Yuk, cek!

1. Emas Gold Rose

Mungkin mata kamu bakal lebih terpikat dengan warna emas kemerahan layaknya warna bunga mawar. Emas jenis dengan warna ini punya sebutan khusus, yakni gold rose.

Warna kemerahan terpancar akibat campuran emas dengan logam tembaga. Alhasil, selain lebih tampak kemerahan, harga emas ini jadi lebih terjangkau. Makanya, sekarang emas gold rose menjadi lebih populer.

2. Emas Kuning

Inilah emas yang paling populer di pasaran. Selain punya kadar emas paling tinggi atau bisa dibilang murni, emas kuning juga tidak bakal menimbulkan alergi seperti jenis emas lainnnya, nih.

Campuran solid emas dengan beberapa jenis logam seperti tembaga, perak, dan seng mampu membuat emas kuning punya kadar karat tertinggi dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Hanya saja, 100 persen emas murni kurang cocok untuk dijadikan produk perhiasan. Soalnya, tekstur emas bakal lebih lembek dan kurang leluasa untuk dibentuk.

3. Emas Putih

Masih banyak yang mengira kalau emas putih adalah memang benar-benar emas murni hasil tambang. Padahal, warna putih itu berasal dari campuran logam berupa logam, perak, dan nikel.

Untuk meningkatkan warna putih pada emas, selain menggunakan campuran ketiga logam sebelumnya, emas putih berkilau butuh campuran dengan lapisan logam rhodium.

Kadar Emas

Jenis Emas Untuk Investasi 5ec1f

Model emas boleh kekinian, tapi kadar emas tetap lebih menentukan harga emas, dong. Meskipun kamu punya model perhiasan emas terbaru, kalau kadar karatnya rendah, nantinya juga bakal bernilai lebih murah.

Melakukan investasi emas memang butuh memilih kadar emas yang punya prospek menjanjikan, nih. Makanya, pengetahuan tentang kadar emas juga harus kamu ketahui, ya.

Yuk, simak beberapa kadar karat pada emas lewat penjelasan Jaka berikut ini yang ada di Indonesia!

  1. Emas 12 karat (kadar emas 50 persen).
  2. Emas 13 karat (kadar emas 54 persen).
  3. Emas 14 karat (kadar emas 58 persen).
  4. Emas 18 karat (kadar emas 75 persen)
  5. Emas 21 karat (kadar emas 87 persen).
  6. Emas 22 karat (kadar emas 91 persen).
  7. Emas 23 karat (kadar emas 95 persen).
  8. Emas 24 karat (kadar emas 99 persen).

Semakin bertambah kadar kadar emas, harganya bakal semakin mahal juga. Kamu tinggal menyesuaikan dengan dana investasi emas yang sudah tersedia, ya.

Lapisan Emas

Jenis Emas Yang Cocok Untuk Investasi 68f46

Bicara emas memang kurang lengkap sebelum ngomongin penyebab emas bisa mengkilau, nih. Penyebab emas terkesan mengkilau karena ada lapisan emas menggunakan logam tertentu pada permukaannya.

Pelapisan emas sendiri punya beberapa metode khusus. Metode itu tergantung lapisan emas yang digunakan. Secara populer, Kamu bisa menyimak jenis pelapisan emas dari Jaka berikut ini.

1. Gold Vermeil

Jenis pelapisan gold vermeil adalah metode pelapisan perhiasan dengan bahan dasar logam perak murni dengan lapisan emas pada permukaannya. Buat kamu yang punya alergi kulit, produk emas yang menggunakan jenis pelapisan ini lebih Jaka rekomendasikan, nih.

Pasalnya, lapisan luarnya lebih tebal dibanding dengan gold filled dan gold plated. Manfaatnya, kulitmu bisa terhindar iritasi karena alergi logam perhiasan.

2. Gold Filled

Pada pelapisan gold filled memang cukup unik. Campuran logam kuningan dan tembaga melalui pemanasan tinggi hingga kedua jenis logam ini menyatu.

Lapisan luarnya adalah emas. Kelebihannya, gold filled punya tingkat pengelupasan lapisan emas lebih rendah dibandingkan dengan gold plated. Kalau kamu tidak punya alergi kulit, jenis pelapisan emas ini bisa kamu pilih.

3. Gold Plated

Metode pelapisan emas ini juga punya sebutan gold electroplated. Soalnya, proses pelapisannya membutuhkan aliran listrik untuk mengedapkan lapisan emas pada permukaan bahan dasar.

Perihal bahan dasar perhiasan, gold plated menggunakan logam stainless steel atau kuningan yang menggunakan lapisan tipis pada bagian permukaannya.

Produk Emas di Pasar Indonesia

Investasi Dalam Bentuk Emas E6e6b

Ngomong-ngomong bisnis dan investasi emas rasanya belum lengkap sebelum bahas pasar emas, nih. Investasi yang menguntungkan sudah pasti harus berorietasi pada permintaan pasar, dong.

Produk emas tidak sebatas pada emas perhiasan atau batangan saja. Masih ada lagi produk emas yang bisa kamu jadikan instrumen investasi yang menguntungkan.

Sebelum membeli emas, sebaiknya kamu cek dulu produk-produk emas beredar di pasaran Indonesia dan menjanjikan keuntungan investasi berikut ini, ya.

1. Emas Perhiasan

Produk perhiasan yang terbuat dari emas sangat mudah kamu temui di berbagai daerah. Biasanya, setiap pasar tradisional sudah ada toko emas yang menyuguhkan macam-macam perhiasan emas.

Menariknya, kamu bisa memilih berbagai model kalung, cincin, gelang, atau anting dengan tambahan pernak-pernik seperti berlian dan sebagainya.

Sesuai tujuannya, perhiasan memang punya dua fungsi. Pertama, sebagai instrumen investasi emas. Kedua, perhiasan emas bisa kamu gunakan untuk mempercantik penampilan.

2. Emas Batangan

Produk emas yang satu ini juga tidak kalah populer dengan emas perhiasan. Bedanya, emas batangan punya kadar emas lebih tinggi yang mencapai 24 karat.

Inilah jenis emas yang cocok untuk investasi buat kamu. Beda dengan kepemilikan perhiasan yang cenderung lebih banyak peminat wanitanya, emas batangan atau logam mulia seperti emas Antam atau emas Pegadaian lebih bersifat umum.

Soal ukuran emas batang pun bervariasi, nih. Ada yang berukuran 1 gram, 2,5 gram, 5 gram, dan bahkan lebih dari 10 gram bisa kamu dapatkan.

3. Emas Koin

Investasi dalam bentuk emas juga bisa kamu coba dengan membeli emas koin. Apalagi buat kamu yang berniat naik haji. Punya koin emas bisa menjadi alternatif untuk ongkos naik haji (ONH).

Tidak bisa kamu pungkiri kalau ONH cenderung mengalami kenaikan tiap tahun. Nah, kehadiran koin emas bisa kamu gunakan untuk menyiasati kenaikan inflasi yang berdampak pada kenaikan ONH.

4. Emas Granule

Produk emas granule sangat jarang kamu temui di pasar Indonesia. Pasalnya, bentuknya yang serbuk memang cocok buat para pengrajin emas.

Dengan tekstur berupa serbuk emas, pengrajin emas bisa mengolahnya menjadi produk turunan dengan campuran emas. Misalnya, perhiasan emas dengan kadar emas yang rendah dan terjangkau untuk semua kalangan.

5. Emas Online

Emas online merupakan jenis emas terbaik untuk investasi lewat media online. Investasi atau perdagangan emas via online ini memang sudah ada di Indonesia.

Biasanya, keberadaan emas online menjadi satu dengan layanan instrumen keuangan derivatif berupa valuta asing (Forex Trading). Kamu bisa punya emas, tapi untuk diperdagangkan secara online dengan bantuan para broker.

Perdagangan emas secara online bisa kamu jadikan jalur terbaik tanpa harus punya toko emas, menyimpan fisik emas di rumah, dan risiko penipuan ketika menjual emas secara offline.

Investasi Emas Batangan vs Perhiasan

Jenis Emas Terbaik Untuk Investasi 912b7

Menimbang banyaknya investor emas yang lebih suka produk fisik emas, Jaka juga mau mengulas perbedaan investasi antara emas batangan dan emas perhiasan, nih.

Ini juga bisa jadi bahan pertimbaganmu sebelum menentukan pilihan investasi pada produk emas. Kamu bisa cek perbedaan investasi antara emas perhiasan dengan emas batangan pada tabel berikut ini.

Spesifikasi Emas Perhiasan Emas Batangan
Bentuk Kalung, cincin, gelang, anting, dan pola berberigi Batangan atau kepingan
Tujuan investasi Penampilan dan menabung emas Disimpan dan menabung emas
Kadar kemurnian emas 22 karat (kadar emas hingga 91 persen) 24 karat (kadar emas hingga 99,99 persen
Biaya/Ongkos Pembuatan 10-20 persen dari nilai emas Tidak ada
Penjualan kembali (buyback) Selisih hingga 25 persen dari harga emas perhiasan terbaru Selisih hingga 5 persen dari harga emas batangan terbaru

Ngomongin selisih penjualan kembali pada emas, biasanya bakal terjadi perbedaan di setiap kota/kabupaten. Kamu tinggal pilih saja toko emas yang menawarkan harga buyback lebih tinggi, ya.

Pilihan Investasi Emas Terbaik di Indonesia

Nah, kira-kira buat para investor Indonesia bakal memilih jenis emas yang mana, nih. Rata-rata minat investasi emas bakal memilih emas batangan dibandingkan dengan emas perhiasan.

Alasannya adalah emas batangan cenderung lebih menawarkan stabilitas harga di pasar Indonesia. Ditambah lagi, emas batangan punya nilai buyback lebih tinggi ketika dijual di toko emas atau outlet resmi emas batang tertentu.

Akhir Kata

Sekarang kamu sudah punya wawasan investasi dan emas yang bakal kamu pilih. Setiap jenis emas menawarkan keunggulannya masing-masing. Selanjutnya, Jaka serahkan pilihan emas yang bagus untuk investasi kepadamu.

Yuk, berbagi informasi jenis investasi emas agar teman-temanmu terbantu dengan share artikel dari Jaka ini!

Baca juga artikel Investasi lainnya dari Nabila Ghaida Zia

ARTIKEL TERKAIT
Iphone 6 Gold
Ada Apple iPhone 6 & Apple iPhone 6 Plus Yang Dibalut Lapisan Emas 24K, Tertarik?
Investasi Emas Online 41602
Aplikasi Investasi Emas Online Terpercaya & Cara Penggunaannya, Praktis!
Aplikasi Penghasil Emas 16c38
Aplikasi Penghasil Emas! Ini Cara Investasi dan Jual Beli Emas di Smartphone
Investasi Dollar 0ee91
Investasi Dollar: Tips & Instrumen Penghasil Dollar Tercepat & Terbaru 2021
Bunga Pinjaman Di Pegadaian E426b
8 Jenis Bunga Pinjaman Pegadaian Konvensional & Syariah | Bunga Nol Persen hingga Juni 2021
Obligasi Syariah 210e3
Perkembangan Obligasi Syariah (Sukuk) di Indonesia 2021 | Solusi Investasi Berkah
Perbedaan Saham Biasa Dan Saham Preferen 0d922
4 Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen, Mana yang Lebih Menguntungkan?
Belajar Trading Forex Untuk Pemula 8ab24
Panduan Belajar Trading Forex untuk Pemula | Mudah dan Menguntungkan
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal