Jenis-Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia | Jangan Salah Pilih!

Default

Dalam artikel mengenai asuransi yang sudah Jaka bahas sebelumnya, mungkin kamu sudah sedikit tahu tentang dua jenis asuransi yang beredar di Indonesia.

Ya, secara garis besar, asuransi dibedakan ke dalam dua kelompok besar yaitu asuransi jiwa (life insurance) dan asuransi umum (general insurance).

Di mana, asuransi umum dibagi lagi ke dalam beberapa jenis yang akan dibahas selengkapnya kali ini. Penasaran? Yuk, langsung simak pembahasan mengenai jenis-jenis asuransi berikut!

Asuransi Jiwa

Macam Macam Asuransi E7754
Sumber foto: Republika

Sesuai dengan namanya, asuransi jiwa (life insurance) adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap diri orang tersebut (orang yang tertanggung dalam polis).

Artinya, jenis asuransi satu ini akan memberikan proteksi dalam bentuk santunan uang tunai jika terjadi risiko meninggal dunia yang menimpa si tertanggung.

Banyak orang yang salah kaprah dan menganggap bahwa asuransi jiwa akan melindungi dan menghindarkan si tertanggung dari kematian. Padahal, hal ini sangat melenceng mengingat takdir hidup mati manusia tidak bisa diatur oleh asuransi, geng.

Dengan kata lain, asuransi jiwa hanya memproteksi nilai ekonomi atau nilai penghasilan si tertanggung, sehingga saat dia meninggal ahli waris bisa mendapatkan ganti rugi nilai penghasilan yang hilang tersebut.

Salah satu contoh produk asuransi jiwa yang paling banyak diminati masyarakat adalah asuransi pendidikan.

Selain itu, asuransi jiwa juga dibedakan menjadi beberapa macam sesuai jenis dan manfaatnya. Pertama, asuransi berjangka (term life) yang memberikan proteksi murni dalam jangka waktu tertentu mulai dari yang tersingkat hingga 20 tahun.

Kedua, asuransi seumur hidup (whole life) yang memberikan proteksi hingga usia 99 tahun. Ketiga, asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance) yang memberikan perlindungan hingga jangka waktu tertentu dan memiliki fitur proteksi dan tabungan.

Kemudian yang terakhir, asuransi jiwa unitlink yang memberikan perlindungan seumur hidup dan memiliki fitur proteksi dan investasi.

Asuransi Umum

Jenis asuransi berikutnya yaitu asuransi umum (general insurance). Produk asuransi yang ditawarkan dalam asuransi umum dibagi lagi ke dalam beberapa jenis.

Asuransi umum sendiri didefinisikan sebagai jenis perlindungan terhadap kerugian ekonomi yang terjadi karena kerusakan atau kehilangan aset.

Adapun beberapa contoh produk asuransi umum, bisa kamu simak lewat pembahasan berikut.

1. Asuransi Kesehatan (Health Insurance)

Apa Saja Jenis Asuransi Kesehatan 1bac0
Sumber foto: detikHealth

Dari namanya saja, pasti kamu sudah tahu dong apa yang akan diproteksi dari jenis asuransi ini?

Yap! Asuransi kesehatan adalah asuransi yang akan menanggung biaya kesehatan atau perawatan medis dari si tertanggung.

Proteksi asuransi kesehatan pun mencakup banyak hal, seperti biaya rawat inap, pembedahan, ICU, konsultasi dokter, resep obat, biaya kelahiran, kecelakaan, dan pelayanan rumah sakit lainnya.

Umumnya, produk asuransi kesehatan ini ditawarkan satu paket dengan asuransi jiwa unitlink. Walaupun, sebenarnya nasabah bisa juga membelinya secara terpisah.

Nah, untuk mendapatkan proteksi asuransi kesehatan dengan biaya lebih terjangkau, mendaftar program BPJS Kesehatan adalah satu solusinya yang bisa kamu coba, geng.

2. Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident)

Jenis Asuransi Apa Saja Yang Ada Di Indonesia 51286
Sumber foto: Cermati

Asuransi kecelakaan diri (personal accident) adalah produk asuransi yang memberikan jaminan solusi finansial jika si tertanggung mengalami risiko kecelakaan, cacat tetap, atau bahkan meninggal dunia.

Asuransi jenis ini mungkin masih belum cukup populer penggunaannya di kalangan masyarakat umum meskipun sebenarnya manfaat yang diberikan sangat besar dan membantu lho, geng.

Sementara itu, untuk para karyawan yang bekerja di perusahaan, pemerintah juga memiliki produk asuransi kecelakaan diri yang kita kenal sebagai BPJS Ketenagakerjaan.

3. Asuransi Kendaraan

Peran Suransi 401ba
Sumber foto: Seva

Abis beli motor baru? Atau kamu baru saja membayar pajak kendaraan kesayangan dan nggak ingin risiko buruk terjadi yang dapat mengakibatkan kerugian finansial?

Tenang! Asuransi kendaraan adalah jenis asuransi yang akan menanggung jika kendaraan dicuri, hilang (total lost only) dan/atau risiko-risiko umum (all risk insurance) lainnya.

Hanya saja, saat mendaftar asuransi jenis ini kamu harus teliti membaca isi polis karena ada beberapa risiko yang sayangnya tidak dapat ditanggung, meskipun kamu menggunakan asuransi kendaraan all risk.

Pada kenyataannya, asuransi all risk tidak benar-benar memberikan proteksi terhadap segala jenis risiko yang bakal terjadi. Salah satunya, asuransi all risk tidak mengcover untuk aksesoris kendaraan.

4. Asuransi Properti

Jenis Jenis Asuransi Bbf51
Sumber foto: ASURANSI MAG

Kita paham betul bahwa properti adalah salah satu aset berharga yang nilainya sangat fantastis. Maka, tak heran jika banyak orang memilih investasi properti sebagai simpanan dana untuk masa depan.

Berkat nilai asetnya yang sangat tinggi ini, banyak orang yang akhirnya mendaftar produk asuransi properti sebagai salah satu upaya mengalihkan risiko kerugian.

Sesuai namanya, asuransi properti adalah asuransi yang akan memberikan perlindungan terhadap aset bisa berupa rumah atau properti pribadi jika terjadi musibah.

Beberapa risiko yang ditanggung biasanya meliputi FLEXAS; Kebakaran (fire), tersambar petir (lightning), peledakan (explosion), kejatuhan pesawat (aircraft impact), dan asap (smoke).

5. Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)

Contoh Asuransi Cf2c5
Sumber foto: News Article

Asuransi perjalanan (Travel Insurance) adalah asuransi yang akan menanggung jika terjadi kedaruratan medis atau pun non-medis yang menimpa si tertanggung selama perjalanan dalam atau luar negeri.

Bisa jaminan itu akan melindungi masalah kehilangan koper, keterlambatan pemberangkatan, sakit di tempat tujuan, pembatalan keberangkatan karena kesalahan pihak terkait, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Itulah beberapa jenis asuransi yang beredar di Indonesia dan bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, geng.

Mengingat biaya premi asuransi yang umumnya tidak murah, maka sangat penting untuk kamu memahami terlebih dahulu manfaat asuransi yang ditawarkan oleh masing-masing jenisnya.

Jadi, sudah tahu mau memakai asuransi jenis apa?

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Simulasi Trading Saham Untuk Pemula 1b0b8
8 Aplikasi Simulasi Trading Saham Terbaik Android | Anti Rugi!
Aplikasi Saham A449c
10 Aplikasi Saham Online Terbaik 2021, Terdaftar di OJK!
Apa Itu Saham Ipo 9df71
Kupas Tuntas Apa Itu Saham, Jenis, Risiko, dan Istilah Lainnya, Newbie Masuk!
Keuntungan Investasi Saham 4803a
Hati-Hati! Inilah 7 Risiko & Keuntungan Investasi Saham
Saham Blue Chip 7ae6a
10 Saham Blue Chip Paling Prospektif dan Layak Dibeli
Instrumen Investasi Fb256
Apa Itu Instrumen Investasi & Jenisnya | Investor Pemula Wajib Tahu!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal