J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Investasi Saham Syariah & Daftar Saham Syariah 2021 | Jangan Salah Pilih!

Selasa, 16 Mar 2021, 13:30 WIB
Mau memulai investasi saham syariah? Perhatikan dulu tahapan cara berinvestasi di pasar modal syariah berikut ini. Lengkap dengan daftar saham syariah!

Investasi saham syariah kini menjadi solusi tepat bagi para calon investor yang ingin memulai berinvestasi saham, tetapi khawatir soal potensi riba yang ditimbulkan dari aktivitas tersebut.

Terlebih, saat ini masyarakat pun diberikan opsi lain yaitu berinvestasi saham melalui pasar modal syariah yang disebut-sebut bebas riba.

Nah, untuk kamu yang tertarik untuk memulai investasi saham syariah, sebaiknya perhatikan dulu pembahasan Jaka seputar cara berinvestasi di pasar modal syariah selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Saham Syariah?

Apa Yang Dimaksud Saham Syariah 8494e
Sumber foto: Universal Broker

Pada dasarnya, berinvestasi saham syariah hampir mirip seperti saham konvensional. Perbedaannya, saham syariah mengharuskan perusahaan penerbit atau emiten menjalankan prinsip syariah dalam kegiatan operasionalnya.

Contohnya prinsip syarih adalah perusahaan tidak melakukan riba, produk yang ditawarkan terjamin kehalalannya, dan perusahaan tidak melakukan praktik perjudian atau perdagangan yang melanggar prinsip syariah.

Dengan kata lain, saham syariah adalah Efek berbentuk saham yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.

Investasi saham syariah juga kini semakin mudah karena terdapat pasar modal syariah sebagai wadah untuk bertransaksi kegiatan jual beli para investor.

Selain itu, BEI yang bekerjasama dengan PT Danareksa Investment Management juga telah meluncurkan indeks saham Jakarta Islamic Index (JII) sebagai panduan investor yang ingin menginvestasikan dananya secara syariah.

Saham syariah sendiri terbagi ke dalam dua jenis. Pertama, saham yang dinyatakan memenuhi kriteria seleksi saham syariah berdasarkan peraturan OJK Nomor 35/POJK.04/2017 tentang Kriteria dan Penerbitan Daftar Efek Syariah.

Kemudian yang kedua, saham yang dicatatkan langsung sebagai saham syariah oleh emiten atau perusahaan publik syariah berdasarkan peraturan OJK Nomor 17/POJK.04/2015.

Daftar Saham Syariah 2021

Keuntungan Investasi Saham Syariah 77e70
Sumber foto: IDX Channel

Untuk memilah mana saja saham yang termasuk dalam daftar saham syariah, di sini kamu bisa melihat data Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia.

ISSI adalah keseluruhan saham syariah yang tercatat di BEI dan masuk ke dalam Daftar Efek Syariah (DES) yang diterbitkan oleh OJK. Konstituen ISSI ini diseleksi ulang sebanyak dua kali setahun, sehingga daftarnya akan terus berubah alias tidak pasti.

Dan berikut adalah beberapa contoh daftar saham syariah yang tercatat di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI).

Note:

Daftar saham syariah yang masuk dalam perhitungan ISSI di bawah merupakan terbaru periode 10 Maret 2021 s.d. review DES berikutnya oleh OJK.

Kode Saham Nama Saham
AALI Astra Agro Lestari Tbk.
ACES Ace Hardware Indonesia Tbk.
ADES Akasha Wira International Tbk.
ADHI Adhi Karya (Persero) Tbk.
ADMG Polychem Indonesia Tbk.
ADRO Adaro Energy Tbk.
AGAR Asia Sejahtera Mina Tbk.
AGII Aneka Gas Industri Tbk.
AIMS Akbar Indo Makmur Stimec Tbk.
AKKU Anugerah Kagum Karya Utama Tbk.
AKPI Argha Karya Prima Industry Tbk.
AKRA AKR Corporindo Tbk.
AKSI Maming Enam Sembilan Mineral Tbk.
ALDO Alkindo Naratama Tbk.
ALKA lakasa Industrindo Tbk.
AMAN Makmur Berkah Amanda Tbk.
AMIN Ateliers Mecaniques D'Indonesie Tbk.
ANDI Andira Agro Tbk.
ANJT Austindo Nusantara Jaya Tbk.
ANTM Aneka Tambang Tbk.
APII Arita Prima Indonesia Tbk.
APLI Asiaplast Industries Tbk.
ARII Atlas Resources Tbk.
ARNA Arwana Citramulia Tbk.
ASGR Astra Graphia Tbk.
ASRI Alam Sutera Realty Tbk.
ATAP Trimitra Prawara Goldland Tbk.
AUTO Astra Otoparts Tbk.
AYLS Agro Yasa Lestari Tbk.
BALI Bali Towerindo Sentra Tbk.

Cara Memulai Investasi Saham Syariah

Pada dasarnya, tak ada yang membedakan dalam persoalan tahapan cara berinvestasi di pasar modal syariah maupun pasar modal konvensional.

Kamu tetap disarankan untuk melakukan beberapa tahapan terlebih dahulu, sebelum benar-benar membeli dan memulai berinvestasi saham.

Mengingat risiko kerugian dan keuntungan investasi saham syariah pun sama agresifnya seperti berinvestasi saham konvensional.

Oleh karena itu, berikut Jaka berikan tahapan memulai investasi saham syariah yang sebaiknya kamu perhatikan.

1. Kenali Daftar Saham Syariah

Contoh Saham Syariah Terbaik Bea01
Sumber foto: IDX

Tahapan pertama yang perlu kamu perhatikan ketika berinvestasi saham syariah adalah, kenali terlebih dahulu daftar perusahaan atau emiten yang masuk dalam kategori saham syariah.

Seperti yang sudah Jaka katakan sebelumnya, kamu bisa melihat indeks saham syariah yang disediakan di website BEI.

Ada 3 jenis indeks saham syariah yang bisa kamu cek; Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), Jakarta Islamic Index (JII), dan Jakarta Islamic Index 70 (JII70 Index).

Jika ISSI berisi keseluruhan saham syariah yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES), maka JII adalah bagian atau subset dari saham syariah ISSI yang terdiri dari 30 saham syariah paling likuid yang terctat di BEI.

Sedangkan, indeks JII70 adalah daftar 70 saham syariah paling likuid yang tercatat di BEI.

Ketiganya bisa kamu jadikan sebagai acuan untuk mengetahui mana saja emiten-emiten yang termasuk dalam saham syariah, namun untuk lebih lengkapnya, ISSI bisa menjadi pilihan tepat.

2. Pastikan Emiten Saham Sesuai Prinsip Syariah

Investasi Saham Syariah Terbaik 4a602
Sumber foto: Ekonomi Bisnis

Meskipun sudah ada indeks saham syariah sebagai pedoman investor dalam memilih emiten untuk penanaman modal, tapi kamu juga perlu memastikan bahwa kegiatan operasional yang dilakukan oleh perusahaan tersebut telah sesuai dengan prinsip syariah.

Dalam artian, perusahaan bebas dari praktik-praktik yang betentangan dengan ajaran Islam.

Mulai dari jenis usaha, produk barang atau jasa yang ditawarkan, serta akad dan pengelolaan perusahaan tidak boleh bertentangan dengan prinsip syariah.

Selain itu, perusahaan juga wajib memiliki Syariah Compliance Officer (SCO) untuk menjelaskan prinsip syariah yang dianutnya.

SCO adalah pejabat atau petugas di lembaga atau perusahaan yang telah disertifikasi Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia, sebagai tanda bahwa pihak tersebut memahami konsep syariah di pasar modal.

3. Analisa Kinerja Emiten

Daftar Saham Syariah 45f33
Sumber foto: Investors Academy

Mau dapat untung dari pembagian dividen secara rutin? Makanya kamu perlu melakukan analisa kinerja emiten yang sahamnya ingin kamu beli, geng!

Bukan cuma mengincar pembagian dividen secara rutin, melakukan analisa fundamental dan teknikal suatu emiten juga sangat penting.

Dari sini kamu bisa mencari tahu apakah perusahaan tersebut memiliki kinerja yang bagus dan masih memiliki prospek bisnis kedepannya.

4. Mulai Beli Saham Syariah

Cara Berinvestasi Saham Di Pasar Modal Syariah E7c84
Sumber foto: MELANTROPHIC

Jika semuanya telah kamu lakukan dan sudah benar-benar merasa yakin dengan saham yang ingin dibeli, maka kamu pun sudah bisa mulai membeli saham syariah yang diinginkan.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa mencari dan membeli saham syariah di aplikasi investasi saham terbaik yang saat ini semakin banyak jumlahnya.

Selain lebih praktis karena tidak perlu datang langsung ke perusahaan sekuritas, proses pendaftaran hingga pembelian saham pun semuanya dapat dilakukan secara online dari handphone.

Akhir Kata

Sekian pembahasan dari Jaka mengenai cara investasi saham syariah lengkap dengan daftar saham syariah 2021 terbaru menurut index ISSI BEI.

Secara keseluruhan, risiko investasi saham konvensional dan syariah sebenarnya hampir mirip. Hanya saja, ada batasan dan kriteria tertentu pada saham syariah yang membuatnya bisa terbebas dari riba.

Jadi, sudah tahu mau pilih saham syariah mana yang terbaik? Semuanya balik lagi pada kepercayaanmu, geng.

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 01 13t221152 080 22b7f
10 Cara Main Saham untuk Pemula, Jangan Takut Gagal Lagi!
Aplikasi Simulasi Trading Saham Untuk Pemula 1b0b8
8 Aplikasi Simulasi Trading Saham Terbaik Android | Anti Rugi!
Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil 518be
Cara Investasi Saham Online untuk Pemula, Lengkap dengan Tips Biar Cuan!
Cara Melihat Harga Saham Di Idx 60b43
Cara Melihat Harga Saham di IDX Terbaru 2021 dan Paling Mudah
Cara Beli Saham Bri Online 17998
Cara Beli Saham BRI Danareksa Sekuritas Untuk Pemula | Siap-Siap Cuan!
Saham Blue Chip 7ae6a
10 Saham Blue Chip Paling Prospektif dan Layak Dibeli
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal