Pengertian Investasi Properti, Untung Rugi, & Jenisnya | Paling Menjanjikan?

Default

Apabila kamu memiliki modal besar, investasi properti adalah salah satu alternatif pilihannya yang dinilai paling menguntungkan selain investasi saham.

Terlebih jika kamu memang sedang merancang untuk berinvestasi jangka panjang, di mana harga properti yang terus melambung tinggi dari tahun ke tahunnya dinilai sangat menjanjikan.

Tak hanya itu, berinvestasi pada instrumen properti juga terkadang memberikan rasa aman bagi sebagian orang karena wujud fisiknya yang terlihat, tak seperti investasi reksa dana atau saham yang sifatnya abstrak.

Lantas, apa yang dimaksud dengan investasi properti? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

Pengertian Investasi Properti

Apa Itu Investasi Properti 14dc4
Sumber foto: Ka Isanta

Sebelum lanjut ke pembahasan lebih detailnya, sebenarnya kamu tahu nggak sih apa itu investasi properti?

Investasi properti adalah salah satu instrumen investasi yang berkaitan dengan pembelian, kepemilikan, pengelolaan, penyewaan, dan penjualan real estate dengan tujuan untuk menghasilkan profit.

Profit atau Return of Investment (ROI) tersebut bisa dalam bentuk pendapatan sewa, penjualan kembali properti, atau gabungan dari keduanya.

Beberapa investor yang memiliki modal besar biasanya memilih untuk berinvestasi properti perseorangan, artinya aset yang dimiliki murni dari dana pribadi.

Meskipun ada juga sebagian investasi properti yang dimiliki oleh sekelompok investor, atau bahkan sebuah korporasi.

Bentuk propertinya pun beragam, bisa berupa unit rumah, apartemen, kios, ruko, kost-kostan, tanah, hingga working space dan lain sebagainya.

Investasi pada instrumen properti memang sangat menggiurkan, walaupun modal yang dibutuhkan pun sangatlah besar. Namun, ingat juga bahwa jenis investasi ini bisa dibilang cukup tricky.

Mengapa demikian? Mending kamu lanjut simak pembahasannya berikut ini.

Risiko Kerugian dan Keuntungan Investasi Properti

Kerugian Dan Keuntungan Investasi Properti 392b8
Sumber foto: Kompas Properti

Seperti yang Jaka katakan sebelumnya, investasi dalam instrumen properti nyatanya sangatlah tricky. Meskipun memang nilainya relatif stabil dibanding jenis instrumen investasi paling menguntungkan lainnya.

Pasalnya, investasi pada instrumen properti juga memiliki risiko untung rugi yang terkadang dilupakan oleh sebagian investor yang hanya melihat dari potensi profit-nya.

Padahal, mengetahui risiko investasi properti terutama di masa pandemi ini sangatlah penting supaya untung nggak berubah jadi buntung.

Kerugian Investasi Pada Instrumen Properti

Selama ini mungkin sebagian orang hanya fokus melihat keuntungan investasi properti tanpa memikirkan sejumlah risiko kerugian yang dapat ditimbulkannya.

Padahal, keuntungan tinggi yang didapat dari investasi berupa properti juga berbanding lurus dengan risiko kerugiannya, lho.

Misalnya saja beberapa risiko kerugian yang Jaka jabarkan pada poin-poin di bawah ini:

  • Tidak termasuk aset likuid sehingga relatif sulit untuk dicairkan menjadi uang tunai saat dalam kondisi mendesak.
  • Modal yang dibutuhkan untuk investasi sangat besar, setidaknya ratusan hingga miliaran rupiah.
  • Biaya operasional investasi properti cukup tinggi, seperti misalnya untuk perawatan, pajak PBB, dan lain sebagainya.
  • Tidak semua harga jual properti sangat tinggi karena lokasi merupakan salah satu faktor pendukungnya.

Keuntungan Investasi Pada Instrumen Properti

Selain kerugian, keuntungan tentu menjadi dasar utama mengapa investasi pada instrumen properti dianggap sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Adapun beberapa potensi keuntungan berinvestasi properti yang bisa kamu dapatkan yaitu sebagai berikut:

  • Harga properti cenderung terus naik dari tahun ke tahunnya.
  • Bisa dijadikan agunan atau jaminan saat pemilik membutuhkan pinjaman dana.
  • Aset investasi berupa properti akan selalu memiliki nilai yang sangat tinggi, tidak seperti saham yang dapat menyentuh angka minus atau kendaraan bermotor yang nilainya akan turun seiring berjalannya waktu.
  • Dapat menjadi opsi diversifikasi portofolio investasi.
  • Harga jual aset properti ada sepenuhnya di tangan pemilik, meskipun memang biasanya ada harga pasaran yang menjadi acuan.

Jenis Investasi Properti Paling Menguntungkan

berdasarkan fungsinya, ada beberapa jenis investasi properti yang dinilai paling menguntungkan. Modal yang dibutuhkan pun relatif, mulai dari yang termurah di kisaran ratusan juta dan termahal hingga miliaran rupiah.

Berikut pembahasan lebih detailnya mengenai jenis dan contoh investasi properti paling menguntungkan.

1. Properti Kantor

Investasi Properti Online 6464f
Sumber foto: Trentech

Bukan hanya rumah, gedung perkantoran kini menjadi salah satu jenis investasi properti yang banyak diminati dan terus bertumbuh setiap tahunnya.

Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya jumlah gedung perkantoran yang ada saat ini, bahkan merembet ke ranah coworking space yang menjadi style baru sejumlah perusahaan start up zaman sekarang.

Alasannya, tentu saja karena properti kantor dinilai mampu menghasilkan profit yang besar dibanding jenis properti lainnya.

Terlebih, permintaan terhadap ruangan kantor pun akan terus bertambah dari waktu ke waktunya sehingga akan menjadi sangat menguntungkan.

2. Properti Hunian Keluarga

Investasi Properti Murah A2f3e
Sumber foto: Produvia

Tak kalah menguntungkan dengan properti kantor, properti hunian keluarga seperti rumah, apartemen, hingga kost-kostan pun dianggap mampu menghasilkan profit yang tinggi, lho.

Pasalnya, masyarakat pasti akan selalu membutuhkan tempat tinggal tak peduli apa pun kondisi perekonomian yang tengah terjadi saat ini.

Makanya, investasi real estate dianggap mampu memberikan keuntungan yang stabil bagi pemiliknya.

Jenis properti satu ini juga bisa menjadi langkah awal bagi kamu yang ingin memulai investasi properti "modal kecil" mulai dari puluhan hingga ratusan juta. Seperti misalnya membangun kost-kostan terjangkau untuk mahasiswa atau karyawan.

3. Properti Untuk Industri/Manufaktur

Jenis Investasi Properti 8917e
Sumber foto: Karawang New Industry City

Jenis investasi properti yang berikutnya yaitu properti yang difungsikan untuk kebutuhan industri atau manufaktur. Seperti misalnya, gudang, tempat penelitian dan pengembangan perusahaan, hingga lokasi distribusi.

Dibandingkan dengan properti untuk kebutuhan perkantoran dan ritel, berinvestasi pada jenis properti industri atau manufaktur pun dinilai membutuhkan biaya operasional yang relatif lebih rendah.

Namun, lokasi keberadaan properti pada jenis ini menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan agar dapat menunjang kebutuhan kegiatan industri.

4. Properti Untuk Ritel dan Perdagangan

Contoh Investasi Properti A3331
Sumber foto: AllianceBernstein

Terakhir, ada properti untuk kebutuhan ritel dan perdagangan yang juga menjadi salah satu jenis investasi properti yang paling menguntungkan untuk dicoba.

Pasalnya, jenis properti ini akan memberikan tingkat pengembalian yang lebih stabil karena umumnya durasi sewa lebih panjang dan penyewa lebih jarang berpindah-pindah.

Contoh investasi properti pada jenis ini seperti misalnya pusat perbelanjaan atau mal dan ruko.

Akhir Kata

Nah, itulah pengertian investasi properti lengkap dengan risiko kerugian dan keutungan, serta jenis-jenisnya, geng.

Investasi pada instrumen investasi properti memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun, itu berbanding lurus dengan potensi keuntungannya yang juga sangatlah besar.

Namun, tenang! Buat kamu yang punya modal terbatas, saat ini beberapa aplikasi investasi terbaik pun ada yang menawarkan istrumen properti dengan modal awal lebih rendah.

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Simulasi Trading Saham Untuk Pemula 1b0b8
10 Aplikasi Simulasi Trading Saham Gratis Terbaik, Anti Rugi!
Aplikasi Saham A449c
10 Aplikasi Saham Online Terbaik 2021, Terdaftar di OJK!
Apa Itu Saham Ipo 9df71
Kupas Tuntas Apa Itu Saham, Jenis, Risiko, dan Istilah Lainnya, Newbie Masuk!
Keuntungan Investasi Saham 4803a
Hati-Hati! Inilah 7 Risiko & Keuntungan Investasi Saham
Saham Blue Chip 7ae6a
10 Saham Blue Chip Paling Prospektif dan Layak Dibeli
Instrumen Investasi Fb256
Apa Itu Instrumen Investasi & Jenisnya | Investor Pemula Wajib Tahu!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal