J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Jenis-jenis Investasi Modal Kecil Syariah yang Menguntungkan 2021 | Mulai Rp10 ribu Bisa Profit

Rabu, 24 Mar 2021, 19:30 WIB
Saatnya kamu percaya diri untuk memulai investasi modal kecil. Rekomendasi jenis investasi syariah ini bakal jadi instrumen investasi menguntungkan tahun 2021!

Tak harus menunggu sampai kaya raya, memulai investasi modal kecil bisa dilakukan dari sekarang! Sudah banyak jenis instrumen investasi modal kecil berdasarkan prinsip syariah dari mulai Rp10 ribu saja yang bisa kamu ikuti.

Perlu kamu ingat, keberhasilan investasi tidak hanya sekedar jumlah modal yang kamu miliki, mental investor adalah modal termahal yang bisa kamu dapatkan dengan memulai usaha kecil-kecilan.

Selain itu, melakukan investasi yang menguntungkan dengan modal minim memang punya keunikan tersendiri. Pasalnya, kamu bisa jadi lebih berhati-hati membuat keputusan investasi untuk mengelola dana investasi terbatas dengan benar bagi pemula.

Agar kamu tidak terkena riba, jenis instrumen investasi modal kecil harus sesuai ketentuan syariah, nih. Untuk itu, Jaka bakal kasih rekomendasi investasi syariah yang bisa kamu lakukan meskipun tidak memiliki banyak uang.

Pengertian Investasi Syariah

Investasi Saham Dengan Modal Kecil 8b299

Investasi syariah punya landasan hukum Islam sebelum memilih investasi yang menguntungkan. Tujuannya, agar harta yang kamu peroleh mengandung keberkahan dan menjadi amal sholeh sebagai bagian dari ibadah.

Beberapa kriteria investasi syariah adalah tidak ada riba, shubhat, dan haram pada produk atau jasa pada suatu usaha. Selain itu, kegiatan investasi tidak menzholimi pihak-pihak tertentu.

Di samping itu, instrumen investasinya juga harus seusai Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) dan OJK. Meskipun hanya dengan modal sedikit, fatwa tersebut harus menjadi pedoman untuk berinvestasi.

Instrumen Investasi Modal Kecil Syariah

Modal kecil bukanlah masalah besar dalam investasi. Bahkan, modal kecil bisa berkembang menjadi modal semakin bertambah dan untung besar kalau kamu bisa mengelola modal itu dengan tepat.

Investasi untuk pemula dengan modal kecil lewat instrumen investasi syariah juga bisa kamu coba. Selain jenis investasi syariah adalah halal, kamu juga tetap bisa dapat untung besar, nih.

Kamu tinggal pilih saja investasi pemula modal kecil dengan produk keuangan syariah yang menguntungkan berikut ini.

1. Reksa Dana Pasar Uang

Investasi Modal Kecil Untung Besar Fd433

Barangkali kamu berpikir kalau tidak mungkin melakukan investasi dengan modal kecil pada jenis produk reksa dana. Sayangnya, persepsi itu bakal sirna karena modal kecil senilai Rp10 ribu bisa kamu gunakan untuk memulai investasi reksa dana pasar uang, nih.

Kamu tinggal pilih saja manajer investasi yang menawarkan minimum pembelian jenis reksa dana ini. Selain itu, investasi valuta asing lewat perdagangan mata uang (sharf) juga dibolehkan secara syariah.

Sekarang rasa mindermu sudah karena hanya punya modal kecil sudah mulai terkikis, dong. Uniknya, baik modal kecil maupun modal besar punya kesempatan yang sama pada jenis investasi valas ini.

2. Obligasi Syariah (Sukuk)

Investasi Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil 52e17

Setiap tahun sukuk bakalan terbit yang kamu jadikan instrumen investasi syariah meskipun hanya menggunakan modal kecil. Jenis instrumen investasi ini bakal menawarkan keuntungan lewat imbal hasil selamat period tertentu.

Beberapa jenis dan akad syariah yang populer pada produk obligasi syariah adalah sukuk mudharabah, sukuk musyarakah, sukuk istishna, dan sukuk ijarah.

Kamu bisa mempelajari jenis instrumen investasi syariah berupa sukuk lewat artikel lengkap yang membahas tentang perkembangan obligasi syariah di Indonesia.

3. Saham Syariah

Investasi Saham Modal Kecil E459a

Saham syariah adalah bukti penyertaan modal pada perusahaan yang bergerak pada industri yang halal setelah melalui penilaian DSN MUI. Lembaga Islam ini menjamin status syariah dan kehalalan investasi saham syariah.

Di samping itu, investasi saham yang tidak memakan banyak modal bisa kamu miliki kalau melakukan pendaftaran pada perusahaan sekuritas walapun menggunakan modal minim, nih. Bahkan, seorang mahasiswa pun bisa menggunakan uang Rp100.000 untuk mulai berinvestasi saham saham syariah.

Contoh perusahaan sekuritas yang punya layanan saham syariah adalah BNI sekuritas. Nantinya, BNI sekuritas bakal menyediakan saham-saham syariah yang bisa kamu pilih untuk berinvestasi dengan modal minim.

4. Emas Batangan

Investasi Syariah Modal Kecil 4c4d1

Logam mulia seperti Antam seringkali menjadi pilihan investasi yang aman dan menguntungkan. Pasalnya, kamu bisa terhindar dari risiko inflasi, nih.

Selain itu, investasi dengan jenis emas tertentu sepeti perhiasan emas pun bisa kamu coba karena memang dibolehkan secara syariah. Hanya saja, kamu juga harus paham jenis-jenis emas sebelum membelinya.

Jaka sudah siapkan artikel khusus buat kamu yang bakal kasih tahu jenis-jenis emas sebagai instrumen investasi modal kecil di Indonesia. Setelah membacanya, wawasan investasi emas kamu bakal lebih luas.

5. Investasi Dollar

Investasi Pemula Modal Kecil 37e13

Seperti hal produk investasi reksa dana pasar uang, investasi dollar bisa kamu menjadi pilihan menarik buat investor pemula dengan modal kecil. Karena dollar cenderung sering menguat di Indonesia, kamu bisa memulai investasi dengan membeli uang dollar Amerika Serikat (AS) dan menabungnya.

Kamu bisa membelinya baik secara offline atau online. Syaratnya, ketika kamu mau membeli dollar, Jaka sarankan membelinya di lembaga yang punya izin resmi agar kamu tidak kena tipu, ya.

Ngomongin investasi dollar, Jaka juga sudah siapkan artikel khusus yang membahas instrumen investasi dollar lebih lengkap, nih. Kamu tinggal mempelajarinya sampai tuntas.

6. Menanam Pohon

Investasi Untuk Mahasiswa Modal Kecil 0edf3

Nah, buat kamu yang hidup di daerah pedesaan dan punya kebun di pekarangan rumah, menanam pohon bisa menjadi instrumen investasi sektor riil yang menjanjikan, nih.

Meskipun hanya punya modal kecil Rp50 ribu, kamu sudah bisa membeli bibit pohon. Tinggal kamu tentukan saja preferensi jenis pohon yang kamu mau.

Misalnya, kamu ingin pohon yang menghasilkan buah, maka pohon mangga atau jambu bisa kamu jadikan pilihan. Investasi unik ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, nih. Namun, instrumen investasi ini juga bisa dilakukan oleh anak sekolah alias pelajar.

Ngomong-ngomong tentang menanam pohon, kamu juga bisa pelajari cara-cara menabung unik yang pernah Jaka tulis. Nantinya, kamu bakal punya strategi baru untuk mengelola keuangan dan belajar investasi.

Akhir Kata

Pilihan jenis instrumen investasi modal kecil di atas cocok banget buat kamu yang masih menyadang gelar sebagai investor pemula. Kamu hanya tinggal memilih investasi syariah mana yang cocok untukmu.

Biar semangat investasi kamu menular, yuk share artikel Jaka tetang investasi syariah dengan modal kecil ini ke teman-temanmu!

Baca juga artikel Investasi lainnya dari Nabila Ghaida Zia

ARTIKEL TERKAIT
Kpr Syariah 161b3
KPR Syariah Tanpa Riba: Pengertian, Jenis Akad, Syarat, dan Cara Mengajukannya
Obligasi Syariah 210e3
Perkembangan Obligasi Syariah (Sukuk) di Indonesia 2021 | Solusi Investasi Berkah
Bunga Pinjaman Di Pegadaian E426b
8 Jenis Bunga Pinjaman Pegadaian Konvensional & Syariah | Bunga Nol Persen hingga Juni 2021
Investasi Dollar 0ee91
Investasi Dollar: Tips & Instrumen Penghasil Dollar Tercepat & Terbaru 2021
Pasar Modal Syariah D8ff6
Pengertian Pasar Modal Syariah & Jenis Produknya | Solusi Investasi Bebas Riba!
Reksa Dana Pasar Uang Adalah A3d1e
7 Rekomendasi Reksa Dana Pasar Uang Terbaik 2021 | 100% Mengunci Risiko
Cara Menabung Unik 16238
7 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat untuk Pelajar | Di Rumah Juga Harus Rajin!
Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah 6652c
Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah | Muda Banyak Uang
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga A28f4
6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros, Keluarga Cermat!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal