Indonesia Negara Ekonomi Terbesar di OKI | Ungguli Arab, Turki, dan Malaysia!

Default

Sebagian besar anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) adalah negara-negara Muslim, termasuk negara-negara super kaya dan kaya minyak di Timur Tengah.

Fakta membuktikan bahwa di antara 57 negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI), Republik Indonesia memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) tertinggi.

Bahkan Indonesia jauh mengungguli Turki, Arab Saudi, dan Malaysia dalam beberapa tahun terakhir. Berikut ini adalah daftar urutan negara OKI dengan ekonomi terbesar.

1. Indonesia

Peran Indonesia Di Oki 3a06d

Berdasarkan laporan terbaru yang dirilis International Monetry Fund (IMF) pada akhir tahun 2020, PDB Indonesia menempati urutan pertama dengan nilai nominal 1.088,768 juta dolar AS (Rp 15,4 triliun).

Padahal, menurut catatan Bank Dunia, ketika PDB Indonesia pertama kali dicatat (tahun 1967), nilai nominalnya tidak melebihi 6 miliar dolar AS.

Selama lima tahun terakhir atau lebih, perekonomian Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang signifikan, terbukti dari posisi Indonesia.

Posisi Indonesia telah meningkat dari peringkat enam pada tahun 1967 menjadi tertinggi pada tahun 2020 di OKI.

2. Arab Saudi

Struktur Organisasi Oki 681e6

Tempat kedua dipegang oleh Arab Saudi, salah satu produsen minyak terkemuka dunia. Pada tahun 2020, nominal PDB negara yang dipimpin oleh Raja Salman mencapai 680,987 juta dolar AS (Rp9,8 triliun).

Perekonomian Arab Saudi sangat bergantung pada minyak, bahkan hingga saat ini. Arab Saudi masih menjadi negara cadangan minyak terbesar kedua di dunia.

Seperti kita ketahui bersama, minyak Saudi menyumbang lebih dari 95% ekspor, jumlah ini juga merupakan 70% dari pendapatan pemerintah.

3. Turki

Tujuan Didirikannya Oki C388c

Turki menempati urutan ketiga dengan total PDB 649,436 juta dolar AS (Rp9,3 triliun). Sejak krisis nilai tukar lira, upaya kudeta, dan intervensi Presiden Erdogan dalam konflik perbatasan bikin ekonomi Turki jadi sedikit menderita.

Pada tahun 2014, PDB Turki mencapai 948 miliar dolar AS, menjadikannya negara anggota Organisasi Konferensi Islam terbesar dalam hal penghasilan ekonomi, dengan peringkat pertama. Namun, serangkaian masalah membawa ekonomi Turki ke ambang resesi.

4. Iran

Tujuan Oki 46568

Negara peringkat keempat ada Iran, negara yang kaya akan minyak dan gas (migas). Di saat sanksi dan hubungan dengan Amerika Serikat memanas, PDB Iran justru mengalami peningkatan tajam.

Menurut data IMF, PDB Iran pada 2020 mencapai 610,662 miliar dolar AS (Rp8,8 triliun). Pada tahun sebelumnya, angka ini hanya 457.987 juta dolar AS atau meningkat 150 miliar dolar AS.

Dibandingkan dengan negara anggota Organisasi Konferensi Islam lainnya, Iran memiliki pertumbuhan PDB tertinggi.

5. Nigeria

Sejarah Oki 00e42

Tempat kelima adalah Nigeria, raksasa ekonomi Afrika. Mirip dengan Iran, Nigeria adalah negara yang kaya akan migas.

Sektor ini adalah penyumbang terbesar PDB Nigeria. Pada tahun 2020, PDB Nigeria mencapai 442,976 juta dolar AS (Rp6,3 triliun). Angka ini juga menjadikan Afrika sebagai negara ekonomi terbesar di Benua Hitam.

Nigeria adalah masa depan ekonomi Afrika. Nigeria memiliki sumber daya alam yang melimpah dan populasi usia produksi yang relatif tinggi, sehingga diharapkan dapat menjadi kekuatan ekonomi baru dunia.

Menurut catatan, negara itu mampu menyelesaikan serangkaian konflik, khususnya terorisme.

6. Mesir

Bentuk Kerjasama Oki 342b9

Mesir yang terkenal dengan peradaban kuno yang indah, justru berada peringkat keenam, kedua setelah Nigeria dan satu tingkat di atas negeri kaya raya markasnya para sultan tajir, Uni Emirat Arab.

Meski pandemi telah menghancurkan ekonomi banyak negara, sungguh mengejutkan bahwa PDB Mesir justru meningkat secara substansial.

Menurut data Bank Dunia, PDB Mesir pada 2019 hanya 303.093 juta dolar AS. Kemudian menurut data IMF, pada tahun 2020 nilai tukar nominal akan melonjak menjadi 361,875 juta dolar AS (Rp 5,2 triliun).

7. Uni Emirat Arab

Latar Belakang Oki 25421

Markas besar para sultan kaya dan gedung pencakar langit tertinggi di dunia, Burj Khalifa, ini justru menempati urutan ketujuh, dengan PDB 353,899 juta dolar AS (Rp5,1 triliun).

Meskipun nominal PDB menempati urutan ketujuh, Uni Emirat Arab memiliki PDB per kapita tertinggi dibandingkan dengan negara-negara yang masuk dalam daftar ini.

Menurut catatan, PDB per kapita UEA akan mencapai 31.948 dolar AS (Rp460,3 juta) pada tahun 2020. Menjadikan negara ini salah satu negara anggota Organisasi Konferensi Islam yang paling makmur.

Akhir Kata

Nah, itu dia kumpulan negara dengan perekonomian terbesar di OKI. Siapa yang menyangka kalau Indonesia justru mengungguli Arab, Turki, bahkan Malaysia dari PDB.

Namun, kalau secara PDB per kapita, ya, tentu saja kita masih kalah rendah dibandingkan negara-negara lainnya tadi.

Baca artikel mengenai Ramadan atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

5 Kelakuan Aldi Taher yang Dianggap Cari Sensasi

5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

Kumpulan Foto Editan Gagal yang Kocak | Ada Harimau Sinetron!

8 Foto Kehidupan Hikikomori di Jepang, Gaya Hidup Terisolasi yang Mengkhawatirkan!

Heboh, Kapal Berusia 400 Tahun Ditemukan Utuh di Dasar Laut Baltik!

ARTIKEL TERKAIT
Syarat Pendaftaran Cpns 2021 Lulusan Smasmk Banner 5f41c
Syarat Pendaftaran CPNS 2021 Lulusan SMA/SMK, Lengkap dengan Gaji!
Meteor Meledak Di Langit Banner Fb623
Meteor Jatuh Terbakar dan Meledak di Langit, Dahsyat dan Spektakuler!
Jokowi Izinkan Asing Cari Harta Karun Di Laut Indonesia 5fc57
Jokowi Izinkan Asing Cari Harta Karun di Laut Indonesia, Potensi Dijarah?
Roket Spacex Untuk Ke Mars Meledak Saat Landing Banner Ef2a9
Waduh! Roket SpaceX untuk ke Mars Meledak saat Mendarat, Elon Musk Gagal?
Asteroid Besar Akan Dekati Bumi Pada 21 Maret Banner 187c7
Asteroid Besar Akan Dekati Bumi Pada 21 Maret, Apakah Berbahaya?
Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli Di Media Sosial Banner A306e
Waspada Polisi Virtual Indonesia Mulai Patroli di Medsos, Jangan Salah Ngomong!
Tags Terkait: ramadan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal