Pengertian Indeks Saham, Fungsi, dan Jenisnya | Sudah Tahu?

Bagi kamu yang melek seputar berita ekonomi atau bahkan berinvestasi saham, pasti sudah nggak asing lagi dengan istilah IHSG (Indeks Saham Gabungan) yang merupakan salah satu jenis indeks saham di Bursa Efek Indonesia.

Wajar saja, mengingat indeks saham merupakan salah satu hal penting yang biasa digunakan untuk menjadi tolak ukur kinerja Pasar Modal dan produk investasi.

Namun, sebenarnya apa itu indeks saham? Mending kamu langsung simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Indeks Saham?

Indeks Saham Apa Saja 14087
Sumber foto: market bisnis

Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), indeks saham adalah ukuran statistik yang mencerminkan keseluruhan pergerakan harga atas sekumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu, serta dievaluasi secara berkala.

Pergerakan tersebut biasanya dapat mewakili alias menjadi tolak ukur situasi pergerakan pasar secara menyeluruh.

Nilai pada indeks saham dipengaruhi oleh harga saham dalam portofolio tersebut dan bobot masing-masing saham.

Semakin banyak saham yang beredar dan semakin besar nilainya, maka semakin besar pula bobot saham tersebut dalam mempengaruhi pergerakan indeks.

Maka dari itu, memahami indeks saham menjadi salah satu langkah penting yang harus dilakukan oleh para pelaku pasar modal termasuk investor, geng.

Biar kamu gampang mencernanya, indeks saham itu sama seperti kamu mau membeli gado-gado. Di dalamnya ada beraneka ragam sayuran, tempe, tahu, telur, dan kerupuk.

Nah, harga gado-gado di satu tempat bisa saja berbeda dengan tempat lain. Ada harga gado-gado yang mahal karena sayuran yang dipakai sayuran organik atau ditambahkan potongan daging wagyu yang mahal harganya.

Begitu juga dengan indeks saham. Jika suatu indeks saham diisi dengan saham yang berkualitas dan harga sahamnya tinggi, maka nilai indeks saham itu pun akan tinggi.

Fungsi dan Manfaat Indeks Saham

Fungsi Dan Manfaat Indeks Saham 17e8b
Sumber foto: Finansialku

Banyaknya saham yang terdaftar dalam bursa atau pasar modal, menjadi salah satu alasan mengapa indeks saham penting dibuat.

Terlebih, seperti yang sudah Jaka katakan sebelumnya, pergerakan dalam indeks saham juga dapat menjadi acuan bagi para investor untuk mendapatkan berbagai informasi.

Seperti misalnya untuk mengetahui performa harga suatu saham, mengetahui kondisi pasar saham secara umum jika terjadi perubahan kebijakan, dan masih banyak lainnya seperti yang ada pada poin-poin berikut:

  • Mengukur sentimen pasar.
  • Dijadikan produk investasi pasif.
  • Benchmark bagi portofolio aktif.
  • Proksi dalam mengukur dan membuat model pengembalian investasi (return), risiko sistematis, dan kinerja yang disesuaikan dengan risiko.
  • Proksi untuk kelas aset pada alokasi aset.

Bahkan, tak jarang juga indeks saham dijadikan sebagi acuan oleh para investor untuk menentukan langkah jual, hold, atau beli saham, lho!

Namun, meskipun sering dijadikan sebagai tolak ukur, kamu harus tetap ingat bahwa keputusan pribadi adalah langkah yang paling tepat untuk menerima dan segala keuntungan dan risiko kerugian dalam berinvestasi.

Perlu diingat juga, kamu tidak dapat membeli indeks saham. Walaupun kamu bisa beli gado-gado seperti yang Jaka ceritakan sebelumnya, kamu tidak bisa membeli indeks saham karena indeks saham hanya sebagai indikator kinerja dari sejumlah saham.

Jadi, misalnya kamu ingin membeli saham A dan dia berada di indeks saham tertentu, maka performa indeks saham itu bisa menjadi salah satu indikator performa saham yang kamu ingin beli.

Contohnya, kamu ingin membeli saham tambang batu bara A. Lalu kamu coba cek indek saham batu bara, apakah trennya naik atau turun.

Jika naik, maka kamu boleh saja membeli saham A tersebut. Namun, jika indeks saham batu bara turun, sebaiknya pikir-pikir lagi deh sebelum membeli saham itu.

Jenis-Jenis Indeks Saham

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), saat ini terdapat total 37 indeks saham yang bisa kamu temukan di bursa.

Indeks saham tersebut dikategorikan berdasarkan harga saham sektoral, individual, dan gabungan (global).

Karena jenisnya yang cukup beragam ini, maka dari itu kamu perlu mengenali satu per satu jenis indeks saham yang akan dipaparkan lebih jelas dalam pembahasan di bawah.

1. Indeks Sektoral

Apa Itu Indeks Saham 1366a
Sumber foto: Investor Sadar

Dalam jenis indeks saham yang satu ini, tiap saham yang memiliki bidang usaha sama maka akan digabungkan dalam satu kelompok dan dibuat indeksnya tersendiri.

Lebih lanjut, indeks ini dapat berfungsi untuk mengukur performa seluruh saham dari masing-masing sektor industri yang terdapat pada klasifikasi Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA).

Beberapa contoh sektor dalam indeks ini antara lain indeks saham properti, consumer goods, manufaktur, infrastruktur-utilitas-transportasi, pertanian, pertambangan, serta perdagangan, jasa, dan investasi.

2. Indeks Individual

Indeks Saham Dunia 55231
Sumber foto: detikFinance

Berbeda dengan sebelumnya, indeks individual adalah jenis indeks yang berisi informasi pergerakan tiap saham perusahaan yang telah terdaftar di BEI.

Kode saham menjadi kunci utama dalam jenis indeks saham satu ini yang biasa digunakan sebagai acuan informasi dan pergerakan sahamnya di bursa.

Contohnya, emiten PT Perusahaan Gas Negara Tbk. dengan kode saham PGAS. Maka untuk mengecek informasi, kamu tinggal gunakan kode saham tersebut.

3. Indeks Gabungan (Global)

Cara Melihat Harga Saham Di Idx D811b
Sumber foto: detikFinance

Kebalikan dari jenis indeks saham individual, indeks gabungan adalah indeks harga dari seluruh saham yang tercatat di BEI. Umumnya kita kenal dengan istilah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Namun, selain IHSG, ada beberapa jenis indeks gabungan lainnya yang terdapat di BEI.

Seperti misalnya LQ45 yang banyak berisi saham bluechip, IDX30, dan IDX80. Di mana, masing-masing memiliki kriteria berbeda mengacu pada tingkat likuiditas, kapitalisasi pasar, dan kinerja emiten saham.

IDX30 juga memiliki varian indeks lainnya seperti IDX Value30 (IDXV30) dan IDX Growth30 (IDXG30). IDXV30 ada indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham dengan valuasi harga rendah, tetapi memiliki likuiditas yang baik.

Sedangkan, IDXG30 adalah indeks yang mengukur 30 saham yang memiliki tren pertumbuhan laba bersih dan pendapatan relatif terhadap harga, dengan likuiditas transaksi dan kinerja keuangan yang baik.

Sementara itu, untuk indeks yang mengukur saham-saham dengan kapitalisasi pasar kecil dan menengah, terdapat IDX Small-mid Cap Composite (IDX SMC).

4. Indeks Papan Pencatatan (Board Index)

Jenis Jenis Indeks Saham 7554a
Sumber foto: IDX Channel

Terakhir, ada indeks papan pencatatan atau dikenal juga dengan istilah board index. Indeks ini berfungsi untuk mengukur performa harga seluruh saham yang tercatat sesuai papan pencatatannya.

Di mana, papan pencatatan tersebut dibagi menjadi dua; Papan Utama (Main Board Index) dan Papan Pengembangan (Development Board Index).

Indeks Papan Utama berisi daftar saham dengan emiten besar yang telah memiliki pengalaman operasional. Sedangkan, Papan Pengembangan berisi indeks saham emiten dengan skala menengah yang diharapkan bisa berkembang.

Masuknya suatu saham dalam indeks papan pencatatan ini sendiri sudah disesuaikan dengan ketentuan pencatatan saham di BEI.

Akhir Kata

Itulah pembahasan seputar pengertian indeks saham, fungsi dan manfaat, serta jenis-jenisnya yang perlu diketahui oleh para investor, geng.

Dengan memahami berbagai jenis indeks saham di atas, maka kamu bisa mengetahui acuan pergerakan suatu saham dan bisa menentukan langkah selanjutnya yang harus diambil.

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Saham A449c
10 Aplikasi Saham Online Terbaik 2021, Terdaftar di OJK!
Aplikasi Simulasi Trading Saham Untuk Pemula 1b0b8
8 Aplikasi Simulasi Trading Saham Terbaik Android | Anti Rugi!
Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil 518be
Cara Investasi Saham Online untuk Pemula, Lengkap dengan Tips Biar Cuan!
Cara Melihat Harga Saham Di Idx 60b43
Cara Melihat Harga Saham di IDX Terbaru 2021 dan Paling Mudah
Aplikasi Investasi Terbaik Online D6ced
10 Aplikasi Investasi Untuk Pemula Terbaik, Mudah dan Terpercaya!
Apa Itu Saham Ipo 9df71
Kupas Tuntas Apa Itu Saham, Jenis, Risiko, dan Istilah Lainnya, Newbie Masuk!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal