Bermodalkan Karton, Pria Ini Bisa Jadi Orang Terkaya di Inggris | Temuannya Dipakai Banyak Orang

Mesin penyedot debu atau vacuum cleaner bukan lagi suatu barang yang mewah atau langka. Di masa sekarang ini, banyak orang yang sudah memiliki mesin tersebut di rumahnya masing-masing.

Harga dan spesifikasi mesin penyedot debu yang ada di pasaran saat ini pun bervariasi, tergantung seberapa besar atau kecil uang yang ingin dikeluarkan untuk mendapatkannya.

Mesin tersebut memang terdengar sepele. Hanya sebuah alat pembersih kotoran yang memudahkan penggunanya membersihkan debu di sela-sela rumah, bukan?

Meski begitu, selain sangat memudahkan pekerjaan manusia, alat ini juga membuat salah seorang pria asal Inggris menjadi miliarder. Modalnya? Hanya berupa karton saja.

Penemu alat penyedot debu tanpa kantung adalah Sir James Dyson. Pria yang kini sudah berusia 72 tahun ini besar di Norfolk pada 1950-an.

Singkat cerita, pada akhir 1970-an, dia merasa bahwa ekstraktor debu di pabriknya mungkin dapat diringkaskan lagi ukurannya agar bisa dipakai di rumah.

Menurutnya, fitur di mesin itu berpotensi menjadi blockbuster yang sebelumnya tidak pernah dimanfaatkan di alat-alat rumah tangga.

Screenshot 2019 06 19 At 15 20 04 5a3fe

Mulai dari situ, Sir James Dyson mendapatkan satu ide brilian untuk membuat vacuum cleaner tanpa kantung.

vacuum cleaner yang ada dibayangannya memang berguna untuk mengumpulkan debu, memutar udara dengan cepat, dan menciptakan siklon yang membawa debu tersebut ke suatu wadah untuk dikumpulkan.

Cerita pun dimulai. Sir James dengan tergesa-gesa kembal ke rumahnya, membongkar penyedot debu, dan memasangkan sebuah alat siklon yang dibuat dari karton dan selotip.

"Saya mulai mendorongnya ke sekeliling rumah saya, dan hasilnya bekerja dengan baik," ujarnya seperti yang dikutip dari Detik, Rabu (16/6/2021).

Pada awal 1980-an. Sir James pun sudah memiliki prototipe mesin penyedot debu yang berfungsi dengan baik.

Namun, untuk menjadikannya sebagai produk komersial ternyata membutuhkan upaya yang melelahkan dan lama.

Pengembangan vacuum cleaner tanpa kantung ini memakan waktu lebih dari 10 tahun sebelum akhirnya bisa dijual ke pasar. Demi alat ini pula, Sir James hampir mengalami kebangkrutan.

Dia akhirnya selamat dari jurang tersebut setelah berutang di bank dengan nominal hampir menyentuh satu juta poundsterling.

Melewati beberapa kali percobaan, mesin penyedot debu tanpa kantung pertama dengan merek Dyson akhirnya diluncurkan di Inggris pada tahun 1993.

Kerja keras Sir James akhirnya berbuah manis. Tanpa butuh waktu lama, Dyson langsung menjadi alat penyedot debu terlaris di Inggris.

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, perusahaannya sudah memproduksi berbagai macam alat lain seperti pengering rambut, kipas angin, dan lampu.

Dilansir dari Republika pada Rabu (16/6/2021), perusahaan Dyson setidaknya sudah memperkerjakan 15.000 karyawan yang 5.000 di antaranya berada di Inggris.

Berdasarkan rilis dari Sunday Times Rich List, Sir James Dyson saat ini menjadi orang terkaya di Inggris dengan total kekayaan bersih sebesar 16,2 miliar poundsterling.

BACA JUGA

Pria Ganteng Arab Nangis Saat Ditinggal TKW Balik ke Indonesia | Dianggap Ibu Sendiri

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.8.0 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

9 Adik Artis yang Lebih Populer Dibandingkan Kakaknya | Ada Pemeran Milea Juga, Lho!

5 Penemuan Aneh di Benua Antarktika | Perahu Misterius Sampai Monster Laut!

Higgs Domino RP APK Versi Lama & Terbaru 2021, Dapat Koin Melimpah!h!

ARTIKEL TERKAIT
Alat Tempur Untuk Demo Banner
5 Alat Tempur yang Harus Disiapkan Sebelum Melakukan Aksi Demo!
Alat Doraemon Yang Jadi Nyata Banner
5 Alat Canggih Doraemon yang Jadi Kenyataan
Alat Mata Mata Keren Banner
7 Alat Mata-Mata Keren Bergaya Steampunk
Alat Makeup Berteknologi Canggih Banner
7 Alat Makeup Berteknologi Canggih yang Wajib Kamu Coba
Airbar Touchscreen Banner
AirBar, Alat Canggih Untuk Ubah Layar Laptop Kamu Jadi Touchscreen
Untitled Design 45 A1024
Bikin Internetan Gak Lemot! Ini 7 Alat Penguat Sinyal Wi-Fi Terbaik
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal