J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros, Keluarga Cermat!

Selasa, 23 Mar 2021, 16:00 WIB
Pengaturan keuangan dalam rumah tangga bisa kamu lakukan meskpun punya penghasilan minim. Sini, Jaka ajari cara mengatur keuangan agar tidak boros dengan benar!

Bicara tentang pengaturan keuangan rumah tangga memang bakal menjadi topik hangat sebelum dan setelah terima gaji. Mulai dari gaji minim Rp1 juta, Rp2 juta, Rp3 juta, dan Rp4 juta, hingga gaji menengah Rp5-7 juta pasti butuh cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak boros dengan baik dan benar.

Mengatur keuangan untuk rumah tangga agar tidak boros menjadi kunci utama kesuksesan buat kamu yang sudah menikah, nih.

Terlebih, kalau kamu sudah punya anak, ini bisa menjadi perhatian penting dalam berumah tangga agar gaji cukup untuk kebutuhan keluarga bahkan bisa sambil ditabung untuk masa depan.

Punya bujet mini mungkin bikin pusing, tapi keuangan keluarga tetap bisa diatus asalkan kamu menyadari kebutuhan rumah tangga yang menjadi prioritas.

Tenang saja. Biar kamu bisa survive, Jaka bakal ajarkan tips mengatur keuangan rumah tangga.

1. Merencanakan Keuangan Sesuai Kebutuhan Pokok Sebelum Terima Gaji

Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta 0831f

Bukan rahasia lagi kalau ada orang yang menjadikan tanggal gajian sebagai pelampiasan. Biasanya, ini terjadi pada orang yang menerima gaji setiap bulan.

Sah-sah saja melampiaskannya lewat membeli sesuatu atau berlibur untuk bersenang-senang. Hanya saja, kamu juga harus melek keuangan agar gaji bulanan, gaji mingguan, atau gaji harian cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga hari-hari berikutnya.

Biar kamu tidak boros, duduklah di kursi dengan tenang dan pikirkan kondisi keuangan kamu. Lalu, tulis kebutuhan pokok, kebutuhan sosial, atau hobi yang bisa meningkatkan produktivitas keuanganmu.

Dengan selalu berorientasi pada produktivitas, pikiranmu selalu terarah untuk membentuk kebiasaan hemat. Alhasil, kebiasaan boros atau berfoya-foya lebih mudah kamu cegah atau hindari.

2. Atur Keuangan dengan Membuat Alokasi Gaji

Pengaturan Keuangan Rumah Tangga 32fdb

Setelah terbiasa untuk memikirkan dan merencanakan kebutuhan rumah tangga secara proporsional, secara tidak langsung kamu bakal mulai bisa mempertimbangkan dan membuat alokasi keuangan lewat gaji.

Nah, ketika bicara alokasi gaji maka kamu harus mulai memilah kebutuhan setiap anggota rumah tangga. Misalnya, kebutuhan anak, istri, diri sendiri, atau anggota lain yang dalam naungan rumah tanggamu, ya.

Setelah itu, kamu juga harus mengelola keuangan dengan menyadari kebutuhan pokok bulanan seperti makan, pakaian, air, listrik, atau cicilan kredit/utang seperti kendaraan atau rumah.

Sebisa mungkin kamu juga mengalokasikan gaji untuk kegiatan sosial rumah tangga. Contohnya, menjenguk saudara atau tetangga sakit, iuran kegiatan sosial, iuran kebersihan dan keamanan lingkungan, dan hang out bareng teman.

Nah, yang tidak kalah penting ketika hidup berumah tangga adalah punya waktu khusus buat pasangan dan anak. Ini juga harus ada dalam anggaran keuangan rumah tangga, ya.

Tidak perlu mahal-mahal, kok. Meluangkan waktu ke taman kota bareng anak dan pasangan atau kegiatan sederhana lainnya yang tidak berbiaya itu sangat baik untuk menjaga kondisi psikologi rumah tanggamu tanpa membuat kantorng bolong.

3. Disiplin Membelanjakan Uang Sesuai Rencana Keuangan Keluarga

Cara Atur Keuangan Rumah Tangga 8f244

Biar bisa displin dalam keuangan, alokasi kebutuhan rumah tangga harus kamu pisahkan dengan anggaran kebutuhan lain. Contohnya, anggaran keuangan untuk kebutuhan operasional pekerjaan atau tabungan.

Jaka sarankan agar kamu punya rekening khusus untuk memisahkannya. Semisal kamu berada di desa yang hanya ada satu bank, maka kamu tinggal membuka tabungan di koperasi, BPR, atau BMT yang sudah dipercaya.

Nah, secara psikologi otak kamu bakal terkondisikan dengan rekening uang yang benar-benar untuk kebutuhan rumah tangga dan berusaha mengaturnya, nih. Apabila kamu lakukan secara jangka panjang, keuangan rumah tanggamu bisa lebih sehat.

4. Evaluasi Keuangan Rumah Tangga Setiap Bulan

Manusia hanya bisa berencana dan berusaha. Namun, soal keberhasilan mengatur kondisi keuangan untuk rumah tangga itu tergantung kehendak Tuhan.

Sebagai bentuk ikhtiar, kita juga harus melakukan evaluasi pengeluaran tiap bulan, nih. Biasanya, pasti ada kebutuhan mendadak yang tidak bisa kamu hindari sehingga harus ada penyesuaian keuangan keluarga.

Misalnya, kamu tidak ada rencana untuk beli pakaian anak. Namun, tanpa disengaja ada pakaian yang rusak ketika anak bermain. Nah, ini bisa jadi membuat rencana keuanganmu berubah.

Tentu masih banyak lagi yang bisa kamu evaluasi terkait keuangan keluarga secara bulanan, mingguan, atau harian untuk rumah tanggamu. Untuk menyikapi hal ini, dana darurat bisa kamu ambil dari tabungan atau melakukan kompromi agar biaya bisa ditangguhkan bulan berikutnya.

5. Mengatasi Persoalan Keuangan Rumah Tangga

Cara Mengatasi Keuangan Rumah Tangga C778b

Ada yang bilang kalau ilmu itu bagaikan bodyguard alias bisa menjadi penjaga. Sepertinya, ini juga berlaku buat mencari alternatif penghasilan rumah tangga, nih.

Pasalnya, untuk mendapatkan gaji atau penghasilan, kamu pasti harus belajar agar keterampilanmu terasah. Dari sinilah kamu juga harus mengalokasikan anggaran keuangan untuk meningkatkan atau mempelajari keterampialn khusus.

Keterampilan itu bakal berguna banget untuk membuka usaha atau bisnis dan melakukan investasi. Ini juga menjadi faktor penting yang harus kamu miliki untuk merintis peluang penghasilan baru.

Misalnya, kamu bisa memulai bisnis kecil-kecilan dengan menjual barang secara online atau offline, menawarkan jasa, atau menjadi dropshiper alias menjualkan barang atau jasa orang lain dengan imbalan margin tertentu.

Sementara itu, semisal kamu lebih tertarik dengan investasi karena punya gaji yang cukup namun masih sibuk, memilih instrumen investasi keuangan seperti saham, obligasi, reksa dana, sukuk, atau jual beli valas bisa menjadi alternatif, nih.

Nah, salah satu kelebihan memilih instumen keuangan adalah kamu tetap berpotensi mendapatkan penghasilan tanpa harus meninggalkan pekerjaan yang menghasilkan gaji bulanan atau gaji harian. Mantap bener!

Alternatif ini memang cocok banget untuk menambah sumber penghasilan untuk menyokong keuangan rumah tanggamu. Kamu tidak hanya punya gaji dari sumber penghasilan aktif, tapi juga punya gaji dari penghasilan pasif. Keren!

6. Melatih Keterampilan Keuangan untuk Anak

Kebiasaan mengatur atau mengelola keuangan juga bisa kamu terapkan untuk anak-anak. Sebagai orang tua, sebaiknya kamu harus mengerti perilaku dan kepribadian anak sejak dini, ya.

Soalnya, kecerdasan keuangan tentu juga bisa dipengaruhi oleh kepribadian anak. Jalan keluarnya, kamu harus pandai-pandai melakukan pendekatan untuk mengajarkan keterampilan keuangan secara berangsur-angsur.

Sayangnya, cara mengatasi keuangan dalam rumah tangga lewat pendidikan keterampilan keuangan pada anak pun memang perlu perjuangan. Namun, dengan tekad dan kesabaran kamu tetap bisa melakukannya.

Biar tidak bingung untuk melatih keterampilan keuangan anak, Jaka juga punya cara jitu agar anak sekolah bisa menabung Rp1 juta per bulan yang bisa kamu baca, nih.

Kamu tinggal baca artikel tentang cara menabung Rp 1 juta per bulan untuk anak sekolah, ya. Cara ini bakal sangat membantu untuk mengajarkan pengaturan keuangan sejak dini pada anak.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu penjelasan Jaka tetang pengelolaan keuangan untuk rumah tangga, ya. Ingat selalu agar kamu punya tujuan yang produktif untuk menetapkan anggaran keuangan keluargamu!

Yuk, bantu juga teman-teman kamu agar bisa mengelola dan mengajarkan keterampilan keuangan di dalam rumah tangga dengan share artikel ini, ya!

Baca juga artikel Keuangan lainnya dari Nabila Ghaida Zia

ARTIKEL TERKAIT
Tips Menabung Untuk Pelajar 82f03
11 Tips Menabung untuk Pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK | Cepat Terkumpul Banyak
Cara Menabung Unik 16238
7 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat untuk Pelajar | Di Rumah Juga Harus Rajin!
Cara Menabung 1 Juta Per Bulan Untuk Anak Sekolah 6652c
Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah | Muda Banyak Uang
Reksa Dana Tokopedia 6b0bf
Investasi Reksa Dana Tokopedia: Keuntungan, Simulasi, dan Cara Daftar Online Terbaru 2021
Apa Itu Saham Ipo 9df71
Kupas Tuntas Apa Itu Saham, Jenis, Risiko, dan Istilah Lainnya, Newbie Masuk!
Banner1 6bdb1
Mengenal Jenis dan Investasi Obligasi Sebelum Membelinya
Deposito Berjangka Adalah 37f0e
Strategi Deposito: Pengertian Deposito Berjangka, Manfaat & Cara Memilihnya
Investasi Dollar 0ee91
Investasi Dollar: Tips & Instrumen Penghasil Dollar Tercepat & Terbaru 2021
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal