8 Jenis Bunga Pinjaman Pegadaian Konvensional & Syariah | Bunga Nol Persen hingga Juni 2021

Default

Pinjaman Pegadaian seringkali dijadikan alternatif untuk mendapatkan uang dengan mudah dan cepat. Suku bunga pinjaman di Pegadaian biasanya menjadi hal yang banyak dibicarakan di kalangan debitur.

Pegadaian menggunakan perhitungan bunga per 15 hari dengan sistem pembayaran pinjaman yang lunak.

Ketika jatuh tempo pinjaman Pegadaian tiba dan tidak punya uang cukup untuk melunasinya, kamu bisa memperpanjang jatuh tempo kembali selama empat bulan ke depan hanya dengan membayar akumulasi suku bunga.

Di samping itu, kamu tidak harus membayar secara rutin setiap bulan di Pegadaian seperti halnya lembaga pinjaman lain.

Menariknya, sampai dengan bulan Juni 2021, kamu dibebaskan membayar suku bunga pinjaman Pegadaian, nih. Mantap banget!

Biar kamu tidak penasaran, Jaka bakal jelaskan juga jenis-jenis bunga pinjaman yang berlaku di Pegadaian Konvensional dan Pegadaian Syariah.

Yuk, simak penjelasan lengkap dari Jaka tentang jenis bunga Pegadaian sampai tuntas!

Gratis Bunga Pinjaman di Pegadaian

Bunga Pinjaman Pegadaian 141ea

Lewat Program Gadai Peduli, Pegadaian mau membantu masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang tengah lesu saat ini. Program ini sudah berlangsung sejak Mei 2020 dan berakhir pada Desember 2020.

Namun, kabar terbaru memberitahukan bahwa program Gadai Peduli dari Pengadaian sudah kembali diperpanjang hingga Juni 2021.

Menilik dari bisnis.tempo.co, Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto menjelaskan kalau tujuan perpanjangan bunga pinjaman gratis ini adalah untuk membantu masyarakat.

Ngomongin plafon pencairan dana, limit pinjaman dari program ini berkisar mulai dari Rp50 ribu hingga Rp1 juta dan hanya dibatasi untuk satu pinjaman per Kartu Keluarga (KK).

Secara otomatis, sistem Pegadaian bakal mendeteksi KTP nasabah yang sudah mendapatkan program pinjaman tanpa bunga di Pegadaian. Dengan demikian, tidak bakal terjadi pemanfaatan ganda di dalam satu KK.

Syarat Mendapatkan Pinjaman Tanpa Bunga di Pegadaian

Buat kamu yang sudah punya KTP, maka program Gadai Peduli dari Pegadaian bisa kamu dapatkan. Caranya, kamu harus menyiapkan beberapa persyaratan berikut ini.

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Kartu Keluarga (KK).
  3. Barang Gadaian (emas, permata, kendaraan bermotor, barang eletronik, dan barang gudang).
  4. Mengisi formulir dari Pegadaian.

Program ini cocok banget buat ibu-ibu rumah tangga, mahasiswa, buruh, dan kalangan masyarakat lain asalkan punya barang berharga yang layak gadai di Pegadaian.

Jenis Suku Bunga Pegadaian Konvesional

Bunga Pinjam Di Pegadaian 25d05

Pada Pegadaian konvesional, barang gadai tidak harus menggunakan barang fisik. Bahkan, surat-surat berharga seperti portofolio Efek bisa kamu gadaikan dengan bunga pinjaman sesuai dengan jenis produk gadai di Pegadaian.

Untuk lebih jelasnya, Jaka sudah siapkan empat jenis produk Pegadaian dengan rincian bunga pinjaman yang bervariasi.

Oh, iya, berbeda dengan limit dari program Gadai Peduli, layanan pinjaman Pegadaian di luar program itu punya limit pinjaman gadai berkisar Rp50 hingga Rp500 juta. Tentunya, limit ini bergantung dari jenis barang gadai yang kamu jadikan jaminan.

Kamu bisa pelajari dengan teliti sebelum memilih produk gadai untuk mencairkan pinjaman dana dari Pegadaian konvensional berikut ini.

1. Kredit Gadai Sistem Angsuran

Produk Pegadaian ini juga sering disebut Krasida. Krasida adalah produk layanan pinjaman Pegadaian yang menggunakan emas sebagai barang jaminannya.

Limit pinjaman yang ditawarkan mulai dari Rp1 juta hingga Rp250 juta. Pegadaian melakukan taksir emas mencapai 95 persen dari nilai agunan.

Nah, kamu tinggal pilih saja jangka waktu pinjaman ini. Pegadaian sudah menyediakan pilihan tempo mulai dari 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan, hingga 36 bulan.

Ketika kamu memilih Krasida, secara otomatis kamu juga menyetujui pembayaran cicilan pinjaman setiap bulan dengan suku bunga 1,25 persen.

2. Kredit Cepat Aman

Kredit Cepat Aman alias KCA memang dikhususkan untuk semua golongan debitur. Tidak hanya untuk tujuan produktif, produk Pegadaian yang satu ini juga untuk tujuan gadai konsumtif.

Kamu bisa menggunakan barang gadai berupa emas dan permata, eletronik, kendaraan bermotor, dan barang gudang.

Lewat produk gadai ini, kamu bakal dikenakan bunga pinjaman KCA sebesar 1-1,2 persen per 15 hari. Selain itu, kamu juga bakal dibebankan biaya administrasi berkisar Rp2 ribu hingga Rp125 ribu.

Nah, dengan tenor maksimal hingga 120 hari, kamu punya limit pinjaman mulai dari Rp50 ribu hingga Rp100 juta.

3. Kredit Angsuran Sistem Fidusia

Bunga Pinjaman Uang Di Pegadaian Ee7b5

Buat kamu yang sedang mau mengembangkan usaha baik skala usaha mikro ataupun usaha kecil, Pagadaian sudah punya produk khusus yakni kredit angsuran sistem fidusia (Kreasi).

Lebih dari itu, produk Kreasi juga punya dua layanan lain yakni Kreasi Ultara Mikro dan Kreasi Fleksi. Namun, kamu harus punya legalitas usaha dulu dengan bukti berupa SITU, SIUP, dan Surat Keterangan Usaha.

Untuk syarat operasional usaha, bisnis kamu harus sudah berjalan lancar minimal selama 1 tahun.

Soal agunan, kamu bisa menggunakan sepeda bermotor yang berusia maksimal 15 tahun atau mobil dengan usia maksimal 20 tahun. Baik sepeda motor ataupun mobil harus punya surat-surat kelengkapan berkendara secara lengkap.

Ngomong-ngomong tentang tenor, kamu punya waktu maksimal 36 bulan untuk melunasi pinjaman Kreasi. Sementara itu, bunga yang harus kamu bayar berkisar 1-1,15 persen perbulan dan biaya administrasi sebesar 0,5-1 persen per transaksi.

4. Penggadaian Efek

Nah, saat ini kamu juga bisa memilih produk gadai Efek untuk mencairkan dana pinjaman di Pegadaian.

Pegadaian memberikan jangka waktu pinjaman selama 90 hari dan bisa diperpanjang sebelum tanggal jatuh tempo sewaktu-waktu.

Di sisi lain, bunga pinjaman yang harus bayar adalah 15 persen per tahun. Dengan barang gadai berupa saham atau obligasi non-warkat (scriptless) yang sudah tercatat dan diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Di luar bunga pinjaman, Pegadaian juga bakal mengenakan biaya administrasi 0,25 persen, biaya mutasi kustodion Rp49.500, dan biaya disbursement sebesar Rp25.000 per transaksi.

Jenis Suku Bunga Pegadaian Syariah

Bunga Pinjaman Pegadaian Berapa Persen De18e

Semisal kamu takut kena transaksi riba alias pinjaman dengan nilai tambahan berupa bunga, Pegadaian Syariah punya produk keuangan syariah yang bisa kamu manfaatkan.

Kini, terdapat empat produk gadai syariah yang bisa kamu pilih. Biar makin lengkap wawasan soal produk pegadian, yuk cek produk gadai ini secara lebih rinci berikut ini!

1. Amanah

Produk Amanah dari Pegadaian Syariah ini bisa dibilang versi syariah dari produk gadai KCA yang dikhususkan untuk semua kalangan masyarakat baik dengan tujuan produktif ataupun konsumtif.

Seperti halnya jenis agunan yang digunakan untuk Rahn, kamu juga bisa menggunakan kendaraan bermotor baru atau seken.

Bedanya, kamu punya limit pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp450 juta. Ditambah lagi, biaya mu'nah sebesar 0,9 persen dari nilai angunan yang harus dibayar setiap bulan dan dikalikan jangka waktu pinjaman.

2. Rahn

Kalau di Pegadaian konvesional menggunakan bunga, lain halnya dengan Pegadaian Syariah yang menggunakan biaya pemeliharaan (mu'nah).

Barang gadai yang bisa kamu gunakan berupa emas, kendaraan bermotor, laptop, dan HP). Untuk metode pembayaran, kamu bisa membayar cicilan setiap bulan atau dengan membayar biaya mu'nah saja.

Saat pencairan dana pinjaman, Pegadaian Syariah bakal membebankan biaya administrasi mulai dari Rp2 ribu hingga Rp125 ribu dengan tenor mulai 1 hingga 120 hari.

Lewat produk Rahn, Pegadaian Syariah memberikan plafon pinjaman mulai dari Rp50 ribu hingga Rp1 Milyar terhitung dengan mu'nah per 10 hari mulai dari 0,47 persen hingga 0,73 persen.

Sementara itu, biaya administasi yang kamu harus bayar adalah Rp70 ribu untuk sepeda motor dan Rp200 ribu untuk mobil dengan jangka waktu mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan.

3. Arrum Haji

Batas Pinjaman Di Pegadaian 78540

Mau daftar haji tapi uang tabungan masih kurang? Pegadaian Syariah punya produk gadai khusus untuk calon jamaah haji.

Cukup menggunakan KTP dan agunan berupa logam mulia berupa emas, maka dana pinjaman Arrum Haji bisa kamu dapatkan. Simpel banget!

Bicara soal pencairan pinjaman, kamu bisa meminjam dana mulai dari Rp1,9 juta hingga Rp25 juta dengan masa angsuran hingga 5 tahun. Untuk biaya administasi, kamu hanya dikenakan biaya sebesar Rp270 ribu

4. Arrum

Inilah produk gadai versi syariah dari Kreasi buat kamu sebagai seorang pelaku usaha mikro atau kecil yang butuh pinjaman sesuai ketentuan syar'i.

Persyaratannya sama seperti Kreasi, hanya saja limit pinjaman dan biaya mu'nah dari Arrum yang menjadi perbedaan.

Untuk produk Arrum, Pegadaian Syariah bakal kasih plafon pinjaman mulai dari Rp 1 juta hingga Rp400 juta. Sementara pada tarif mu'nah, kamu diwajibkan untuk membayar sebesar 0,7 persen dari nilai barang gadai dan dikalikan dengan jangka waktu pinjaman.

Ditambah lagi, kamu bisa terbebas dari biaya administrasi sebesar 1 persen jika mencairkan dana pinjaman lebih dari Rp100 juta, nih. Menarik, bukan?

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan khusus dari Jaka biar kamu tahu program Pegadaian terkini dan jenis-jenis produk yang ditawarkan. Soal bunga pinjaman di Pegadaian, itu tergantung dari produk gadai yang kamu pilih.

Selanjutnya, tinggal kamu memutuskan untuk memilih produk gadai yang bakal kamu jadikan agunan dengan potensi taksiran dana sesuai kebutuhanmu. Selain itu, pertimbangkan juga besaran suku bunga pinjaman Pegadaian dan tenor sesuai kemampuan pembayaranmu, ya.

Baca juga artikel Pinjaman lainnya dari Nabila Ghaida Zia

ARTIKEL TERKAIT
Cara Investasi Emas Di Pegadaian Feb5a
Cara Menabung Emas di Pegadaian Paling Lengkap, Begini Penjelasannya!
Investasi Emas Online 41602
Aplikasi Investasi Emas Online Terpercaya & Cara Penggunaannya, Praktis!
Uangteman Banner
Astagfirullah! Sekarang Ada Situs Riba Online
Pinjaman Online Cepat Cair 45a7a
10 Pinjaman Online Terpercaya | Dijamin Aman & Langsung Cair!
Cara Mendapatkan Saldo Dana Gratis 9aada
Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis Terbaru 2021 | Terbukti Cuan!
Aplikasi Reksadana Terbaik 8b8eb
7 Aplikasi Reksadana Terbaik 2021, Cuma Modal Rp10 Ribu Doang!
Perbedaan Reksadana Dan Saham D3ff0
6 Perbedaan Reksa Dana dan Saham yang Harus Investor Ketahui
Perbedaan Saham Dan Obligasi 8dcb6
Perbedaan Saham dan Obligasi Terlengkap 2021 | Mana yang Menguntungkan?
Tags Terkait: Financekeuangan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal