Bitcoin Cash: Pengertian & Perbedaannya dengan Bitcoin | Jauh Lebih Murah?

Bitcoin Cash adalah salah satu mata uang kripto (cryptocurrency) yang eksistensinya kini semakin bersinar, tak kalah dari saudaranya, yakni Bitcoin.

Namun, kemunculan Bitcoin Cash ini justru membuat bingung banyak orang karena namanya yang hampir mirip dengan pendahulunya, hanya saja ditambahi embel-embel cash pada akhirannya.

Lantas, apa yang dimaksud Bitcoin Cash? Dan apa perbedaannya antara Bitcoin Cash (BCH) dan Bitcoin (BTC)?

Daripada semakin penasaran, mending langsung simak pembahasan selengkapnya berikut ini, yuk!

Apa Itu Bitcoin Cash?

Apa Yang Dimaksud Dengan Bitcoin Cash 23f55
Sumber foto: Currency

Bitcoin Cash adalah uang eletronik peer-to-peer untuk transaksi virtual di internet yang sepenuhnya terdesentralisasi.

Artinya, tidak melibatkan perantara seperti bank dan tidak membutuhkan pihak ketiga untuk beroperasi.

Dari definisi tersebut, Bitcoin Cash bisa dibilang sangatlah mirip dengan Bitcoin karena memang BCH adalah cryptocurrency yang berasal dari Bitcoin (BTC).

Lantas, mengapa Bitcoin Cash hadir di saat keduanya tidaklah jauh berbeda secara definisi?

Pada dasarnya, Bitcoin Cash muncul dari peristiwa hard fork blockchain Bitcoin yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah skalabilitas melalui penggunaan blok yang lebih besar.

Fork Bitcoin Cash Fc77c
Sumber foto: Seputar Forex

Fork adalah peristiwa yang terjadi di blockchain Bitcoin saat tim pengembang ingin mengubah fitur baru ke sistem programming mata uang digital tersebut.

Balik lagi ke masalah skalabilitas. Transaksi Bitcoin memang hanya bisa dilakukan melalui blok yang hanya dibatasi sebesar 1MB per blok.

Pembatasan ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari terjadinya penipuan yang keamanannya diatur oleh sistem komputer.

Namun, pembatasan tersebut menyebabkan jaringan Bitcoin menjadi lebih lambat dan biaya melakukan transaksi pun jadi lebih mahal.

Dari kondisi itulah fork dilakukan untuk meningkatkan kapasitas blok di blockchain dari 1MB menjadi 8MB, kemudian menjadi 32MB untuk memfasilitasi transaksi yang lebih cepat.

Oleh karena itu, sebagian menilai bahwa Bitcoin Cash adalah alternatif yang lebih cepat dan terjangkau dibandingkan Bitcoin biasa.

Perbedaan BTC dan BCH (Bitcoin vs. Bitcoin Cash)

Diproduksi dari "pabrik" yang sama dengan Bitcoin, lalu apa sih perbedaan antara Bitcoin Cash (BTC) dan Bitcoin (BTC)? Mana pula yang lebih baik?

Nah, untuk tahu lebih jelasnya, Jaka akan membandingkan perbedaan BTC dan BCH dari beberapa aspek berikut ini.

1. Kapasitas Blok

Apa Itu Bitcoin Cash F3360
Sumber foto: Pixabay

Seperti yang sudah Jaka jelaskan sebelumnya, Bitcoin Cash diciptakan untuk meningkatkan kapasitas blok di blockchain menjadi lebih besar, yaitu 8MB per blok. Sementara, kapasitas blok Bitcoin masih terbatas hanya 1MB saja.

Kapasitas blok yang lebih besar tentu akan berdampak pada proses transaksi yang jauh lebih cepat pula, karena memungkinkan lebih banyak transaksi terjadi dalam kurun waktu satu blok tersebut.

Meskipun begitu, ditingkatkannya kapasitas blok ini pun bukan tanpa risiko. Sebagian berpendapat bahwa blok yang lebih besar pada akhirnya akan mengarah pada sentralisasi penambangan.

2. Biaya Transaksi

Perebedaan Bitcoin Dan Bitcoin Cash Afe23
Sumber foto: Wealth and Finance International

Dikarenakan kapasitas blok-nya besar dan memungkinkan lebih banyak transaksi dalam kurun waktu satu blok tersebut, maka biaya transaksi Bitcoin Cash pun lebih murah dibanding saudaranya.

Biaya transaksi rata-rata Bitcoin Cash sendiri sekitar $0,20 dollar AS per transaksi. Sementara untuk Bitcoin, rata-rata sekitar $1 dollar AS per transaksinya.

Meskipun jauh lebih murah, tapi kekhawatiran sebagian orang mengenai Bitcoin Cash yang berpotensi mengarah pada sentralistik pun membuat Bitcoin tetap menjadi idaman.

3. Harga

Harga Bitcoin Cash 100d9
Sumber foto: OMFIF

Aspek harga menjadi pembeda BTC dan BCH yang berikutnya nih, geng. Di mana, harga Bitcoin Cash dinilai serendah 5% dan setinggi 33% dari harga Bitcoin.

Namun, meskipun berada dalam kisaran 10-15% dari harga Bitcoin, biaya Bitcoin Cash mining relatif sama dengan Bitcoin mining.

Ini berarti, seseorang yang melakukan penambangan Bitcoin Cash mendapat untung sekitar 50-60% lebih sedikit daripada orang yang menambang BTC.

Terlepas dari itu semua, nggak bisa dipungkiri bahwa Bitcoin masih menjadi salah satu jenis mata uang digital yang paling banyak diminati dibandingkan BCH.

Bahkan, BTC menduduki peringkat pertama mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia, lho.

4. Hash Rate

Perbedaan Bch Dan Btc 23ece
Sumber foto: Blockchain News

Hash Rate adalah tingkat kecepatan jaringan atau kekuatan komputasi dalam satuan hash per second (H/s), yang dibutuhkan untuk menambang Bitcoin dan melakukan konfirmasi transaksi di dalam Blockchain Proof-of-Work.

Hash Rate merupakan salah satu variabel penting dalam Bitcoin karena sering kali dijadikan tolak ukur untuk menilai sehat tidaknya suatu jaringan Bitcoin.

Menurut data dari situs CoinWarz, Bitcoin Cash memiliki kecepatan hash rate sebesar 1.30 EH/s (Exahash per second). Sementara, untuk Bitcoin sendiri jauh lebih cepat yaitu 163.20 EH/s.

Bitcoin Cash Mining

Bitcoin Cash Adalah 67809
Sumber foto: BitDegree

Mirip seperti Ethereum atau mata uang kripto lain yang beroperasi pada sebuah blockchain, di mana para penambang perlu melakukan verifikasi dan mengkonfirmasi setiap transaksi yang terjadi.

Hal ini pun terjadi pada cryptocurrency Bitcoin Cash. Semua penambang dalam jaringan blockchain Bitcoin Cash berusaha memecahkan kode rumit kriptografi.

Dan siapa yang berhasil memecahkannya, maka mereka akan mendapatkan imbalan berupa Bitcoin Cash dalam jumlah yang sudah ditentukan. Untuk saat ini hingga April 2021 mendatang, miners akan mendapat sebanyak 12.5 BCH.

Akhir Kata

Nah, itulah pembahasan seputar Bitcoin Cash serta perbedaannya dengan Bitcoin yang mungkin belum kamu ketahui.

Intinya, Bitcoin Cash adalah mata uang digital yang dihasilkan dari proses fork dari Bitcoin, yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah skalabilitas.

Dan terbukti, Bitcoin Cash memang menawarkan kapasitas blok yang lebih besar, sehingga proses transaksi jauh lebih cepat. Siapa yang terbaik? Itu balik lagi kepada kepercayaan kamu.

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Ethereum Adalah 36c49
Ethereum: Pengertian, Sejarah Harga, & Cara Mendapatkannya | Bisa Cuan Besar?
Cryptocurrency Adalah Ee021
Cryptocurrency: Pengertian, Fungsi, Kelebihan & Kelemahannya | Bisa Untuk Investasi?
Central Bank Digital Currency 95f39
Saingi Bitcoin, BI Akan Terbitkan Central Bank Digital Currency
Aplikasi Investasi Terbaik Online D6ced
10 Aplikasi Investasi Untuk Pemula Terbaik, Mudah dan Terpercaya!
Keuntungan Investasi Saham 4803a
Hati-Hati! Inilah 7 Risiko & Keuntungan Investasi Saham
Pengertian Indeks Saham Dan Jenis Indeks Saham 7b18f
Pengertian Indeks Saham, Fungsi, dan Jenisnya | Sudah Tahu?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal