Binance Smart Chain: Ulasan, Cara Kerja, & Cara Menggunakan

Default

Binance Smart Chain (BSC) sempat membuat heboh dunia investasi cryptocurrency karena perkembangannya yang pesat, terutama dalam hal jumlah transaksi dan harga token. Lantas, apa itu Binance Smart Chain?

Jika kamu sudah lama berkecimpung di dunia investasi kripto, kamu pasti tidak asing lagi dengan Binance Coin (BNB), kan? Popularitas aset kripto satu ini memang sempat melejit sepanjang 2021.

Saat ini, kapitalisasi pasar Binance Coin (BNB) sudah mencapai Rp917 miliar dan menempati posisi ke-empat cryptocurrency terpopuler di dunia. Namun, apa hubungan koin BNB dengan Binance Smart Chain?

Nah, untuk kamu yang masih bingung dan ingin tahu lebih banyak, berikut ini Jaka sajikan penjelasan mengenai apa itu Binance Smart Chain dan cara kerjanya. Langsung cek di bawah ini, yuk!

Apa itu Binance Smart Chain?

Binance Smart Chain 4eb43
Sumber foto: binance.com

Apa arti BSC? Binance Smart Chain (BSC) adalah blockchain rancangan Binance yang berfokus untuk memfasilitasi trading cryptocurrency secara cepat dan terdesentralisasi dengan adanya kontrak pintar atau smart contract.

BSC berjalan berdampingan dengan Binance Chain (BC) secara paralel. Namun, tidak seperti Binance Chain, BSC menawarkan fungsionalitas smart chain dan kompatibilitas dengan Ethereum Virtual Machine (EVM).

BSC bertujuan untuk menjaga throughput dari Binance Chain tetap tinggi, sambil memperkenalkan smart contract ke dalam ekosistemnya. Meski begitu, BSC bukanlah Layer 2 maupun off-chain.

Pasalnya, meskipun BSC dan BC memiliki kemiripan dari segi desain, pada kenyataannya BSC merupakan blockchain independen yang tetap bisa beroperasi, bahkan jika Binance Chain sedang offline.

Sebagai catatan, fokus yang melekat pada teknologi blockchain membuat BSC tidak fleksibel seperti blockchain lain, yakni bisa digunakan untuk membangun beberapa program di atasnya memanfaatkan smart contract.

Smart contract dalam sistem yang dioptimalkan untuk perdagangan cepat bisa membuat jaringan menjadi padat. Contohnya, pada puncak popularitas Cryptokitties, game ini sempat membuat blockchain Ethereum terhenti.

Bagaimana Cara Kerja Binance Smart Chain?

Binance Smart Chain Wallet 63012
Sumber foto: binance.com

Binance Smart Chain menggunakan Proof-of-Stake sebagai algoritma konsensus yang membuat BSC mampu mencapai ~3 detik waktu blok. BSC juga menggunakan sistem Proof-of-Staked Authority (PoSA), yakni gabungan model bukti kepemilikan dan bukti otoritas.

Dengan sistem ini, para peserta di BSC network melakukan staking BNB untuk menjadi validator. Kemudian, mereka akan menerima bagian dari biaya transaksi jika memvalidasi blok yang disetujui di jaringan.

Binance menggunakan dual-chain agar pengguna dapat mentransfer aset dari satu rantai blockchain ke blockchain lainnya. Dengan begitu, trading crypto yang cepat bisa dilakukan di Binance Chain, sementara dApps yang kuat dapat dibangun di BSC.

Tidak hanya itu, BSC Coin BEP-2 dan BEP-8 dari Binance Chain juga bisa ditukar dengan token BEP-20, standar yang diperkenalkan untuk BSC Wallet dan ekosistemnya. Memindahkan token dari satu chain ke chain lain juga bisa dilakukan dengan mudah.

Selain transfer aset kripto, platform ini juga bisa diandalkan untuk transaksi NFT (Non-Fungible Token). Dengan begitu, kamu bisa membeli dan menjual NFT di Binance dengan praktis melalui Binance Smart Chain Wallet.

Apa Saja Token yang Berlaku di Binance Smart Chain?

BSC menjadi ekosistem yang luas untuk melakukan transaksi aset kripto, termasuk jual beli NFT. Di sini, kamu bisa dengan mudah menemukan koleksi NFT termahal di dunia dengan harga fantastis.

Yang tidak kalah menarik perhatian, BSC juga menjadi wadah untuk berbagai aplikasi dan game terdesentralisasi. Ada beberapa token dari metaverse dan game NFT terbaik yang paling berjaya di BSC. Apa saja?

1. Bomb Crypto

Bomcrypto Eca2a

Bomb Crypto adalah game blockchain dengan token khusus bernama BCOIN sebagai salah satu NFT token terpopuler di BSC. Di sini, kamu akan memainkan berbagai karakter yang merupakan aset NFT.

Setiap karakter di Bomb Crypto juga dilengkapi berbagai atribut seperti Power, Speed, Stamina, dan lainnya. Hero NFT ini bertugas untuk melakukan pengeboman ke blok lawan secara otomatis.

2. MOBOX

Mobox Nft Farmer Pengertian Fd872

MOBOX adalah game NFT Binance yang berfokus pada mining NFT. Pemain bisa membeli karakter untuk mining dan mengumpulkan koin MBOX, salah satu token game paling cuan di BSC.

MOBOX: NFT Farmer menggabungkan mekanisme game, NFT, dan DeFi ke dalam ekosistemnya. Pemain dapat membuat strategi untuk mengoptimalkan hasil perolehan dalam game agar bisa mendapat NFT langka.

3. Elfin Kingdom

Cara Daftar Game NFT Elfin Kingdom 7ea59

Elfin Kingdom adalah game MMORPG dengan berbagai aset NFT dan misi yang bisa menghasilkan keuntungan. Game ini memiliki gameplay yang mirip dengan game Pokemon.

Kamu dapat memilih peran dan memulai petualangan untuk menangkap beragam karakter Elfin sebagai aset NFT. Ciptakan petualanganmu sendiri untuk menyelesaikan pencarian dan menjadi yang terbaik!

4. SecondLive

Https Secondlive World Emailsetting 870a2

SecondLive dikemas layaknya sebuah game 3D dengan avatar yang bisa dikustomisasi sesuai keinginan. Avatar inilah yang nantinya akan kamu gunakan untuk menjelajahi metaverse SecondLive.

Di sini, kamu akan dibawa ke suatu tempat yang bakal terlihat seperti convention. Kamu pun bisa melihat berbagai komunitas kripto dan bertemu dengan para pemain lain secara virtual.

5. Thetan Arena

Thetan Arena 1 0cad0

Token metaverse di BSC yang juga tidak kalah legit adalah Thetan Arena (THG). Game ini merupakan yang paling populer dan unik karena mengusung format gameplay MOBA yang digabungkan dengan basis NFT.

Thetan Arena menampilkan model pertempuran epik di mana pemain saling berhadapan dan menggunakan berbagai macam keterampilan maupun kemampuannya untuk mengecoh lawan.

Bagaimana Cara Menambahkan BSC ke MetaMask?

Cara Menambahkan Bsc Ke Metamask 0c954
Sumber foto: coinmarketcap.com

Saat pertama menggunakan MetaMask dan membuat akun, jaringan default dalam dompet ini adalah Ethereum. Untuk itu, kamu harus menambahkan BSC ke dalam MetaMask dengan mengikuti langkah-langkah berikut!

  1. Buka Metamask dan login ke akunmu.
  2. Pilih jaringan pada bagian tengah atas ekstensi.
  3. Klik opsi Tambahkan Jaringan.
  4. Isi data untuk menambahkan jaringan dengan mengikuti settingan di bawah ini:

Nama Jaringan: BSC Mainnet

URL RPC Baru (pilih salah satu):

  • https://bsc-dataseed1.binance.org/
  • https://bsc-dataseed2.binance.org/
  • https://bsc-dataseed3.binance.org/
  • https://bsc-dataseed1.defibit.io/
  • https://bsc-dataseed2.defibit.io/
  • https://bsc-dataseed3.defibit.io/
  • https://bsc-dataseed1.ninicoin.io/
  • https://bsc-dataseed2.ninicoin.io/
  • https://bsc-dataseed3.ninicoin.io/

ID Rantai: 56

Simbol (opsional): BNB

URL Block Explorer (opsional): https://bscscan.com/

  1. Jika sudah sesuai, klik Simpan.
  2. Selesai, jaringan BSC sudah berhasil ditambahkan di MetaMask.

Bagaimana Cara Menambahkan BSC ke Trust Wallet?

Cara Menambahkan Bsc Ke Trust Wallet 7027a
Sumber foto: binance.com

Selain MetaMask, Trust Wallet juga merupakan salah satu crypto wallet terbaik dan terpopuler saat ini. Kamu bisa menambahkan BSC ke Trust Wallet dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini!

  1. Buka Trust Wallet dan login ke akunmu.
  2. Klik menu Wallet dan pilih Smart Chain.
  3. Tekan tombol Receive untuk mendapatkan alamat setoran.
  4. Salin alamat atau pindai QR code untuk mendapatkan token BNB atau BEP-20.
  5. Selesai. Jaringan BSC kini sudah tersedia di Trust Wallet milikmu.

Setelah berhasil menambahkan BSC ke dalam dompet yang kamu gunakan, kini kamu bisa langsung melakukan cara deposit Binance melalui platform kripto Indonesia seperti Pintu dan Tokocrypto.

Akhir Kata

Binance Smart Chain memperluas fungsionalitas Binance Chain dalam skala besar. Dengan menghadirkan kompatibiltas EVM dan staking BNB, BSC menjadi platform yang ideal untuk membangun aplikasi terdesentralisasi.

Baca juga artikel seputar Crypto Blockchain, DApps, NFT, atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Metamask Ebee6
Download MetaMask Terbaru 2022, Lengkap dengan Cara Daftar!
Cryptokitties 6f867
CryptoKitties: Cara Main dan Mendapatkan CryptoKitty Termahal
Download Axie Infinity Apk Banner Fix 69d4c
Download Axie Infinity APK v1.2.5 Terbaru 2022, Rawat Pet Virtual & Hasilkan Cuan!
The Sandbox 9f685
The Sandbox: Penjelasan, Cara Main, & Menghasilkan Token SAND
Rise City Nft 33b2e
Rise City NFT: Panduan Lengkap dan Cara Menambang Kripto
Kaka Nft World C782a
KAKA NFT World: Cara Daftar, Main, & Menghasilkan Kripto
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal