J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Pengertian Asuransi, Risiko, Manfaat, & Jenisnya | Kamu Tertarik?

Kamis, 18 Mar 2021, 14:00 WIB
Asuransi adalah solusi terbaik untuk mengalihkan risiko kerugian dari suatu peristiwa yang terjadi. Kenali manfaat, jenis, hingga elemen asuransi di sini!

Mendaftar asuransi adalah salah satu bentuk usaha yang dilakukan seseorang untuk menghindari faktor risiko.

Risiko dalam asuransi sendiri diartikan sebagai ketidakpastian akan terjadinya suatu peristiwa yang dapat menimbulkan kerugian ekonomi. Seperti misalnya pencurian, kebakaran, hingga kecelakaan.

Meskipun berbagai cara pastinya dilakukan untuk dapat terhindar dari sejumlah risiko tersebut, tapi pada kenyataannya tidak ada kehidupan yang seutuhnya aman dari gangguan yang mungkin hadir di masa depan.

Oleh karenanya, nggak heran kalau asuransi menjadi sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan semua orang.

Nah, untuk tahu lebih jelasnya mengenai apa itu asuransi dan pembahasan terkait lainnya, kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Asuransi

Asuransi Adalah D360f
Sumber foto: AAUI Semarang

Berdasarkan penjelasan singkat mengenai risiko di atas, dapat diartikan bahwa asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan atau mentransfer risiko dari satu pihak ke pihak lain.

Dalam hal ini, pihak lain yang dimaksud adalah perusahaan asuransi.

Pengalihan risiko sendiri dilakukan dengan pembayaran klaim, yang diberikan oleh pihak asuransi kepada pihak tertanggung yang mendapat kerugian dari suatu peristiwa atau keadaan yang diasuransikan.

Meskipun asuransi nggak sepenuhnya dapat menghentikan potensi risiko yang mungkin terjadi pada diri atau aset seseorang, tetapi setidaknya asuransi dapat mengurangi dampak kerugian yang ditimbulkan.

Karena alasan itu pula, layanan asuransi kini semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Termasuk salah satunya yaitu pelayanan BPJS Kesehatan yang disediakan oleh pemerintah.

Selain karena biaya premi-nya yang jauh lebih murah dibandingkan asuransi swasta, program BPJS Kesehatan pun bersifat wajib bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI).

Elemen dalam Asuransi

Dalam asuransi, kita akan mengenal tiga jenis elemen yang menjadi pedoman utama mekanisme pereduksian risiko yang perlu diperhatikan.

Ketiga elemen tersebut meliputi premi, polis asuransi, dan klaim. Di mana, ternyata masih banyak orang yang belum memahami arti dari masing-masing istilah tersebut.

Kamu termasuk salah satunya? Kalau gitu, yuk, langsung simak pembahasannya berikut.

1. Premi

Premi Asuransi 305bd
Sumber foto: DosenPendidikan

Premi asuransi adalah sejumlah dana yang akan ditarik oleh perusahaan asuransi sebagai jasa pengalihan risiko yang diinginkan.

Dengan kata lain, premi adalah kewajiban yang harus dibayar tertanggung kepada pihak asuransi untuk mendapatkan manfaat pengalihan risiko dari pihak asuransi.

Jumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya dapat berbeda-beda, tergantung perusahaan asuransi dan jenis produk asuransi yang kamu pilih.

2. Polis Asuransi

Asuransi Jiwa Adalah 3ed70
Sumber foto: Car

Polis asuransi adalah kesepakatan antara kedua belah pihak, yaitu penanggung dan tertanggung. Perjanjian inilah yang menjadi dasar untuk membayar ganti rugi kepada tertanggung dari kerugian yang dialaminya.

Intinya, polis berisi segala ketentuan yang menjamin apa saja kerugian yang ditanggung oleh pihak asuransi hingga informasi data tertanggung secara jelas.

Polis biasanya dibuat dalam bentuk tertulis baik kertas maupun digital, dan tertanggung yang telah membayar premi memiliki hak untuk mendapat polis tersebut.

3. Klaim

Manfaat Asuransi E5176
Sumber foto: Uangonline

Klaim asuransi adalah permohonan resmi yang diajukan nasabah terhadap perusahaan asuransi, dengan tujuan untuk melakukan pembayaran sebagai bentuk ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan berdasarkan ketentuan polis asuransi.

Jika kerugian yang dialami nasabah terdapat pada polis asuransi, maka mereka bisa mengajukan klaim asuransi. Begitu pun sebaliknya.

Nantinya, perusahaan asuransi akan membayarkan jumlah tertentu untuk penggantian rugi yang sudah disepakati sejak awal.

Manfaat dan Kekurangan Asuransi

Perusahaan Asuransi Adalah 5c39e
Sumber foto: liputan6

Bukan cuma kegiatan investasi saja yang jelas-jelas memberikan potensi untung rugi bagi pemiliknya, mendaftar produk asuransi pun rupanya memilki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Oleh karenanya, buat kamu yang tertarik untuk mendaftar asuransi, kamu wajib mengetahui sejumlah manfaat dan kelemahannya berikut.

Manfaat Asuransi

Asuransi tentu membawa sejumlah fungsi dan manfaat bagi pendaftarnya. Berbagai manfaat dari mendaftar asuransi ini adalah alasan mengapa orang tertarik untuk menggunakannya.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari asuransi?

  • Menghadirkan rasa aman dan perlindungan bagi seseorang.
  • Meminimalisir risiko kerugian yang mungkin ditimbulkan dari suatu peristiwa.
  • Memberikan kepastian dari risiko yang bersifat tidak pasti.
  • Dapat digunakan sebagai sarana menabung dan investasi, dikarenakan beberapa fasilitas asuransi memiliki nilai tunai jika tidak terpakai.
  • Polis asuransi (asuransi jiwa) dapat dijadikan sebagai jaminan dalam perjanjian kredit.

Kekurangan Asuransi

Selain sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari asuransi, tapi asuransi juga membawa beberapa kelemahan yang menjadi alasan banyak orang menghindarinya.

Hal ini cukup wajar terjadi sama halnya seperti saat kamu investasi saham. Namun, apa sajakah kekurangan dari asuransi?

  • Dana hangus apabila nasabah berhenti dan tidak bisa lagi membayar premi sesuai kesepakatan.
  • Lingkup pengajuan klaim terbatas.
  • Tidak ada pengawasan Dewan Syariah.

Jenis-Jenis Asuransi

Asuransi pada dasarnya dibedakan ke dalam dua kategori; Asuransi berdasarkan penyelenggaranya dan asuransi berdasarkan obyek asuransinya.

Selain itu, masing-masing pun memiliki beberapa jenis asuransi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Nah, berikut adalah pembahasan selengkapnya agar kamu lebih paham.

Jenis Asuransi Berdasarkan Penyelenggaranya

Jenis Asuransi 029be
Sumber foto: Medcom

Jika dilihat dari segi penyelenggaranya, asuransi sebenarnya digolongkan menjadi dua jenis; Asuransi umum dan swasta.

Apakah perbedaan dari keduanya? Mending simak pengertiannya berikut ini.

  1. Asuransi Umum (Public Insurance), adalah jenis asuransi yang umumnya didanai melalui anggaran pemerintah dan meliputi jaminan sosial, pengobatan (medicare), asuransi cacat, dan sejenisnya.

  2. Asuransi Swasta (Private Insurance), adalah semua jenis pertanggungan yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi swasta kepada masyarakat untuk mereduksi risiko.

Jenis Asuransi Berdasarkan Obyek Asuransinya

Fungsi Asuransi Adalah B4c0b
Sumber foto: Kompas

Jika selama ini kamu mengira bahwa asuransi hanya menjamin kerugian yang diakibatkan oleh penurunan kesehatan seseorang, kamu salah besar, geng.

Asuransi juga dilihat dari obyek asuransinya dan dibedakan menjadi dua jenis. Berikut adalah masing-masing penjelasannya.

  1. Asuransi Jiwa (Life Insurance), adalah jenis asuransi yang obyek tertanggungnya adalah kehidupan orang itu sendiri.

  2. Asuransi Umum (General Insurance), adalah kontrak yang menawarkan kompensasi finansial atas kerugian yang dialami oleh tertanggung selain kematian (aset yang dimiliki tertanggung).

Ingin tahu mengenai jenis-jenis asuransi secara lebih lanjut? Yuk, baca artikel Jaka yang satu ini!

Jenis Asuransi 24a08
Jenis-Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia | Jangan Salah Pilih!
Tertarik untuk mendaftar asuransi? Mending kenali dulu jenis-jenis asuransi beserta manfaatnya berikut ini. Awas, jangan salah pilih!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Nah, itulah pembahasan kali ini seputar pengertian asuransi, manfaat dan kelemahannya, elemen dalam asuransi, hingga jenis-jenisnya yang wajib kamu ketahui.

Dengan memahami betul seluk beluk asuransi, kamu pun jadi dapat memutuskan apakah kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya cocok dengan tujuanmu.

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 01 13t221152 080 22b7f
10 Cara Main Saham untuk Pemula, Jangan Takut Gagal Lagi!
Aplikasi Simulasi Trading Saham Untuk Pemula 1b0b8
8 Aplikasi Simulasi Trading Saham Terbaik Android | Anti Rugi!
Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil 518be
Cara Investasi Saham Online untuk Pemula, Lengkap dengan Tips Biar Cuan!
Cara Melihat Harga Saham Di Idx 60b43
Cara Melihat Harga Saham di IDX Terbaru 2021 dan Paling Mudah
Cara Beli Saham Bri Online 17998
Cara Beli Saham BRI Danareksa Sekuritas Untuk Pemula | Siap-Siap Cuan!
Saham Blue Chip 7ae6a
10 Saham Blue Chip Paling Prospektif dan Layak Dibeli
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal