J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ripple (XRP): Pengertian, Manfaat, & Karakteristiknya | Alternatif Terbaik Bitcoin?

Senin, 22 Mar 2021, 10:00 WIB
Ripple adalah salah satu aset digital dengan mata uang bernama XRP yang kini sangat populer. Apa itu Ripple? Cari tahu jawabannya di sini!

Selain Bitcoin dan Ethereum, Ripple adalah salah satu aset digital yang popularitasnya terus merangkak naik akhir-akhir ini. Bahkan, persentase kenaikan harganya meroket nyaris 150% pada Februari lalu.

Oleh karenanya, tak heran jika Ripple menjadi primadona baru yang dilirik banyak orang untuk digunakan sebagai instrumen investasi layaknya Bitcoin.

Terlebih, harga Ripple pun masih jauh lebih murah dibandingkan Bitcoin, yang sudah mencapai ratusan juta per kepingnya, tapi dengan persentase kenaikan yang nggak kalah menggiurkan.

Gimana, kamu juga tertarik untuk membelinya? Eits, tunggu dulu! Mending kamu pahami dulu apa yang dimaksud Ripple dalam artikel kali ini.

Apa Itu Ripple?

Ripple Adalah 6dcb7
Sumber foto: Bitcoinist

Pada dasarnya, Ripple bukanlah nama jenis mata uang kripto seperti yang banyak dikenal masyarakat saat ini. Melainkan nama sebuah perusahaan Amerika Serikat, Ripple Labs.

Ripple Labs dibangun dengan tujuan untuk menyediakan cara yang lebih efisien untuk pembayaran lintas batas di industri keuangan, khususnya di sektor perbankan.

Meskipun begitu, Ripple memiliki mata uang kripto yang disebut XRP. XRP ini lah yang kemudian banyak diperdagangkan dan menjadi primadona baru mata uang kripto di masyarakat.

Dengan kata lain, Ripple adalah network yang memungkinkan pengiriman mata uang digital antara dua pihak dengan waktu sangat cepat.

Oleh karena itu, XRP dinilai lebih efisien karena akan mengurangi biaya yang dibutuhkan ketika transfer uang menggunakan cara konvensional pada umumnya.

Apalagi, kamu pun bisa menukarkan sejumlah mata uang fiat (sah) seperti dollar, rupiah, ataupun lainnya ke dalam bentuk XRP untuk menikmati kelebihan yang ditawarkannya tersebut.

Ripple sendiri diciptakan pada tahun 2012 silam dengan mengadopsi teknologi blockchain seperti Bitcoin atau jenis mata uang digital lainnya.

Tujuan Diciptakannya Ripple (XRP)

Ripple Xrp Harga 9e5c1
Sumber foto: Financial Times

Meskipun sama-sama mengadopsi teknologi blockchain seperti Bitcoin, tapi Ripple sebenarnya memiliki tujuan lain yaitu sebagai pelengkap penggunaan mata uang kripto lainnya.

Artinya, Ripple bertindak sebagai exchanger terhadap mata uang fiat (dollar, rupiah, euro, dan lainnya), mata uang kripto (BTC, ETH, dan lainnya), hingga komoditas (emas dan perak).

Sehingga, bisa disimpulkan bahwa tujuan utama diciptakannya Ripple adalah sebagai alat pembayaran global berbasis Internet Protocol.

Dengan begitu, kamu pun tidak perlu membeli mata uang kripto XRP saat ingin bertransaksi di jaringan blockchain Ripple, karena Ripple telah didesain khusus untuk melakukan pengiriman dan penerimaan pembayaran Cross-Chain Universal.

Meskipun berbasis Internet Protocol seperti HTTP dan TCP/IP yang banyak digunakan dalam pengaturan website, kamu nggak perlu khawatir soal keamanannya, geng.

Pasalnya, penggunaan Ripple (XRP) dinilai sangat aman karena memiliki perlindungan jaringan dari penyalahgunaan dengan sistem Shared Ledger dari akun ke akun.

Manfaat Ripple

Ripple Artinya 699ac
Sumber foto: Toshi Times

Setelah mengetahui apa itu Ripple dan tujuan diciptakannya, pasti kamu sudah dapat sedikit memahami mengenai sejumlah fungsi dan manfaat Ripple itu sendiri, kan?

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut Jaka berikan beberapa manfaat Ripple yang bisa kamu simak dalam poin-poin di bawah ini:

  • Transaksi berupa transfer, penukaran mata uang, hingga pembayaran jauh lebih mudah dan cepat. Bahkan, hanya dalam hitungan detik saja.
  • Mudah dijangkau oleh semua pengguna yang memiliki akses internet.
  • Protokol penukaran uang Cross-Chain Universal yang sangat memudahkan transaksi.
  • Mata uang Ripple yaitu XRP dapat difungsikan sebagai investasi.
  • Proses transaksi dinilai lebih aman.

Karakteristik Ripple

Ripple Harga A80c0
Sumber foto: Crytopolitan

Meskipun sering dianggap sama dengan jenis mata uang kripto (cryptocurrency) lainnya, padahal kenyatannya masing-masing memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya tidaklah sepenuhnya sama.

Hal ini berlaku pula untuk Ripple. Di mana, Ripple (XRP) memiliki sejumlah karakteristik khusus yang membuatnya berbeda dengan cryptocurrency lain.

Lalu, apa sajakah karakteristik Ripple? Berikut pembahasannya.

  • Bertindak sebagai exchanger antara berbagai jenis mata uang lainnya.
  • Dirancang sebagai alat pembayaran global, bukan mata uang global.
  • Memiliki mata uang kripto bernama XRP.
  • Mata uang XRP tidak dapat ditambang (mining).
  • Bersifat sentralisasi, artinya menggunakan pihak ketiga yakni perusahaannya dan beberapa pihak lain untuk melakukan validasi dalam transaksi.
  • Jumlah maksimum XRP yang telah dicetak dan beredar di pasar adalah 100 miliar. Di mana, separuhnya disimpan oleh Ripple Labs.

Akhir Kata

Nah,itulah pembahasan mengenai Ripple yang belakangan menjadi sangat populer di kalangan masyarakat, termasuk di Indonesia.

Bagi kamu yang berminat, Ripple adalah salah satu pilihan menarik selain Bitcoin atau pun Ethereum. Terlebih, harganya yang tidak sampai 1 dollar AS pada Februari lalu pun masih sangat jauh lebih rendah dibanding Bitcoin yang sudah mencapai puluhan ribu dollar.

Namun, ingat juga bahwa semua mata uang digital memiliki manfaat dan risikonya masing-masing, terutama saat kamu menggunakannya sebagai investasi.

Baca juga artikel seputar Finansial atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita

ARTIKEL TERKAIT
924968c50bb3467551fb0ad69b63904a
5 Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis di Android | Cepat & 100% Berhasil!
Cryptocurrency Adalah Ee021
Cryptocurrency: Pengertian, Fungsi, Kelebihan & Kelemahannya | Bisa Untuk Investasi?
Bitcoin 28d9b
7 Cryptocurrency Paling Mahal Selain Bitcoin, Punya 1 Perak Bikin Tajir Melintir!
Central Bank Digital Currency 95f39
Saingi Bitcoin, BI Akan Terbitkan Central Bank Digital Currency
Investasi Bitcoin 93e18
Bill Gates Peringatkan Soal Investasi Bitcoin | Waspadai Hal Ini!
Harga Bitcoin Indonesia Bb045
Cetak Rekor, Bitcoin Bisa Bikin Kaya Mendadak! | Bisa Buat Beli Apa Saja?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal