Apa Itu Airdrop Crypto? Ini Penjelasan dan Cara Mendapatkannya

Default

Airdrop menjadi salah satu aset crypto yang banyak dicari oleh para investor di dunia investasi satu ini. Dengan airdrop, seseorang atau suatu komunitas akan mendapatkan keuntungan secara gratis.

Dalam dunia cryptocurrency, kamu bisa mendapatkan koin atau token kripto gratis dengan airdrop. Singkatnya, airdrop adalah pemberian aset kripto oleh pemilik secara gratis kepada komunitas atau individu.

Jadi makin penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang airdrop dan bagaimana cara mendapatkannya? Tenang, kamu bisa simak penjelasan mengenai apa itu airdrop pada artikel Jaka berikut ini!

Apa Itu Airdrop?

Airdrop Adalah 33f2d
Sumber foto: medium.com

Apa yang dimaksud airdrop? Airdrop adalah pemberian crypto asset pada individu atau komunitas secara gratis. Karena diberikan secara cuma-cuma, airdrop biasanya menjadi salah satu aktivitas promosi dalam marketing.

Airdrop bisa didapatkan melalui berbagai cara, salah satunya membeli aset kripto lewat ICO (Initial Coin Offering) atau penawaran koin awal sebelum di bursa menunjukkan listing yang resmi.

Ketika melakukan airdrop, token biasanya disiapkan untuk pemegang blockchain yang sudah ada sebelumnya, seperti Bitcoin atau Ethereum.

Tujuan airdrop adalah meningkatkan awareness masyarakat terhadap aset kripto baru. Bisa juga untuk meningkatkan volume trading di platform exchange ketika pertama kali meluncur ke bursa.

Dengan pemberian aset kripto secara gratis, para trader diharapkan dapat memiliki kesadaran yang meningkat. Dengan begitu, nantinya saat aset terdaftar di bursa, harganya bisa melambung dalam waktu cepat.

Cara Mendapatkan Airdrop Crypto Gratis

Airdrop Crypto 44e18
Sumber foto: academy.binance.com

Setelah mengetahui apa itu airdrop, kamu pasti penasaran bagaimana cara mendapatkan uang dari airdrop, kan? Untuk mendapatkannya, ada cara yang bisa dicoba berdasarkan jenis airdrop seperti di bawah ini!

1. Standard Airdrop

Airdrop jenis ini hanya mengharuskan kamu mendaftar untuk mendapatkan update atau newsletter melalui situs penyedia. Kamu hanya perlu mendaftarkan nama dan alamat email saja.

2. Bounty Airdrop

Untuk mendapat pembagian airdrop ini biasanya kamu hanya diminta untuk repost, forward, atau retweet link web penyedia airdrop. Lalu, ajak followers kamu untuk ikut bergabung dalam acara yang diselenggarakan oleh pemberi airdrop.

3. Holder Airdrop

Cara ini mengharuskan kamu untuk memiliki aset kripto tertentu yang disimpan di crytpo wallet seperti Bitcoin (BTC) atau Ethereum (ETH). Kamu akan menerima aset yang di-airdrop sesuai dengan rasio yang ditetapkan oleh pihak penyedia.

4. Exclusive Airdrop

Kegiatan pembagian aset secara eksklusif ini bisa dibilang mirip giveaway. Kegiatan ini biasanya dikelola oleh situs web dan akun media sosial dengan banyak followers. Sebagai pengikut akun medsos tersebut, kamu berhak berpartisipasi dalam airdrop eksklusif ini.

Penipuan Berkedok Airdrop

Airdrop Crypto 2022 Ec7c3
Sumber foto: bitcoinmagazine.com

Saat ada event airdrop crypto 2022, Jaka sarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu soal keamanannya, geng. Sebab, saat ini ada banyak modus penipuan terbaru berkedok airdrop seperti berikut ini!

1. Pencurian Data

Biasanya, penipu akan meyakinkan korbannya untuk mau mengakses suatu website atau link yang sebenarnya merupakan suatu jebakan. Di website tersebut, seluruh data pribadi korban akan dikumpulkan.

Data yang dicuri mencakup alamat email, media sosial, hingga crypto wallet lengkap dengan kata sandinya. Data-data tersebut nantinya bisa dijual oleh penipu kepada pihak ketiga atau dimanfaatkan untuk phishing.

2. Pencurian Private Key

Setiap dompet kripto memiliki public key dan private key. Public key adalah kunci yang bisa dibagikan ke pengguna lain untuk melakukan transaksi. Sementara private key bersifat rahasia dan tidak boleh diketahui orang lain.

Biasanya dalam pengiriman airdrop, perusahaan yang akan membagikan aset kripto akan meminta public key, bukan private key. Memberikan private key pada orang lain berarti membuka peluang bagi wallet kamu untuk diretas.

3. Pencurian Referral

Banyak platform yang memanfaatkan kode referral untuk meningkatkan jumlah pengguna atau transaksi pada bisnisnya. Biasanya, mereka meminta kamu untuk mengisi formulir dalam sebuah website.

Setelah itu, data pribadi yang kamu isi akan dipakai untuk registrasi akun pada platform berbeda. Jika dipakai untuk penipuan, mereka akan memakai kode referral milikmu dengan tujuan memperoleh keuntungan pribadi.

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai airdrop crypto yang bisa kamu coba untuk mendapatkan koin dan token kripto gratis. Jangan lupa pastikan keamanannya sebelum kamu berburu airdrop gratis, ya!

Baca juga artikel seputar Yulgang Global, Crypto Blockchain, DApps, NFT, atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Metamask Ebee6
Download MetaMask Terbaru 2022, Lengkap dengan Cara Daftar!
Cryptokitties 6f867
CryptoKitties: Cara Main dan Mendapatkan CryptoKitty Termahal
Download Axie Infinity Apk Banner Fix 69d4c
Download Axie Infinity APK v1.2.5 Terbaru 2022, Rawat Pet Virtual & Hasilkan Cuan!
The Sandbox 9f685
The Sandbox: Penjelasan, Cara Main, & Menghasilkan Token SAND
Rise City Nft 33b2e
Rise City NFT: Panduan Lengkap dan Cara Menambang Kripto
Kaka Nft World C782a
KAKA NFT World: Cara Daftar, Main, & Menghasilkan Kripto
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal