Wow! 5 Jenis Linux ini Bisa Gantikan Windows

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 29 November 2016, 19:30
Jenis-jenis Linux yang bisa kamu pakai sehari-hari layaknya Windows ataupun Macintosh. Berikut jenis-jenis dari Linux yang bisa gantikan Windows..

Saat mendengar kata Linux, apa sih yang ada dalam benak kamu? Programer, hacker atau geek? Itulah rata-rata yang terlintas dalam benak masyarakat pada umumnya mengingat Linux ini merupakan jenis Operating System Open Source yang memang banyak digunakan oleh pakar IT (Informasi Teknologi).

Pasalnya, Linux memang belum familiar di masyarakat, berbeda dengan Windows ataupun Macintosh yang sudah menjamur.

Namun, ternyata ada loh jenis-jenis Linux yang bisa kamu pakai sehari-hari layaknya Windows ataupun Macintosh. Bahkan jenis-jenis Linux ini dapat kamu pertimbangkan sebagai alternatifnya. Berikut jenis-jenis dari Linux yang bisa gantikan Windows dan dapat kamu pakai sehari-hari.

BACA JUGA
  • Kumpulan Perintah Dasar di LINUX yang Wajib Kamu Ketahui
  • 10 Alasan Kenapa Hacker Memilih Linux daripada Windows
  • Cara Install Linux di Smartphone Android (Tanpa Root)

Jenis-Jenis Linux yang Bisa Gantikan Windows

1. Ubuntu

Ubuntu sangat cocok untuk pemula yang baru pertama kali ingin mencoba Linux. User interface-nya pun sangat nyaman dan mudah, serta user friendly. Untuk menemukan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan pun, kamu tinggal mencari melalui aplikasi yang sudah disediakan Ubuntu, yaitu Ubuntu Software Center, sangat praktis sekali.

Kelebihan Kekurangan
Tampilan bagus Memakai resource cukup besar
Praktis/mudah digunakan Butuh pembiasaan karena aplikasi yang tersedia tidak umum

2. Lubuntu

Hampir mirip dengan Ubuntu namun Lubuntu ini cocok bagi kamu yang memiliki PC atau Laptop dengan spesifikasi rendah atau tua. Berbeda dengan Ubuntu yang memakai Unity sebagai Guide User Interface-nya, Lubuntu memakai LXDE Desktop yang sangat ringan pemakaian resource-nya. Cukup dengan prosesor sekelas Pentium 4, kamu sudah bisa menginstal Linux Lubuntu terbaru di komputer kamu.

Kelebihan Kekurangan
Memakai resource sangat kecil Tampilan biasa saja
Praktis/mudah digunakan Butuh pembiasaan karena aplikasi yang tersedia tidak umum

3. Elementary OS

Linux Ubuntu rasa Macintosh. Mungkin ini kata yang tepat untuk menggambarkan Elementary OS. Banyak yang bilang Elementary OS ini justru jauh lebih stabil pada umumnya ketimbang Ubuntu itu sendiri. Karena memang Elementary OS ini merupakan turunan dari Ubuntu. Tentu mirip juga seperti Ubuntu atau Lubuntu yang sudah dibahas sebelumnya, hanya saja tampilannya benar-benar mirip Macintosh. Mungkin si pembuat Elementary OS mau membuat Macintosh gratis untuk sejuta umat, mungkin ya.

Kelebihan Kekurangan
Tampilan bagus, seperti Macintosh Memakai resource cukup besar
Sangat stabil, karena pengembangan lebih lanjut dari Ubuntu Karena aplikasinya mayoritas didesain untuk Ubuntu, banyak tampilan dari aplikasinya agak kurang pas

4. Pear OS

Masih dengan Linux rasa Macintosh, Pear OS dibuat oleh programer asal Prancis. Memang sih sudah tidak di-update lagi, tetapi untuk keperluan sehari-hari Pear OS masih sangat layak untuk kamu pakai. Apalagi kalau kamu mau bergaya dan mementingkan desain tampilan yang elegan. Tahu dong kalau Prancis itu terkenal sebagai "Kota Mode". Pastinya desain dari Pear OS ini sangat elegan karena juga mengadaptasi tampilan dari Macintosh.

Kelebihan Kekurangan
Tampilan bagus, seperti Macintosh Memakai resource cukup besar
Simpel/user friendly Kurang stabil karena tidak ada pengembangan lebih lanjut

5. Mangaka

Bagi kamu penggemar anime, kayaknya jenis Linux Mangaka ini wajib kamu coba. Pasalnya jenis Linux ini tidak hanya memberikan tampilan tema anime yang khas, tetapi juga tools-nya yang sangat bermanfaat bagi para penggemar anime. Beberapa di antaranya kamu bisa melakukan fansubbing, fandubbing dan masih banyak lagi. Benar-benar membuat pencinta anime puas pokoknya.

ADVERTISEMENT
Kelebihan Kekurangan
Bertema anime Memakai resource cukup besar
Banyak aplikasi mendukung untuk editing anime Support tidak sebagus Ubuntu yang memiliki banyak komunitas

Jadi, kamu tertarik untuk mencoba satu dari lima jenis Linux yang bisa gantikan Windows tersebut? Kalau ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT

Pertama di Dunia, Taman Bermain Dipadukan Pemandian Air Panas! Kayak Apa Ya?

PineBook, Laptop Murah 1 Jutaan dengan Rasa MacBook

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Datang ke BEKRAF Game Prime 2016!

5 Software Mantap Untuk Menghindari Link Jebakan Virus Di Internet

7 Cara Cepat Dapat Ratusan Subscriber YouTube dalam Sehari

APPS TERKAIT
Complete Linux Installer 2.8
Apps ZPwebsites
Linux Mint 17 LTS Qiana (64-bit)
Apps Linuxmint
Windows 10 Technical Preview (64bit) Build 10049
Apps Microsoft Corporation
Windows 8 Font Changer 1.0
Apps Marshmell Studio
undefined
Kembali Keatas