Puasa Tetap Produktif! Ini 7 Usaha Sampingan Online di Bulan Ramadan

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 10 Maret 2021, 12:30
Berikut daftar usaha sampingan online yang cocok dilakukan di sela-sela waktu Ramadan!

Bulan Ramadan merupakaan saat dimana orang Islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan lamanya.

Berpuasa sendiri tidak dipungkiri terkadang membuat kita lemas dan tidak bersemangat. Meski begitu, sayang rasanya jika bulan puasa di mana pahala akan dilipatgandakan hanya dipakai untuk bermalas-malasan, geng.

Sebenarnya ada, lho beberapa usaha sampingan yang bisa kamu lakukan secara online, geng. Selain bisa mendapatkan pemasukan tambahan, usaha sampingan ini juga bisa dilakukan dari rumah lewat bantuan HP atau komputer kamu.

Penasaran apa saja usaha sampingan online yang bisa kamu lakukan saat bulan Ramadan? Yuk, disimak artikel selengkapnya berikut ini.

1. Jualan Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini aktivitas jual beli sering dilakukan secara online.

Nah, kondisi itu bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha sampingan jualan online, geng.

Jualan online nggak selalu mengharuskan kamu untuk memiliki modal banyak untuk stok barang jualan, karena kamu bisa menjadi seorang reseller juga.

ADVERTISEMENT

Dengan begitu, hanya dengan modal HP dan koneksi internet saja kamu bisa menghasilkan uang tambahan buat beli baju lebaran, geng.

Meskipun jualan online tidak selalu langsung ramai orderan, asalkan kamu rajin dan giat pasti usaha kamu akan berkembang kok.

2. Blogging

Kata siapa nulis nggak bisa menghasilkan uang?

Buat kamu yang hobi baca dan menulis, kamu bisa manfaatkan hobi kamu itu jadi ladang uang juga lho, geng.

Kamu bisa mulai usaha sampingan online dengan membuat blog dan rajin membuat konten-konten bagus yang bisa menarik minat pengunjung blog kamu untuk membacanya.

Meskipun, untuk menghasilkan uang dari blogging tidak dapat diraih dengan waktu secepat kilat, tapi jika itu memang hobi kamu pasti bisa kok.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk membuka usaha sampingan online sebagai seorang blogger, kamu bisa baca artikel Jaka sebelumnya mengenai cara membuat blog.

3. Translator

Kamu jago bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya?

Tanpa kamu sadari, kemampuan bahasa asing yang kamu kuasai bisa juga dijadikan sebagai modal untuk membuka usaha sampingan online, lho.

Saat ini banyak sekali dibuka lowongan pekerjaan freelance sebagai seorang translator bertebaran di internet.

Salah satu situs penyedia loker freelance sebagai translator adalah UpWork. Di situs ini kamu bisa mencari loker freelance sekaligus mempromosikan skill yang kamu punya agar dilirik oleh para perekrut.

4. Jasa Edit Foto/Video

Jenis usaha sampingan online lainnya adalah dengan membuka jasa edit foto atau video, geng.

Jasa yang satu ini banyak dibutuhkan seiring hiburan digital seperti YouTube tengah populer di kalangan masyarakat baik orang dewasa maupun anak-anak.

Buat kamu yang memang hobi atau memiliki skill di bidang ini, jenis usaha ini wajib kamu coba deh, geng.

Soalnya, selain pekerjaannya yang bisa dikerjakan dari rumah, uang yang dihasilkan dari usaha yang satu ini juga sangat lumayan apalagi kalo kamu sudah profesional.

Jadi, selain bisa melakukan sesuatu hal yang memang menjadi hobi, kamu juga bisa menghasilkan uang tambahan.

5. Investasi Uang Digital

Usaha sampingan online terakhir yang cocok dilakukan di bulan Ramadan yaitu berinvestasi uang digital.

Mungkin bagi sebagian orang usaha ini masih terdenagr sangat asing, ya.

Salah satu bentuk investasi uang digital adalah BitCoin. BitCoin sendiri yaitu salah satu uang digital atau cryptocurrency yang nilainya melejit pada akhir tahun 2017 hingga awal tahun 2018 lalu.

Jika kamu berpikir investasi memerlukan modal, BitCoin ini bisa kamu dapatkan secara gratis melalui cara-cara tertentu, geng.

Nah, kalau kamu masih penasaran tentang hal yang satu ini, kamu bisa baca lebih lengkapnya di artikel Jaka mengenai apa itu Bitcoin.

6. Guru Privat

Salah satu usaha sampingan online yang bisa kamu lakukan di Bulan Ramadan adalah menjadi guru privat bagi siswa sekolah.

Kerennya, selain menambah wawasan pribadimu tentang pelajaran yang kamu ampu, menjadi guru privat juga dapat melatih kesabaranmu, khususnya dalam mengajarkan materi pada anak-anak.

Karena kondisi sedang tidak memungkinkan untuk tatap muka, maka kamu bisa memanfaatkan platform pendidikan yang memungkinkanmu bisa melakukan pembelajaran secara online, seperti Ruangguru.

Kalau kamu merasa tidak pede mengajar, kamu bisa mulai dulu dengan pertama-tama mengajari anak TK atau SD menggunakan aplikasi Google untuk WFH.

7. YouTuber

Siapa bilang jadi YouTuber itu susah? Profesi sampingan ini memang seperti dianggap sebelah mata, bahkan ketika kita sudah memasuki tahun 2021.

Bukan hanya karena sekilas menuntut kamu punya perangkat kamera yang bagus, namun kamu juga dituntut punya perencanaan yang matang dengan konsepnya.

Padahal, ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan menjadi YouTuber. Mau tahu lebih lengkapnya? Kamu bisa membaca di artikel Jaka berjudul Cara Menjadi YouTuber Sukses Untuk Pemula.

10 Cara Menjadi YouTuber Sukses Untuk Pemula, Modal HP Doang!
✅ Ingin jadi YouTuber sukses dengan penghasilan berlimpah? Berikut panduan lengkap cara menjadi YouTuber sukses pemula hanya bermodalkan HP!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itu dia beberapa usaha sampingan online yang tidak melelahkan dan cocok dilakukan di sela-sela waktu Ramadan.

Bagaimana pendapat kamu, tertarik untuk menjalankan salah satunya?

Baca juga artikel seputar JalanTikus menarik lainnya dari Putra Andalas.

ARTIKEL TERKAIT

10 Game Android Paling Santai, Ngabuburit Jadi Gak Terasa Lama!

10 Genre Anime yang Bisa Membatalkan Puasamu, Gak Baik Buat Jiwa!

9 Game Indonesia Terbaik untuk Teman Ngabuburit, Anti Emosi!

10 Situs Haram yang Dilarang Dibuka, Cuma Bikin Dosa!

Lancar Tanpa Godaan Setan! Ini 5 Aplikasi Agar Puasa Makin Khusyuk!

10 Aplikasi Jadwal Sholat Android & PC Terbaik 2021, Ibadah Makin Lancar!

undefined
Kembali Keatas