10 Turnamen eSport Terbesar di Dunia

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 23 November 2017, 19:30
Beberapa kompetisi untuk eSport sudah banyak diadakan di seluruh dunia dengan berbagai macam game yang dipertandingkan.

Video game tidak hanya soal permainan saat bersantai, pengembangan game juga mengarah menjadi sebuah cabang olahraga yang disebut eSport.

Beberapa kompetisi untuk eSport sudah banyak diadakan di seluruh dunia dengan berbagai macam game yang dipertandingkan. Jaka telah menyusun 10 Turnamen eSport Terbesar di Dunia. Berikut ulasannya.

BACA JUGA
  • Bikin Bangga! Ini 5 Tim eSport Terbaik Asal Indonesia
  • 5 Senjata Terfavorit Para Atlet eSport Dalam Game CS:GO
  • 5 Atlet eSport Game CS:GO Asal Indonesia Yang Punya Skill Tingkat Dewa

10 Turnamen eSport Terbesar di Dunia

1. The International

The International merupakan kejuaraan tahunan yang diadakan untuk memperlombakan game MOBA paling tersohor di dunia yaitu, Dota 2. Tak main-main turnamen ini benar-benar memiliki skala yang besar, bisa dilihat dari hadiah pemenang yang dijumlahkan total hingga 260 milyar rupiah.

2. Dreamhack

Dengan menyebut dirinya sebagai festival digital terbesar dunia, Dreamhack menjadi penyelenggara untuk kompetisi seni digital, konser, pameran dan tentu saja kompetisi game.

Pada tahun 1994, awalnya kompetisi ini hanyalah sebuah pertemuan kecil di ruang bawah tanah sekolah dasar di Swedia, dan sejak saat itu kini ia telah menjelma menjadi salah satu acara game terbesar di dunia. Pada edisi tahun lalu, Dreamhack memperlombakan berbagai macam game, seperti Pokken, Heroes of Storm, Overwatch, dan Hearthstone.

3. League of Legend World Championship

Pada awalnya ini hanyalah bagian turnamen dari penyelenggaraan Dreamhack di tahun 2011. Karena kepopulerannya, akhirnya turnamen ini diadakan secara mandiri. Menampilkan 16 tim terbaik di dunia yang bertanding untuk memenangkan hadiah senilai 26 milyar rupiah. Pemenang turnamen juga mendapatkan sebuah piala yang beratnya hampir 70 pound.

4. Evolution Championship Series

Kamu lebih suka dengan game bergenre fighting? Evolution Championship Series adalah wadah turnamen bagi siapapun gamer yang mengaku dirinya hebat dalam soal game pertarungan. Acara tahunan ini diadakan sejak tahun 2005 di Las Vegas. Game yang dipertandingkan di antaranya, Mortal Kombat XL, Street Fighter V, Killer Instinct, dan Ultimate Marvel vs Capcom 3. Turnamen ini juga disiarkan secara langsung melalui siaran ESPN2.

5. Smite World Championship

Selain Dota 2 dan LOL, game lainnya yang mempunyai turnamen akbarnya tersendiri berasal dari game MOBA terkenal SMITE. Meski turnamen mandiri, ajang ini memiliki hadiah yang tidak bisa dibilang kecil, karena para tim terbesar di dunia akan memperebutkan hadiah senilai 33,8 milyar rupiah.

ADVERTISEMENT

6. Major League Gaming

Didirikan pada tahun 2002, MLG merupakan salah satu organisasi eSport profesional tertua di dunia. Merekapun juga menyelenggarakan kompetisi kejuaraan dunia game yang sangat besar untuk beberapa game. Di antaranya ada game Call of Duty: Advance Warfare, Dota 2, Smite, dan Super Smash Bros.

7. Call of Duty Championship

Game yang juga membuat turnamennya sendiri datang dari franchise game perang terkenal, Call of Duty. Turnamen yang disebut Call of Duty Championship diadakan di beberapa regional, seperti Amerika Utara, Asia, Brasil, dan Eropa. Ada sekitar 32 tim dari seluruh dunia yang mengikuti kompetisi tersebut. Hadiah yang dijanjikan juga cukup besar senilai 26 milyar rupiah.

8. Global Starcraft II League

Kali ini ada perlombaan game dengan gnere Real Time Strategy, yaitu Starcraft. Bertajuk Global Starcraft II League, turnamen ini ditujukan untuk para pemain hebat dari seluruh dunia, di mana diadakan di negeri ginseng Korea Selatan. Hadiah yang diperebutkan dalam turnamen ini sangat menggiurkan, senilai 40,3 milyar rupiah

9. ESL One

Sebagai salah satu organisasi game kompetitif tertua dan terbesar, ESL menyelenggarakan turnamen hampir diseluruh dunia. Beberapa di antaranya bertempat di Malaysia, Jerman, New York, dan Fillipina. ESL One menampilkan turnamen game dengan skala besar seperti, Dota 2, Counter Strike, dan Battlefield 4. Turnamen ini bahkan disiarkan langsung dengan lebih dari 17 bahasa.

10. Capcom Cup

Sebagai publisher game raksasa, Capcom juga menyelenggarakan turnamen game yang cukup besar di dunia. Bertajuk Capcom Cup, turnamen ini mempertandingkan game Capcom Street Fighter. Menghadirkan 32 pemain terhebat dunia, turnamen ini menyajikan hadiah untuk pemenang, sebesar 1,56 milyar rupiah.

Itulah 10 Turnamen eSport Terbesar di Dunia. Bagaimana, menggiurkan bukan menjadi seorang atlet eSport? Jangan lupa tuliskan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini ya!

ARTIKEL TERKAIT

5 Alasan Kenapa Kamu Beruntung Membeli HP China

Ini Dia 10 Hacker Cantik yang Memukau Dunia

7 Kesalahpahaman Besar Manusia Tentang Alien

Apa? Kini RAM Komputer Sudah Bisa Didownload Langsung di Internet?!

20 Gambar Kampanye Paling Lucu, Kocak, dan Unik di Indonesia

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
undefined
Kembali Keatas