Kok di Facebook Gak Ada Tombol DISLIKE? Ternyata Ini Alasannya

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 10 Maret 2017, 11:00
Baru-baru ini ramai diberitakan bahwa Facebook tengah menguji fitur Dislike. Namun, fitur ini hadir di Facebook Messenger, bukan di Facebook. Kok Facebook gak sediakan tombol Dislike sih?

Pada bulan Februari 2017 kemarin, Facebook sudah resmi berdiri selama 13 tahun. Tak hanya sukses berkembang menjadi perusahaan besar yang mengakuisisi banyak perusahaan lain, Facebook juga terkenal tidak pernah berhenti memberikan fitur baru.

Namun di balik banyaknya perubahan yang dilakukan dalam tampilan dan fitur Facebook, ada satu yang tidak berubah. Yaitu tidak pernah muncul tombol Dislike di Facebook. Kenapa Ya?

BACA JUGA
  • 25 Orang yang Pertama Kali Menggunakan Facebook, Kamu Termasuk?
  • Ternyata Facebook Tidak Pernah Gratis, Ini Buktinya!
  • Mau Bilang Gak Suka? Facebook Kini Uji Coba Fitur Dislike Lho!

Alasan Tidak Ada Tombol Dislike di Facebook

Tidak seperti YouTube yang menyediakan tombol Dislike di setiap video, Facebook tidak menyediakannya. Padahal tombol Like saja sudah dikembangkan jadi emoji Love, Wow, Haha, Sad dan Angry.

Usut punya usut, ternyata tombol Dislike memang tidak akan pernah dimunculkan di Facebook. Pasalnya, menurut Mark Zuckerberg, tombol Dislike sangat bertentangan dengan prinsip utama Facebook yang tidak ingin orang merendahkan atau melecehkan posting-an orang.

Mark Zuckerberg sempat mengungkapkan bahwa pengembangan tombol Like menjadi banyak emoji ini bertujuan untuk memicu empati pengguna Facebook. Dan tombol Dislike jelas tidak termasuk dalam salah satunya.

Tombol Like atau Love?
Facebook telah mengumumkan bahwa efek tombol emosi tersebut kini lebih berpengaruh besar daripada tombol "Like" dalam menentukan peringkat konten apa yang muncul di News Feed.
LIHAT ARTIKEL

Terus, Kok Ada Tombol Dislike di Messenger?

Baru-baru ini ramai diberitakan bahwa Facebook tengah menguji fitur Dislike. Namun, fitur ini hadir di Facebook Messenger, bukan di Facebook. Yang mana emoticon di Facebook Messenger dan Facebook memiliki fungsi yang berbeda.

Jadi, besar kemungkinan memang Mark Zuckerberg tetap teguh pada pendiriannya untuk tidak menghadirkan tombol Dislike. Lagian Facebook bukanlah Reddit yang menggunakan tombol Like dan Dislike untuk memberikan voting terhadap postingan orang, kan?

Baca juga artikel seputar Facebook atau artikel dari Epi Kusnara lainnya.

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT

Klaim Garansi Rumit? 4 Hal Ini Harus Diperhatikan Pada Smartphone Bergaransi Distributor

Pahami Perbedaan Prosesor AMD & Intel Sebelum Beli Laptop

Inilah Proses Interview yang Harus Dilalui Saat Melamar di Google!

Cara Jitu Pakai Google Assistant Di Semua HP Android Tanpa Root

APPS TERKAIT
Facebook 259.0.0.36.115
Apps Facebook, Inc.
Facebook Messenger For Android
Apps Facebook, Inc.
Facebook Lite 197.1.0.17.125
Apps Facebook, Inc.
Facebook Home 1.3
Apps Facebook, Inc.
undefined
Kembali Keatas