Biar Gak Dibohongi Penjual, Ini 5 Tips Memilih Kamera Smartphone yang Canggih

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 31 Januari 2018, 18:00
Nah, oleh karena itu, agar bisa memilih kamera smartphone yang baik, perhatikanlah 5 hal paling penting ini.

Selain menjadi alat komunikasi, smartphone juga memiliki banyak fungsi canggih lainnya. Salah satunya adalah sebagai pengganti kamera digital. Bukan sekedar kamera, kamera di ponsel cerdas memiliki kualitas setara dengan kamera DSLR yang berharga jutaan rupiah.

Namun, tidak semua smartphone memiliki kamera yang baik. Jangan terkecoh dengan besarnya pixel yang ditawarkan, karena belum tentu kamera 20 MP mampu mengalahkan kamera 13 MP yang memiliki teknologi lebih canggih. Nah, oleh karena itu, agar bisa memilih kamera smartphone yang baik, perhatikanlah 5 hal paling penting ini.

BACA JUGA
  • Cara Mudah Memperbaiki Kamera Smartphone yang Buram
  • 10 Smartphone dengan Kamera Terbaik Sepanjang Tahun 2017
  • 5 Smartphone Resolusi Kamera Tertinggi di Dunia, Sampai 100 Megapiksel!

5 Tips Memilih Kamera Smartphone Yang Baik

1. Autofokus Adalah Fitur Wajib

Sumber foto: Foto: expertreviews.co.uk

Autofokus adalah sebuah fitur di mana kamera dapat mengunci atau memfokuskan objek yang sedang direkam. Tanpa adanya fitur ini, bisa jadi hasil kamera kamu buram dan tidak jelas. Jadi, kalaupun kamera memiliki jumlah megapixel besar, namun tidak ada fitur autofokus, maka hasil fotonya pun tidak akan terlihat bagus.

2. Pilihlah Kamera Dengan LED Flash Berkualitas Tinggi

Sumber foto: Foto: androidcentral.com

Cahaya merupakan faktor terpenting di dunia fotografi, karena faktor ini penentu jelek dan bagusnya sebuah foto. Pilihlah kamera smartphone yang memiliki 2 LED Flash atau biasa disebut sebagai dual-tone flash. Bila perlu, kamu bisa menambahkan aksesori LED flash mobile yang banyak dijual di pasaran.

3. Aperture, Semakin Kecil Semakin Bagus

Sumber foto: Foto: samsung.com

Aperture adalah lubang pada kamera, di mana lubang tersebut berfungsi untuk memikat cahaya yang masuk ke dalam lensa kamera. Semakin kecil aperture, maka cahaya yang diikat akan semakin baik. Kamera ponsel dengan aperture terbaik saat ini masih dipegang oleh LG V30 dengan bukaan aperture f/1.6.

Aperture memiliki banyak fungsi, di antaranya menambah dimensi foto dengan mengaburkan latar belakang. Dengan aperture yang kecil, sebuah kamera juga dapat mengambil gambar dengan jelas walaupun dalam keadaan minim cahaya.

4. Ada Fitur HDR

Sumber foto: Foto: pcauthority.com.au

HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range. Pada dasarnya, saat kamera memotret dalam mode HDR, kamera akan mengambil 2 atau 3 atau bahkan 9 foto pada tingkat exposure (tingkat paparan cahaya) yang berbeda.

Setelah itu, kamera akan menggabungkan semua foto menjadi satu, dan mengambil bagian-bagian terbaik di setiap foto yang diambil. Itulah sebabnya dalam mode HDR kita memerlukan sedikit waktu untuk pengambilan satu foto.

ADVERTISEMENT

5. Mendukung Rekaman 4K

Sumber foto: Foto: youtube.com/JuanBagnell

Memiliki kamera yang bagus tentunya tidak dipakai untuk memotret saja bukan? Apalagi untuk kamu yang ingin menjadi seorang YouTuber. Pilihlah kamera smartphone yang mampu merekam video dengan resolusi 4K, keterangan ini bisa kamu lihat di tabel spesifikasi smartphone.

Kenapa harus 4K? Sebab semakin besar resolusi yang diambil, maka hasil video akan semakin jernih. Tentu kamu nggak mau kan membuat video dengan kualitas 3gp?

Nah, itulah 5 hal paling penting dalam memilih kamera smartphone. Ingat ya guys, jangan terkecoh dengan jumlah megapixel yang besar karena megapixel bukanlah penentu segalanya. Setidaknya perhatikan 5 faktor yang sudah Jaka bahas di atas. Selamat memilih kamera!

ARTIKEL TERKAIT

7 Smartphone Android Dual Kamera Murah Terbaik 2017

10 Trik Kamera Smartphone Professional Ini Patut Kamu Coba

23 Aplikasi Kamera Terbaik & Terbaru 2022 Buat Hasil Foto Aesthetic

15 Aplikasi Unik Android yang Wajib Kamu Coba di Tahun 2018

BAHAYA! Ini 7 Tanda Kecanduan Main Game MOBA Mobile

APPS TERKAIT
BeautyPlus - Magical Camera 2.2.1
Apps Commsource Network
Camera360 Ultimate
Apps PINGUO Inc
Google Camera 6.2.031.259661660
Apps Google Inc.
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
undefined
Kembali Keatas