5 Teknologi Transfer Data Terbaik di HP | Punya Kecepatan 20MB Per Detik!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 03 September 2019, 18:00
Nggak kalah canggih dengan fitur transfer data yang diperkenalkan oleh Xiaomi, Oppo, dan vivo, berikut adalah beberapa teknologi transfer file terbaik di HP.

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini hampir semua aktivitas dapat dilakukan secara lebih mudah dan praktis berkat bantuan teknologi.

Belum lama ini vendor smartphone asal Tiongkok, Xiaomi, mengumumkan grup Inter-Transfer Alliance di mana merek HP ini bergabung dengan Oppo dan vivo untuk menciptakan layanan seperti AirDrop untuk transfer file.

Platform tersebut memungkinkan perangkat dari berbagai merek untuk bertukar foto dan dokumen hanya dengan beberapa klik saja.

Menariknya, platform transfer data ini dibekali dengan kecepatan tinggi hingga 20 Mbps, sehingga untuk mengirim file film 720p hanya membutuhkan waktu kurang dari dua menit saja, geng.

Teknologi Transfer Data Terbaik di HP

Dengan keunggulan yang ditawarkan oleh platform ini, tentunya layanan transfer data yang diluncurkan oleh ketiga merek HP ini sangat membantu sekali penggunanya.

Tapi, selain teknologi transfer data tersebut, ada juga teknologi transfer data terbaik lainnya yang ada di HP, geng.

1. Bluetooth

Menjadi salah satu teknologi andalan yang ada di HP, bluetooth menawarkan berbagai fungsi menarik dan bermanfaat bagi penggunanya.

ADVERTISEMENT

Salah satunya adalah untuk mengirim data ke antar pengguna gadget baik HP, laptop, ataupun tablet.

Hingga saat ini, fitur bluetooth pada HP sendiri sudah mencapai versi 5.0 yang menawarkan jangkauan lebih luas, transfer data yang lebih luas, dan mampu mengirim ukuran data yang lebih besar.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, saat ini teknologi bluetooth bukan hanya digunakan untuk berbagi data secara nirkabel saja, tapi juga untuk menghubungkan HP ke perangkat lain seperti misalnya speaker ataupun headset, geng.

2. NFC

Mungkin sebagian dari kamu sudah nggak asing lagi dengan teknologi Near Field Communication (NFC) yang ada di beberapa HP zaman sekarang, ya, geng.

Dikenal sebagai teknologi yang dapat membantu penggunanya untuk melakukan pembayaran secara digital, ternyata NFC juga bisa kamu gunakan untuk transfer data lho.

Namun, untuk mengirim data menggunakan teknologi ini, baik HP pengirim dan juga penerima, keduanya harus dibekali oleh teknologi NFC ini, geng.

Nggak seperti bluetooth yang memungkinkan penggunanya mentransfer file hingga jarak 10 meter, teknologi NFC hanya bisa digunakan dalam jarak tak lebih dari 10 cm saja, geng.

Hal itu dikarenakan NFC menggunakan antena yang lebih pendek daripada gelombang sinyal operator untuk mencegah interfensi gelombang dari antena yang sama.

Mengingat teknologi ini tidaklah murah, hanya ada beberapa HP saja yang dibekali oleh teknologi NFC ini, geng.

3. Infrared

Telah hadir di perangkat HP sejak beberapa tahun yang lalu, infrared menjadi salah satu teknologi yang bisa kamu gunakan untuk mentransfer data, geng.

Uniknya, agar proses pengiriman data menggunakan teknologi infrared bisa berjalan dengan lancar, maka bagian infrared harus diahadapkan pada sensor infrared HP penerima dan nggak boleh ada benda lain yang menghalanginya.

Meskipun saat ini teknologi infrared sudah nggak lagi digunakan untuk transfer data, tapi sejumlah vendor smartphone masih membekalkan produk HP mereka dengan teknologi ini untuk dijadikan sebagai remote control, geng.

HP dengan teknologi IR Blaster ini kemudian bisa kamu gunakan untuk mengoperasikan sejumlah alat elektronik seperti AC, TV, DVD, dan lain-lain.

4. SHAREit

Diklaim mampu menghadirkan kemampuan berbagi data yang lebih cepat dan memiliki banyak fitur tambahan, nggak mengherankan kalau aplikasi bernama SHAREit ini digunakan oleh orang banyak saat ini, geng.

Untuk melakukan transfer data, aplikasi SHAREit menggunakan teknologi Wi-Fi Direct Connection yang diklaim memiliki kecepatan hingga 20MB per detik atau 200 kali lebih cepat dari bluetooth.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengirim data lintas sistem operasi seperti dari Android ke iOS ataupun sebaliknya.

Dengan kemampuan yang ditawarkannya tersebut, nggak mengherankan jika aplikasi ini sangat terkenal dan banyak digunakan, geng.

5. Layanan Cloud Storage

Harus transfer file dengan ukuran sangat besar dan nggak bisa dilakukan menggunakan bluetooth, NFC, dan lainnya? Kalau gitu kamu bisa coba teknologi layanan cloud storage, geng.

Cloud storage merupakan metode penyimpanan data di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan.

Dengan begitu, kamu nggak perlu lagi beli memori eksternal berkapasitas besar untuk bisa menampung semua file yang kamu miliki, geng.

Selain itu, layanan cloud storage juga bisa diakses menggunakan perangkat apa pun dan di mana pun asalkan terkoneksi dengan jaringan internet.

Meskipun fungsi utamanya sebagai media penyimpanan data, tapi kamu juga bisa memanfaatkannya untuk berbagi file dengan pengguna lain, geng.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa teknologi transfer data terbaik yang tersedia dan bisa kamu gunakan di HP, geng.

Dengan bantuan teknologi-teknologi di atas, kini transfer file bisa lebih praktis dan mudah dilakukan deh.

Baca juga artikel seputar Transfer Data atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

USB Prompter Group Perkenalkan USB 4, Transfer Data Hingga 40 Gbps!

Cara Mudah Transfer Data Tanpa Kabel di Android

5 Alasan Kenapa USB Type-C Harus Menjadi Port Standar di HP

7 HP Canggih yang Seharusnya Bisa Gantikan Fungsi PC | Gagal Semua?

10 Penemuan Teknologi yang Berubah Fungsi, Karena Gagal & Tidak Laku?

undefined
Kembali Keatas