5 Tanda Komputer Kamu Kena Hack dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 22 November 2016, 11:00
Hacker dapat masuk ke komputer korban tanpa sepengetahuan mereka saat melancarkan aksi. Nah disitu kita tidak tahu kalau komputer kena hack...

Cybersecurity atau keamanan komputer memang menjadi salah satu ancaman terbesar bagi siapa saja yang melakukan aktivitas online. Meski komputer kamu sudah terinstal antivirus, tidak menjamin bahwa sistem kamu telah benar-benar aman dari serangan cyber. Maka dari itu, kamu harus tau tanda-tanda komputer jika kena hack.

Masalahnya adalah kebanyakan hacker tidak memberitahu korban bahwa mereka telah diretas. Biasanya, hacker dapat masuk ke komputer korban tanpa sepengetahuan mereka saat melancarkan aksi. Nah disitu kita tidak tahu kalau itu tanda-tanda komputer kena hack oleh para hacker, lalu Bagaimana cara mengatasinya?

BACA JUGA
  • Bahaya! Dalam Satu Tahun Serangan DDoS oleh Hacker Naik 214%
  • 10 Software Hacker untuk Melakukan Serangan DDoS
  • 7 Cara Menjadi Seorang Hacker Komputer Sejati

Tanda-tanda Komputer Kena Hack

Dengan begitu, mereka bisa datang kembali lain waktu untuk melihat apa lagi yang bisa mereka lakukan atau temukan. Sayangnya, sangat sulit untuk mengetahui apakah komputer kamu telah di-hack oleh seseorang. Terus harus gimana dong?

Untungnya, ada beberapa tanda-tanda yang menunjukkan seorang hacker mungkin telah menyerang jaringan atau komputer yang kamu gunakan. Dilansir dari Techworm, berikut 5 tanda komputer kena hack.

1. Pesan Antivirus Palsu

Kata siapa semua antivirus itu baik dan dapat menghilangkan virus yang ada di komputer kamu? Di zaman serba canggih ini, bentuk penipuan dan ancaman juga semakin canggih loh.

Jangan salah, kini virus maupun malware juga bisa menyamar sebagai antivirus dengan tampilan yang tidak kalah rapi dan bagus. Mereka menginfeksi komputer kamu dengan menampilkan pesan bahwa kamu sedang terinfeksi virus dan membutuhkan software antivirus khusus untuk menghilangkannya.

Ancaman seperti ini dikenal dengan nama scareware dan kamu harus tau bagaimana membedakan mana antivirus yang asli dan mana yang palsu. Jangan sampai deh komputer kamu justru didiami oleh antivirus yang malah semakin menambah ancaman daripada perlindungan. Ini dia 3 Tanda Komputer Kamu Terinfeksi Antivirus Palsu.

2. Adanya Toolbar Baru di Browser Padahal Tidak Pernah Install

Foto: MalwareTips

ADVERTISEMENT

Ciri-ciri komputer kamu telah di-hack selanjutnya bisa kamu lihat di browser. Kamu mungkin memiliki beberapa toolbar baru, coba periksa. Jika bukan dari vendor yang sangat terkenal, segera hapus toolbar palsu itu.

3. Pengalihan Internet

Jika pencarian Internet kamu dialihkan, itu adalah tanda lain bahwa komputer kamu telah di-hack. Hacker dibayar dengan mendapatkan klik kamu untuk muncul di situs orang lain.

Masalahnya adalah kadang kita dialihkan ke situs yang berbahaya. Untuk mengatasi hal ini, coba periksa lagi ekstensi yang terpasang dan update browser ke versi terbaru.

4. Password Berubah Sendiri

Pernah nggak sih password dari suatu akun online kamu berubah sendiri? Ada dua kemungkinan, mungkin akun kamu sudah di-hack atau layanan online yang kamu gunakan telah di-hack.

Jika sudah begitu, ubah lagi password akun layanan kamu dan akun terkait lainnya. Serta, gunakan otentikasi dua faktor.

5. Adanya Software Baru

Jika kamu perhatikan lebih seksama dan komputer kamu terdapat software yang tidak pernah kamu install sebelumnya, ada kemungkinan sistem kamu telah di-hack.

Biasanya komputer yang telah terinfeksi virus akan menginstal sendiri program tertentu seperti software yang sebenarnya.

Kamu harus selektif menonaktifkan mereka. Kamu bisa cek Autoruns (untuk Windows), meski tidak menampilkan semua program yang diinstall tapi akan membiarkan kamu tahu program apa saja yang otomatis berjalan ketika komputer kamu di-restart.

Kamu dapat menemukan banyak program malware di sini. Namun, bagian yang sulit adalah untuk mengetahui yang mana program asli dan malware. Jika kamu tidak yakin tentang hal ini, hapus saja program yang tidak kamu inginkan di control panel.

Itulah tanda-tanda komputer kena hack dan cara mengatasinya, seperti di atas. Kalau memang ada cara yang terlewat oleh kalian, silahkan di komen ya pada kolomnya. Di era digital ini, penting untuk menyadari adanya ancaman serangan cyber agar kita bisa lebih waspada dan bisa mengamankan diri dari kejahatan teknologi maupun Internet. Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT

10 Alasan Kenapa Hacker Memilih Linux daripada Windows

10 Software Hacker untuk Melakukan Serangan DDoS

Waspada, Inilah 10 Teknik Cracking Password yang Sering Dipakai Hacker!

Wajib Tau! Inilah 7 Perintah CMD yang Sering Digunakan oleh Hacker

Begini Cara Mengamankan Akun di Internet dari Serangan Hacker

APPS TERKAIT
WiFi Hacker ULTIMATE Terbaru
Apps WiFi Cracker Group
Hack App Data Terbaru
Apps SteelWorks
Game Hacker 4.0
Apps SB Tools
Process Hacker 2.39.124
Apps Wei Jia Liu
undefined
Kembali Keatas