Kumpulan Pertanyaan Interview&Jawabannya Untuk Fresh Graduate

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 22 Desember 2018, 19:00
Kali ini Jaka akan membahas mengenai pertanyaan interview kerja fresh graduate yang paling sering ditanyakan plus cara menjawabnya yang tepat dan benar.

Kamu baru lulus kuliah dan sedang mencari perkerjaan? Masih bingung apa yang harus dilakukan sebagai fresh graduate ketika interview kerja?

Sebelumnya Jaka sudah membahas Cara Menjawab Pertanyaan Interview dan Daftar Pertanyaan Interview yang Sering Ditanyakan Saat Melamar Kerja.

Di kedua artikel tersebut Jaka sudah membahas secara lengkap tips menjawab setiap pertanyaan wawancara kerja.

Lantas, bagaimana untuk kamu para lulusan baru atau fresh graduate yang sedang mencari kerja? Apakah pertanyaan interviewnya berbeda?

Jaka sangat menyarankan kamu membaca terlebih dahulu kedua artikel yang Jaka sebutkan di atas, karena sangat berhubungan dengan artikel ini.

Nah, kali ini Jaka akan membahas mengenai **Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate **yang biasanya ditanyakan oleh interviewer saat kamu melamar kerja.

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

1. Pertanyaan Pembuka

Sumber foto: LiveCareer

ADVERTISEMENT

Tips/Cara Menjawab: Untuk menjawab pertanyaan interview kerja fresh graduate dalam hal pembukaan, kamu cukup santai saja.

Jawab setiap pertanyaanya secara jujur dan tidak ditambah-tambahkan.

Pertanyaan pembuka seperti ini bertujuan untuk bridging atau pemanasan sebelum masuk ke pertanyaan ini.

Pertanyaan pembukaan ini juga biasanya ditanyakan oleh HRD untuk mengindentifikasi karakter dan kepribadian kamu.

2. Pertanyaan Latar Belakang Pribadi

Sumber foto: Pinterest

Tips/Cara Menjawab: Untuk tipe pertanyaan wawancara kerja untuk fresh graduate seperti ini, kuncinya adalah menjawab dengan sesuai hati Anda.

Jangan terlalu lebay, melebih-lebihkan ataupun berbohong untuk menjawab pertanyaan tentang kehidupan pribadi Anda.

Interviewer akan dengan mudah mengidentifikasi apabila anda berbohong mengenai kehidupan pribadi atau latar belakang kehidupan Anda.

3. Pertanyaan Latar Belakang Pendidikan

Sumber foto: Studio Cataldi

Tips/Cara Menjawab: Nah, untuk pertanyaan interview kerja fresh-graduate yang menanyakan latar belakang pendidikan kamu, kalau bisa sertakan bukti-bukti pendukung seperti transkrip nilai, Ijazah atau penghargaan lain yang terkait dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Tunjukkan bahwa kamu sangan passionate dengan kuliah yang kamu jalankan dan tunjukkan juga bahwa kuliah memberi banyak pengalaman dan peluang baru untuk menggapai jenjang karir.

4. Pertanyaan Inti

Sumber foto: Spirituality & Health

_ Sudah tahu kira-kira -jobdesk- dan tanggung jawab untuk posisi yang kamu lamar?

Tips/Cara Menjawab: Alangkah baiknya pertanyaan wawancara kerja fresh graduate yang bertanya mengenai pokok pertanyaan mengenai posisi pekerjaan yang akan kamu lamar.

Pastikan kamu sudah riset dan mempunyai informasi-informasi dasar mengenai perusahaan yang akan menggaji kamu dan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Jangan sampai menunjukkan sikap cuek apalagi terlihat blank ketika ditanyakan mengenai pengetahuan umum perusahaan yang dilamar.

5. Pertanyaan Tambahan

Sumber foto: CareerMetis

Tips/Cara Menjawab: Untuk menjawab pertanyaan interview kerja bagi lulusan baru seperti ini sebetulnya sangat mudah, Kamu hanya perlu terlihat aktif dengan menanyakan 1-2 pertanyaan terkait pekerjaan kamu.

Tunjukkan sikap kalau kamu benar-benar ingin menjadi bagian perusahaan tersebut, walalupun kamu masih lulusan baru.

Akhir Kata

Itulah kumpulan Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate yang sudah Jaka rangkum untuk kamu para lulusan baru yang sedang mencari kerja.

Semoga sehabis membaca dan menerapkan tips ini, kamu bisa langsung mendapatkan pekerjaan ya guys!

Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.com

Baca juga artikel seputar Interview Kerja atau artikel menarik lainnya dari Naufal.

ARTIKEL TERKAIT

8 Cara Mengecek ID Pelanggan PLN | Paling Mudah & Terlengkap

Cara Cek Nomor NPWP Online Paling Cepat dan Mudah, Dijamin Aman!

Cara Melihat Hasil Google Form dan Mencetaknya, Mudah Banget!

Cara Mudah Cek Tagihan PDAM Online di PC dan HP, Praktis!

undefined
Kembali Keatas