Pengen Nampang Jadi Programmer? Cukup Kuasai 7 Perintah CMD Ini

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 02 Juli 2017, 14:00
Nah, untuk orang awam, melihat seseorang mahir menggunakan CMD seakan menjadi sesuatu yang mengagumkan. Maukah kalian terlihat sebagai jagoan komputer di depan teman-teman

Command Prompt Commands atau CMD merupakan layanan pada sistem operasi yang bisa kalian gunakan untuk menjalankan berbagai perintah dengan tujuan tertentu seperti menstabilkan koneksi internet, menjalankan aplikasi dan sebagainya.

Nah, untuk orang awam, melihat seseorang mahir menggunakan CMD seakan menjadi sesuatu yang mengagumkan. Maukah kalian terlihat sebagai jagoan komputer di depan teman-teman atau mungkin gebetan atau bahkan pacar kalian? Simak pembahasan kali ini terkait sejumlah perintah CMD yang akan membuat kalian terlihat seperti seorang jagoan komputer.

BACA JUGA
  • Cara Mudah Format Flashdisk Melalui CMD
  • Wajib Tau! Inilah 7 Perintah CMD yang Sering Digunakan oleh Hacker
  • Cara Mengetahui Password WiFi dengan CMD (Command Prompt), 100% Works!

Pengen Nampang Jadi Programmer? Cukup Kuasai 7 Perintah CMD Ini

1. Membuka Kalkulator

Untuk mengakses kalkulator tentunya kalian harus mencari aplikasi tersebut melalui Start Menu. Okelah, cara tersebut memang tidak begitu merepotkan namun bagaimana jika ada cara yang lebih mudah? Bagaimana? Kalian hanya perlu mengetikkan perintah calc di CMD.

2. Membuka Pengaturan Advance User Account

Jika kalian ingin mengakses pengaturan user account, tentunya kalian harus masuk terlebih dahulu ke Control Panel yang mana akan memakan waktu sekitar 6-10 detik dan sedikit merepotkan. Okelah, sebenarnya tidak terlalu begitu merepotkan namun bagaimana jika ada cara yang lebih cepat? Bagaimana? Kalian hanya perlu mengetikkan netplwiz di CMD.

3. Mengakses Disk Management

Kalian juga bisa menggunakan CMD untuk mendapatkan akses lebih cepat ke fitur disk management dengan menggunakan perintah diskmgmt.msc. Disk management sendiri berfungsi untuk melakukan partisi, format, defragmentasi, dan lain sebagainya pada hard disk kalian.

4. Membuka Notepad

Jika kalian ingin membuat sejumlah catatan, tentunya kalian akan menggunakan notepad ketimbang aplikasi Office yang akan memakan waktu lama untuk terbuka. Nah, agar lebih praktis kalian hisa menggunakan perintah notepad.

5. Membuka Sticky Notes

Ingin membuat catatan singkat yang bisa kalian lihat terus-menerus di desktop? Tentunya kalian akan memilih menggunakan Stick Notes yang bisa kalian akses lebih cepat dengan mengetiikan perintah stikynot di cmd.

6. Melakukan Troubleshooting

Untuk kalian yang ingin melakukan troubleshooting ketika komputer kalian mengalami masalah tertentu, kalian bisa mengakses fitut tersebut lebih cepat dengan menggunakan perintah control.exe /name Microsoft.Troubleshooting.

ADVERTISEMENT

7. Membuat Jaringan WLAN

Ingin bermain game menggunakan jaringan WLAN dengan teman kalian? Gampang, tinggal ketikkan perintah (netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=masukkan nama jaringan WLAN yang ingin kalian buat key=masukkan password untuk jaringan WLAN yang ingin kalian buat).

Jangan lupa ketikkan netsh wlan start hostednetwork untuk menjalankan jaringan tersebut.

Itulah tadi 7 perintah CMD yang wajib kalian ketahui agar terlihat seperti jagoan komputer di depan teman dan gebetan atau pacar kalian, semoga bermanfat dan selamat mencoba.

Akhir kata, pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar serta share ke teman-teman kalian.

ARTIKEL TERKAIT

Ssttt... Begini Cara Kirim Pesan dengan CMD Seperti Hacker

Cara Mengatasi File Corrupt di Windows Tanpa Aplikasi Tambahan

100+ Perintah CMD dan Fungsinya yang Pasti Berguna, Bisa Buat Hack?

Cara Mengembalikan File Yang Hilang Akibat Virus dengan Command Prompt (CMD)

10 Perintah CMD Hack yang Sering Digunakan Para Hacker, Pemula Masuk!

APPS TERKAIT
Gboard (Google Keyboard)
Apps Google
Cooling Master-Phone Cooler 3.3.30
Apps PICOO Design
Pixel Launcher 7.1.2
Apps Google Inc.
Ayo Mudik
Apps Kudo Digital Solutions
undefined
Kembali Keatas