Apa Sih Bedanya SSD NVMe, SSD SATA, dan HDD SATA?

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 18 Desember 2016, 15:30
Teknologi internal storage sekarang sudah berkembang. Ada SSD NVMe, SSD SATA, dan HDD SATA. Bedanya apa ya? Simak ulasannya!

Internal storage merupakan sebuah kebutuhan penting untuk PC. Ya jelas saja, coba bayangkan, tanpa internal storage, sistem OS kita mau ditaruh dimana? Belum lagi data-data lain kita yang penting. Karena penting, internal storage ini di desain sedemikian rupa, bahkan memiliki cukup banyak varian.

Seiring pengembangan teknologi, internal storage telah berkembang ke beberapa lini tipe. Beberapa di antaranya ada HDD SATA, SSD SATA, dan ada SSD NVMe. Nah kali ini kebetulan Jaka punya produknya, jadi berkesempatan untuk mengulasnya. Kira-kira seperti apa sih perbedaan SSD NVMe, SSD SATA, dan HDD SATA?

BACA JUGA
  • Samsung XP941, SSD Berbasis PCIe 7x Lebih Cepat dari HDD Biasa
  • HDD Western Digital 500 GB Khusus Tablet
  • Seagate Video 3,5 HDD, Harddisk Khusus File Video

Perbedaan SSD NVMe, SSD SATA, dan HDD SATA

1. SSD SATA

Untuk pertama, Jaka sengaja mengulas SSD SATA terlebih dahulu. Kali ini, Jaka berkesempatan untuk mengulas SSD SATA Transcend berkapasitas 256 GB dengan seri produk TS256GMTS800. SSD ini merupakan SSD M2 yang sudah mendukung SATA III dengan kecepatan hingga 6 GB/s.

Sebelum membahas lebih jauh, apa kamu sudah tahu beda mendasar antara HDD yang biasa dipakai pada umumnya untuk PC dan SSD ini? Berikut akan Jaka jabarkan garis besarnya.

Nah, setelah mengetahui hal tersebut, langsung akan Jaka uji coba untuk kecepatan SSD SATA ini. Pengujian Jaka mempergunakan CrystalDiskMark 5 yang standar Microsoft DiskSpd (The MIT License), dan berikut hasilnya.

ADVERTISEMENT

2. SSD NVMe

Berikutnya, Jaka akan mengulas SSD NVMe. Dan yang akan Jaka ulas adalah SSD NVMe Samsung PM951 berkapasitas 256 GB. Kalau ditanya perbedaan dengan HDD SATA, pada dasarnya sama dengan SSD SATA, tapi dengan tambahan sebagai berikut.

SSD NVMe sudah menggunakan teknologi NVMe sesuai dengan namanya. NVMe sendiri adalah Non-Volatile Memory Express yang merupakan pengembangan dari standar AHCI (Advanced Host Controller Interface). Performa yang dijanjikan jauh lebih cepat dari SSD SATA. Bakal secepat apa ya? Berikut hasil pengujian Jaka.

3. HDD SATA

Nah, yang terakhir, Jaka memakai HDD SATA biasa yang masih populer untuk saat ini. Merupakan senior dari SSD NVMe dan SSD SATA yang ditemukan oleh IBM pada 1956. Wah, sudah tua sekali dong ya? Jadi wajar kalau teknologi HDD ini sudah mulai ketinggalan zaman.

HDD SATA yang akan Jaka uji adalah HDD Hitachi berkecepatan 7200RPM dan berkapasitas 1 TB dengan seri produk H2T10003272S. Tidak berlama-lama, Jaka juga melakukan pengujian sederhana seperti pada dua buah SSD di atas, dan berikut adalah hasilnya.

Kesimpulan

Nah, jadi kira-kira seperti itulah ulasan Jaka mengenai perbedaan SSD NVMe, SSD SATA, dan HDD SATA. Semoga bermanfaat sebagai penambah wawasan kamu. Jangan lupa tinggalkan komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT

Edit Foto Android Seperti Photoshop? Pake Aplikasi Ini Bisa!

Keren Abis! LG G6 Bakal Tampil Mewah dengan Desain Full Glass

Cara Download Video YouTube Secara Instan Tanpa Aplikasi

APPS TERKAIT
AnTuTu Benchmark
Apps AnTuTu
3DMark - The Gamer's Benchmark 2.8.6546
Apps Aniplex Inc.
4Gmark (Speedtest & Benchmark) 1.5.3
Apps Trois Petits Points
GPU Benchmark 3D 1.2.1
Apps Kortenoeverdev
undefined
Kembali Keatas