Inilah Perbedaan RAM dan ROM Buat Kamu yang Ngaku-Ngaku Gagdetholic

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 01 Maret 2017, 10:00
Melalui artikel ini Jaka akan memberikan informasi apa perbedaan RAM dan ROM. Jadi, kamu gak sotoy lagi ketika ingin menyebutkan istilah RAM dan ROM. Kira-kira,

Saat ini, kita sering kali mendengar istilah RAM dan ROM. Sebagian besar dari kamu pasti mengatakan kalau punya smartphone itu harus yang punya RAM besar, kalau ROM bisa pakai eksternal. Memangnya kamu tahu perbedaan RAM dan ROM?

Brader, melalui artikel ini Jaka akan memberikan informasi apa perbedaan RAM dan ROM. Jadi, kamu gak sotoy lagi ketika ingin menyebutkan istilah RAM dan ROM. Kira-kira, sehebat apa pengetahuan kamu ya?

BACA JUGA
  • Waspada! Software-Software Bajakan ini Banyak Disisipi Trojan
  • Ajib! 6 Software Gratis Ini Bisa Gantikan Software Seharga Puluhan Juta!
  • 10 Software Enkripsi Gratis Terbaik Untuk PC/Laptop

Perbedaan RAM dan ROM Buat Kamu yang Suka Ngaku Gadgetholic

1. Apa Itu RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM sendiri merupakan satuan memori yang sangat diperlukan oleh gadget seperti komputer mau pun smartphone. RAM digunakan untuk menyimpan program dan data di CPU secara real-time.

Jadi, RAM sendiri tidak bisa dijadikan penyimpanan data untuk menaruh foto, video, atau dokumen lainnya. RAM sendiri memiliki beberapa jenis lho, kamu bisa lihat di bawah.

SRAM merupakan kepanjangan dari Static Random Access Memory. Jenis ini menyimpan sedikit data karena menggunakan enam memori cell transistor. SRAM merupakan sebuah RAM yang lebih cepat dari DRAM, tapi harganya jauh lebih mahal.

DRAM adalah singkatan dari Dynamic Random Access Memory. Tipe RAM seperti ini mampu menyimpan lebih sedikit data karena hanya menggunakan sepasang transistor dan kapasitor.

ADVERTISEMENT

2. Apa Itu ROM

ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory. Sesuai dengan namanya, ROM itu merupakan memori yang hanya bisa dibaca oleh komputer. ROM sendiri merupakan jenis memori non-volatil. Jadi, itu tidak akan hilang apabila tidak ada daya listrik yang mengalir.

ROM sendiri digunakan untuk menyimpan firmware yang mana memungkinkan untuk dilakukannya update, seperti BIOS. Jadi, sudah mengerti apa itu yang dimaksud dengan ROM? ROM sendiri memiliki berbagai tipe lho.

Mask ROM merupakan jenis ROM yang datanya ditulis selama pembuatan chip memori.

PROM atau Programmable Read-only Memory ialah data akan ditulis setelah chip memori dibuat. Ini adalah salah satu non-volatil.

EPROM atau Erasable Programmable Read-only Memory merupakan data pada chip memori non-volatil yang dapat dihapus dengan mengekspos sinar UV dengan intensitas yang tinggi.

EEPROM atau Electrically Erasable Progammable Read-only Memory adalah data yang pada chip memori non-volatil dapat dihapus secara elektrik dengan menggunakan emisi elektron.

Nah, jenis-jenis ROM di atas merupakan ROM berbasis semikonduktor. Media penyimpanan optik seperti CD-ROM juga termasuk dalam bentuk read-only memory lho.

Kesimpulan

Baik RAM dan ROM memiliki pro dan kontranya masing-masing. ROM memang murah dan mampu menyimpan data secara permanen, namun itu sifatnya terbatas. Sedangkan, RAM sangat berguna dibanding ROM, tapi tentunya harga yang mahal membuatmu kehabisan uang jajan. Jadi, sudah sepaham apa kamu mengenai perbedaan RAM dan ROM?

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Teknologi atau tulisan menarik lain dari Jofinno Herian.

ARTIKEL TERKAIT

Modal 100 Ribu, Kamu Bisa Dapat Game Terbaru Yang Original Dari Steam!

Makin Seram! Resident Evil 7 Hadirkan 2 DLC Yang Sangat Mencekam

Mengenal Teknik Hacking Cookie Theft Dan Cara Mencegahnya

Ajaib! Ini Cara Buat Lagu Background Yang Original Secara Instan

Wow! Ternyata Resident Evil 7 Bisa Dimainkan Tanpa VGA

APPS TERKAIT
Photo Squarer
Apps NextWayMedia.com
Adobe Photoshop CS2 Latest Version
Apps Adobe Systems Inc
Adobe Photoshop CC Latest Version
Apps Adobe Systems Inc
Photoscape X
Apps MOOII TECH
undefined
Kembali Keatas