Pilih Mana, Laptop Konvensional Atau Notebook 2-in-1?

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 14 April 2016, 11:00
Saat ini, siapa yang tidak mengetahui apa itu laptop. Ada beberapa perbedaan laptop secara mendasar saat ini. Yuk pelajari apa saja itu.

Dulu, laptop merupakan sebuah perangkat mewah yang jika ada seseorang yang membawanya, pasti kita akan menelan ludah. Sebab, ketika itu laptop dibanderol dengan harga yang memang tidaklah murah. Bahkan, memang hingga saat ini hal tersebut masih berlaku.

Akan tetapi, juga banyak perangkat laptop yang memiliki harga murah namun dengan kualitas terbaik. Pada dasarnya, laptop merupakan komputer jinjing atau komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan. Nah, seiring perkembangan jaman, kini sudah hadir perangkat yang dinamakan notebook 2-in-1. Apa itu?

BACA JUGA
  • ASUS Transformer T100HA: Laptop Murah yang Bisa Jadi Tablet
  • ASUS X540, Laptop Layar Lebar, Spek Tinggi, dengan Harga Murah Meriah!
  • Ini Dia Laptop Gaming Tangguh dengan Model yang Gak "LEBAY"

Inilah Perbedaan Laptop Konvensional dan Notebook 2-in-1

Laptop Konvensional

Seperti yang telah dijelaskan, laptop merupakan sebuah komputer jinjing yang mana berukuran relatif kecil dan juga ringan. Laptop tersebut dikategorikan sebagai laptop konvensional atau kuno. Laptop konvensional berarti sebuah perangkat yang terdiri dari monitor dan tersambung langsung dengan keyboard. Di dalamnya terdapat beragam komponen hardware. Sumber dayanya sendiri berasal dari baterai atau adaptor A/C, yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai.

Jika kamu memilih untuk membeli laptop, berarti kamu sudah harus tahu konsekuensinya, bahwa monitor dan keyboard tidak dapat dilepas serta layar pada monitor bukanlah touchscreen, sehingga tidak bisa disentuh untuk dioperasikan. Kalau kamu mencari laptop dengan monitor touchscreen, jawabannya ada pada notebook 2-in-1.

Notebook 2-in-1

Notebook 2-in-1, pada dasarnya serupa dengan laptop. Itu terdiri dari beragam komponen hardware, serta monitor dan juga keyboard. Akan tetapi, perbedaan secara signifikan antara laptop konvensional dan notebook 2-in-1 adalah notebook 2-in-1 bisa dioperasikan melalui sentuhan tangan atau biasa yang disebut touchscreen. Jadi, notebook 2-in-1 merupakan gabungan antara tablet dan fitur yang tersedia di laptop.

Notebook 2-in-1 sendiri juga terbagi menjadi dua loh. Pertama, ada hybrid. Hybrid merupakan laptop atau notebook 2-in-1 yang mana layarnya bisa dilepaskan dari keyboard, dan secara otomatis berfungsi sebagai tablet. Biasanya, model hybrid menggunakan "dock" khusus untuk merekatkan layar ke keyboard. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir terjatuh saat kamu hanya menggenggam keyboard maupun layarnya saja.

Kemudian, ada model yang disebut convertible. Pada prinsipnya, model convertible ini tidak bisa dipasang-lepas antara keyboard dengan layar. Namun, meski mampu untuk dioperasikan secara touchscreen, notebook 2-in-1 convertible hanya bisa membalikkan atau memutar layar laptop hingga berbentuk tablet. Setelah kamu memutarnya sampai 360 derajat, tentu saja kamu bisa memainkan layaknya sebuah tablet. Tapi, dengan dimensi ketebalan yang lebih besar pastinya.

Dengan penjelasan di atas, apakah kamu mengerti perbedaan antara laptop dan notebook 2-in-1 serta fungsi pengoperasiannya? Jangan lupa share saran dan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ini ya.

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT

Review ASUS ROG G752VY, Laptop Gaming Termurah Harga 30 Jutaan

ASUS GL502, Laptop Gaming 4K Berbodi Tipis dan Enteng

8 Kelebihan ROG G551, Laptop Gaming Terjangkau ASUS Berkemampuan 4K

10 Laptop Gaming Harga 4 Jutaan Terbaik 2020, Harga Murah Spek Tangguh!

ASYIK! Laptop Gaming Tertipis di Dunia Akhirnya Hadir di Indonesia

APPS TERKAIT
Internet Download Manager 6.38 Build 2
Apps Tonec Inc.
Leawo Blu Ray Player 1.9.2.3
Apps Leawo Software Co
Adobe Acrobat Reader DC 2.0.0.483
Apps Adobe Systems Inc
Mozilla Firefox Quantum 66.0.1
Apps Mozilla Organization
undefined
Kembali Keatas