Ini Perbedaan Hard Reset dan Soft Reset di Android

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 08 Januari 2017, 18:00
Bingung cara reset Android? Simak dulu yuk beda soft reset dan hard reset di Android!

Kamu pernah ada dalam kondisi perlu reset HP Android milikmu? Sudah tahu caranya atau bahkan kamu masih bingung maksud reset itu apa? Nah, untuk kamu yang sedang bingung tentang reset Android, kali ini Jaka akan membahasnya. Dan yang bakal Jaka bahas sekarang adalah perbedaaan soft reset dan hard reset di Android dan cara melakukannya.

Di antara kamu mungkin masih sering kurang tepat atau salah paham dalam mengartikan soft reset dan hard reset. Lalu apa sih sebenarnya pengertian dari soft reset dan hard reset pada Android? Simak yuk!

BACA JUGA
  • 4 Cara Factory Reset Komputer atau Laptop Windows
  • Cara Buat Android Seperti Baru dengan Factory Reset
  • 11 Cara Membuka HP yang Terkunci dengan Mudah, Dijamin Praktis dan Ampuh!

Perbedaan Hard Reset dan Soft Reset di Android

Pengertian Hard Reset

Pengertian hard reset sering dikaitkan dengan ** Factory Reset **. Dalam pengertian sebenarnya, hard reset adalah cara mengembalikan perangkat Smartphone ke pengaturan awal/pabrikan. Proses ini akan menghapus semua aplikasi yang ada pada perangkat, kecuali aplikasi bawaan.

Perangkat Android mempunyai 3 bagian memori, yaitu memori sistem, memori internal, dan memori eksternal. Nah, saat kita melakukan hard reset, maka semua data dan file yang berada pada memori internal akan terhapus.

Persiapan Melakukan Hard Reset di Android

Persiapan sebelum memulai hard reset adalah backup terlebih dahulu file dan data yang dirasa penting ke dalam memori eksternal. Kemudian selama proses hard reset berlangsung, usahakan kondisi baterai masih cukup hingga proses selesai.

Masuk ke menu kontak, kemudian buka pengaturan, pilih sinkronisasi ke dalam email. Cara lainnya, buka pengaturan, pilih ekspor ke SDCard, dengan begitu file backup kontak yang berekstensi .vcf akan tersimpan ke kartu memori. Untuk me-restore file tersebut, tinggal ulangi cara di atas kemudian pilih impor dari SDCard.

Agar lebih mudah dalam proses backup SMS, gunakan saja aplikasi ** Backup & Restore ** yang dapat diunduh secara gratis di Google Play. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk backup data kontak.

Bagaimana cara backup file lain yang penting seperti History Browser, Score/Level Game, Memo, dll.? Gunakan saja aplikasi Titanium Backup Pro yang dapat diunduh dengan mudah di Google Play. Aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk urusan backup data dan digunakan banyak orang karena memberikan fungsional yang luar biasa.

Cara melakukan Hard Reset di Android

Pengertian Soft Reset

Dikutip dari laman forums.androidcentral.com, soft reset adalah proses yang dilakukan dengan cara mematikan dan menghidupkan kembali perangkat. Cara ini biasa dilakukan saat perangkat dalam kondisi bootloop atau nge-hang. Dengan cara soft reset maka tidak ada file atau data yang akan terhapus.

Cara Melakukan Soft Reset

Tekan tombol power pada perangkat Android, pilih Power Off. Keluarkan baterai jika bisa, jika tidak maka biarkan saja, tunggu selama 10-30 menit kemudian hidupkan perangkat Android lagi. Selesai.

Nah, itulah beda soft reset dan hard reset di Android. Cara reset Android manakah yang akan kamu pilih? Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT

Snapdragon 835 Vs Snapdragon 821, Mana yang Lebih CANGGIH?

Tandingi Xiaomi, LeEco Luncurkan Dua Sepeda Pintar Dengan OS Android!

Cara Copas Teks dari Gambar di Android| Gak Pake Ribet!

5 Fakta Mengejutkan Tentang Bahaya USB Type-C

26 Foto Kesalahan Fatal yang Bikin Mood Kamu Berantakan (Part 3)

APPS TERKAIT
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
undefined
Kembali Keatas