Perbedaan Google Maps dan Earth, Ada Kisah Menarik Saat Pembuatannya Lho!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 09 Mei 2017, 10:00
meskipun keduanya dibuat dengan tujuan yang kurang lebih sama yakni untuk mengeksplorasi dunia. Lalu, apa perbedaan Google Maps dan Google Earth?

Pada awalnya mungkin kamu akan menganggap bahwa Google Maps dan Google Earth adalah dua aplikasi yang sama. Tapi, sebenarnya mereka sangat berbeda. Ya, meskipun keduanya dibuat dengan tujuan yang kurang lebih sama yakni untuk mengeksplorasi dunia.

Lalu, apa perbedaan Google Maps dan Google Earth? Terus bagaimana awal pembuatan keduanya? Sedikit Jaka kasih bocoran nih, ternyata Google Maps dan Google Earth tidak murni ciptaan Google loh.

BACA JUGA
  • 7 Fitur Baru Google Maps, Bikin Kamu Anti Telat dan Nyasar
  • 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menambahkan Lokasi dan Share di Google Maps
  • Wow! Tampilan Google Earth Terbaru Tampak Lebih Nyata

Perbedaan Google Maps dan Google Earth

Awal Pembuatan Google Maps dan Google Earth

Google Earth awalnya dikenal sebagai Earth Viewer yang dikembangkan oleh Keyhole Inc., sebuah perusahaan yang diambil alih oleh Google pada tahun 2004. Produk ini, kemudian diganti namanya menjadi Google Earth tahun 2005.

Pada tahun 2004, dua bersaudara asal Denmark, Lars dan Jens Eilstrup Rasmussen menyampaikan pada Google sebuah ide. Yakni peta online yang tidak statis, tapi bisa digunakan untuk mencari lokasi, dan dapat diperbesar.

Google pun tertarik dengan ide tersebut. Maka mereka membeli Where 2 Technologies, perusahaan yang dipimpin dua bersaudara Denmark itu.

Lebih lanjut, Google juga membeli perusahaan bernama Keyhole. Mereka inilah yang mengembangkan software visualisasi bumi yang merupakan cikal bakal Google Earth.

Google Maps Lebih Lokal

Google Maps dirancang untuk memenuhi kebutuhan dari penggunanya. Seperti mencari bisnis lokal, melihat peta, mendapatkan petunjuk, informasi lalu lintas real-time, melihat jadwal keberangkatan Trans Jakarta, dan masih banyak lagi.

Google Maps for Android 10.35.2
Apps Productivity Google Inc.
DOWNLOAD

Nah yang terbaru bahkan dengan Google Maps kamu dapat melacak keberadaan teman secara real-time. Google melacak riwayat lokasi pengguna yang digunakan untuk fitur yang disebut Timeline.

ADVERTISEMENT
Teman Suka 'Ngaret'? Begini Cara Melacak Lokasi Teman dengan Google Maps
dengan fitur terbaru dari Google Maps ini kita dapat kasih tahu berapa lama tepatnya akan sampai ditempat tujuan. Bukan cuma itu, kita juga bisa melacak langsung perjalanan teman kita.
LIHAT ARTIKEL

Google Earth Dibuat untuk Penjelajah

Sementara Google Earth dapat membawa kamu pada tur virtual tempat-tempat indah yang berbeda di belahan bumi. Ya, pada dasarnya, Google Earth dapat diasumsikan sebagai bagian dari Google Maps. Tapi, lebih mengutamakan pengalaman daripada utilitas.

Baru-baru ini Google kembali memberikan empat buah fitur canggih yang bisa digunakan di Google Earth. Berikut fiturnya:

Google Earth for Android 8.0.2.2334
Apps Productivity Google Inc.
DOWNLOAD

Harus kah Install Keduanya?

Jadi, kenapa harus Google Earth jika kamu sudah menginstal Google Maps? Ya, inti dari Google Earth adalah untuk mengunjungi tempat yang berbeda di seluruh dunia.

Sementara, Google Maps hadir untuk memenuhi kebutuhan kamu. Nah jadi, kalau kamu belum pernah nyoba atau sudah dihapus, coba lagi Google Earth-nya. Bagaimana pendapat kamu?

Baca juga artikel seputar Google atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Dapat Penghargaan YouTube 'Play Button'

7 Game Android Terbaru Gratis Edisi Mei 2017

Cara Menginstal Messenger Lite di Android, Hemat Kuota dan Baterai!

7 Aplikasi Android Terbaru Gratis Edisi Mei 2017

10 Game Perang Zombie Android Terbaik (Offline dan Online)

APPS TERKAIT
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
undefined
Kembali Keatas