Gak Selalu Salah Operator, Ini 5 Penyebab Sinyal Smartphone Jelek Terus

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 04 Oktober 2017, 12:30
Hal-hal ini mungkin adalah alasan di balik jeleknya kualitas sinyal smartphone kamu. Simak yuk ulasan Jaka berikut ini!

Walau beragam smartphone kini berjejer di pasaran, sayangnya hal itu dirasa sebagian orang tidak berbanding lurus dengan kekuatan jaringan yang ada di Indonesia.

Masih sering kita dengar bahwa beberapa operator hanya menyajikan kualitas sinyal yang rendah, bahkan terkesan jelek.

Namun, jangan buru-buru untuk menilai bahwa si operator yang salah. Pasalnya, terdapat beberapa alasan yang mungkin ada di perangkat kamu, namun tidak disadari. Hal-hal di bawah ini mungkin adalah alasan di balik jeleknya kualitas sinyal kamu. Simak yuk ulasan Jaka berikut ini!

BACA JUGA
  • Amankah Data HP Jika Menghapus Cache? Ini Kelebihan dan Kekurangannya
  • Masih Canggih! 5 Smartphone Flagship Tahun Lalu Ini Masih Diburu Hingga Saat Ini
  • Segera Hapus 6 Aplikasi Ini Untuk Meningkatkan Kinerja Smartphone!

5 Penyebab Sinyal Smartphone Jelek Terus

1. Kebanyakan Aplikasi

Ada berapa aplikasi yang bertengger di smartphone kamu? Mungkin bagi mereka yang memiliki perangkat dengan kapasitas ROM kecil tidak banyak memiliki aplikasi. Namun, lain halnya bagi mereka yang berperangkat smartphone dengan kapasitas penyimpanan besar.

Namun sayang, jumlah aplikasi yang berlebihan rupanya bisa menjadi alasan sinyal di jaringan ponsel kamu bertahan di 1 atau 2 bar saja.

Semakin banyak aplikasi, maka semakin sedikit pula sinyal yang bisa di cakup oleh perangkatmu. Maka dari itu, mulailah membatasi jumlah aplikasi yang ada di dalam smartphone kamu.

2. Terlalu Sering Menggunakan Aplikasi Gratis

Aplikasi gratis tidaklah sepenuhnya gratis. Pasalnya, di dalam beberapa aplikasi gratis sudah pasti ditemukan iklan.

Iklan tersebut adalah sumber pendapatan dari para pengembang aplikasi. Sayangnya, iklan di dalam aplikasi gratis bisa menjadi salah satu penyebab sinyal smartphone jelek.

ADVERTISEMENT

Iklan yang ada di dalam aplikasi gratis membutuhkan jaringan dalam menampilkan konten mereka. Jika kamu lupa menutup aplikasi gratis seusai digunakan, iklan tersebut tetap mencari sinyal, karena mengira pengguna masih menggunakan aplikasi terkait. Maka, jangan heran bila sinyal kamu seakan berat walau ponsel dalam keadaan tidak digunakan.

3. Sistem Operasi

Sistem operasi di sini bukan bermaksud untuk menyudutkan Android ataupun iOS. Yang Jaka maksud di sini adalah versi dari sistem operasi yang dikirimkan oleh penciptanya.

Walau versi OS di dalam smartphone kamu adalah yang terbaru, bisa jadi OS tersebut kurang cocok dengan komponen yang ada di dalamnya.

Saat tidak ada kecocokan di antara software dan hardware, bukanlah hal yang mustahil bila antena smartphone, yang notabene merupakan komponen dari smartphone, tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

4. Tidak Menutup Jendela Aplikasi Sesudah Digunakan

Inilah kebiasaan buruk kebanyakan pengguna smartphone, yakni tidak menutup aplikasi yang telah selesai digunakan.

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, aplikasi yang tidak ditutup akan dianggap masih digunakan sehingga perangkat masih akan terus mengirimkan sinyal yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.

5. Adanya Malware

Malware adalah sejenis software jahat yang bertugas sebagai pencuri data yang ada di dalam perangkat yang dihampirinya. Cara kerja dari malware adalah membuka seluruh akses dan menggunakan jaringan yang diterima oleh perangkat, untuk nantinya mengirimkan data yang telah mereka terima.

Saat sebuah perangkat telah mengemban sebuah malware, maka sinyal akan dipusatkan ke aktivitas malware tersebut. Dengan demikian, kamu wajib mencari aplikasi pendeteksi malware untuk menghindari adanya kemungkinan ini.

Akhir Kata

Itulah tadi 5 kemungkinan penyebab sinyal smartphone menjadi lemah. Jika sudah mengikuti tipsnya namun masih nihil, berarti itu memang dari operator seluler kamu.

ARTIKEL TERKAIT

Anti Lemot, Ini Cara Menambah RAM HP Android | No Root!

Benarkah Skor AnTuTu Jadi Penentu Performa Smartphone?

15 Cara Mengatasi HP Android Lemot agar Kembali Ngebut, Paling Ampuh & Lengkap!

7 Aksesoris HP Paling Unik dan Paling Berguna, Mana yang Kamu Mau Beli?

7 Aplikasi Mining Bitcoin di HP Android Terbaik 2021, Dijamin Cuan!

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Netflix 7.48.0
Apps Netflix, Inc.
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
undefined
Kembali Keatas