5 Penyebab Komputer/Laptop Lemot Saat Dinyalakan

Ditulis oleh Jaka - Senin, 05 Pebruari 2018, 15:00
Gak melulu soal virus, malware atau kerusakan, program atau aplikasi yang ada di perangkaat ternyata juga bisa jadi penyebab komputer atau laptop kamu lemot saat akan dinyalakan. Lima program ini salah satunya.

Komputer atau laptop lemot memang jadi salah satu hal paling menyebalkan, terutama saat baru dinyalakan. Aktivitas kamu yang membutuhkan perangkat komputer atau laptop sesegera mungkin tentunya akan jadi terhambat. Nyebelin banget, bukan?

Padahal, kamu gak harus mengalaminya kalau tau penyebabnya. Ya. Kali ini JT akan kasih tau kamu lima program penyebab komputer atau laptop lemot saat dinyalakan.

BACA JUGA
  • 7 Hal Ini Ternyata Penyebab Internet Lemot di Smartphone Kamu
  • Waspada! Ini Solusi Gunakan WhatsApp Anti Lemot yang Sebenarnya
  • Awas! 5 Kasus Lemot di Laptop Ini Ternyata Disebabkan Antivirus

Ini 5 Penyebab Komputer/Laptop Lemot Saat Dinyalakan

Gak melulu soal virus, malware atau kerusakan perangkat, program atau aplikasi yang ada di komputer atau laptop kamu ternyata juga bisa jadi penyebab komputer atau laptop kamu lemot saat akan dinyalakan. Berikut ini lima programnya:

1. Gaming Client

Kamu yang berstatus gamer pastinya populer dengan yang namanya gaming client. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah Steam. Berbagai game dari berbagai genre sebut saja RPG, free to play, adventure hingga indie bisa kamu mainkan menggunakan akun yang ada di program tersebut.

Sumber foto: Sumber: Wccftech

Tapi tahukah kamu kalau penggunaan Steam atau program sejenis ternyata jadi salah satu penyebab laptop lemot? Salah satu keuggulan menggunakan gaming client adalah adanya update atau pembaruan secara berkala pada game yang kita mainkan. Hal itu otomatis membuat laptop jadi melambat begitu dinyalakan.

2. Aplikasi Chatting

Berbagai aplikasi chatting kini memiliki berbagai versi yang bisa digunakan alias kompatibel di berbagai perangkat yang kamu punya, termasuk komputer dan laptop. Mayoritas aplikasi chatting bisa langsung memulai otomatis kala komputer dinyalakan.

Bermaksud untuk memudahkan, fitur tersebut nyatanya malah akan jadi salah satu penyebab komputer lemot alias melambat saat dinyalakan. Akan langsung memasang status online sembari membiarkan pengguna lain mengetahui kamu sudah terhubung, bug yang ada di aplikasi chatting malah menjadikan perangkat lambat ketika dinyalakan.

3. Program Adobe

Adobe memiliki berbagai program yang sangat berguna, terutama bagi kamu para pelajar atau pekerja/profesional yang sehari-hari menggunakannya. Sayangnya, beberapa fitur seperti auto-update dan yang lainnya juga bisa membuat komputer atau laptop melambat alias lemot begitu dinyalakan.

ADVERTISEMENT
Adobe Acrobat Reader DC 2.0.0.483
Apps Office & Business Tools Adobe Systems Inc
DOWNLOAD

4. Cloud Storage

Cloud storage atau tempat penyimpanan digital yang menggunakan ruang di internet ternyata bisa jadi salah satu hal yang menyebabkan perangkat komputer atau laptop kamu melambat saat dinyalakan lho.

Sumber foto: Sumber: Acronis

Ya, program semisal Google Drive atau DropBox bisa dengan otomatis mensinkronisasi file kamu begitu perangkat dinyalakan. Dengan kata lain, cloud storage akan mempengaruhi kecepatan proses tersebut dalam hal ini melambatkannya.

5. Program atau Aplikasi Apple

Kamu pengguna komputer atau laptop berbasis Windows tapi sering atau gemar menggunakan berbagai program dari Apple tampaknya harus lebih berhati-hati. Berbagai program dari Apple sebut saja iTunes Helper atau Apple Push nyatanya bisa membuat komputer atau laptop kamu lemot saat dinyalakan.

Penyebab Lainnya dan Cara Mengatasinya?
Menjengkelkan apabila PC menjadi lemot seiring berjalannya waktu. Nah, berikut Jaka akan kasih tahu cara mengatasi komputer lemot beserta penyebabnya.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah lima program penyebab komputer atau laptop lemot saat dinyalakan. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu kini bisa menanggulangi permasalahan tersebut dengan mematikan aktivitas program-program tersebut di background, atau melakukan unisntall jika memang gak diperlukan lagi.

Baca juga artikel seputar Komputer atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

5 Penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya

3 Cara Mudah Mengatasi Android Lemot Tanpa Root

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Langsung Ngebut!

3 Tips Mengatasi Masalah Sensor Fingerprint yang Lemot di Smartphone

5 Penyebab Performa Laptop LEMOT dan Cara Mengatasinya

APPS TERKAIT
Quick Reboot (Root) 1.6.4
Apps PhongIT
Fast Reboot 1.9
Apps Great Bytes Software
Baidu PC Faster 5.1.3.125079
Apps Baidu
PC Inspector File Recovery 4.0
Apps Convar
undefined
Kembali Keatas