Penjelasan 5G, Sinyal GSM Terkencang di Dunia Saat Ini!

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 11 Mei 2017, 19:30
Setelah sinyal GSM 4G, dikabarkan saat ini sudah ada teknologi generasi 5 (5G). Hmm, seperti apa ya 5G itu? Yuk simak penjelasan Jaka!

Untuk terhubung ke internet, banyak orang saat ini lebih pilih pakai jaringan sinyal GSM daripada jaringan kabel. Alasannya karena tergolong praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, jaringan sinyal GSM yang sudah masuk generasi 4 (4G) sekarang sudah kencang dan stabil internetnya.

Setelah sinyal GSM 4G, dikabarkan saat ini sudah ada teknologi generasi 5 (5G). Hmm, seperti apa ya 5G itu? Yuk simak penjelasan Jaka terkait sinyal 5G berikut ini!

BACA JUGA
  • Trik Untuk Tingkatkan Sinyal HP Dengan Modal Goceng!
  • 15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Paling Mudah, Streaming Lancar Jaya!

Penjelasan Sinyal GSM 5G

Sumber foto: Gambar: GamaTechno

Dilansir melalui video Techquickie. Sinyal 5G dikembangkan mengikuti trend Internet of Things (IoT). Dimana banyak perangkat akan terhubung satu sama lain, disatu sisi untuk menghubungkan perangkat-perangkat ini butuh jaringan yang kuat. Terutama masalah latency, dimana 5G sendiri mengejar performa latency satu digit.

Sumber foto: Gambar: SpeedTest

Apakah kamu tahu alasan mengapa performa sinyal 5G mengejar latency satu digit? Latency satu digit itu sendiri apa?

Kalau kamu melakukan uji kecepatan internet, ada yang namanya ping. Ping ini adalah latency, dimana kalau semakin kecil maka semakin baik. Umumnya sinyal 4G rata-rata masih 2 digit, sekitar 10ms hingga 50ms. Nah sinyal 5G ini memiliki target lebih cepat yaitu 1ms hingga 9ms.

Alasan mengapa ditargetkan latency satu digit adalah agar perangkat IoT dapat merespon dengan cepat. Contohnya begini, sebuah mobil cerdas yang bisa dikendalikan melalui smartphone. Apabila latency tinggi, mobil cerdas ini bisa telat berbelok dan menabrak. Tentu kamu tidak ingin hal seperti ini terjadi. Karena akan populer trend seperti inilah sinyal 5G dikembangkan.

Sumber foto: Gambar: ShutterStock

Selain memiliki latency rendah, sinyal 5G juga memiliki bandwidth yang sangat besar. Secara teori bisa hingga 20Gbps, meski kenyataan dilapangan saat ini rata-rata baru 100Mbps. Tapi kecepatan 100Mbps ini juga sudah tergolong cepat, mengingat sinyal 4G rata-rata 10Mbps hingga 50Mbps untuk rata-rata di lapangan.

Alasan mengapa bisa tercipta sinyal yang memiliki latency rendah dan bandwidth tinggi, yaitu karena sinyal 5G sangat padat atau memakai frekuensi tinggi. Namun ada kelemahannya. Dimana biasa sinyal 4G bisa menjangkau area lebih luas, sinyal 5G harus terfokus. Hal ini berpengaruh pada kekuatan sinyal nantinya.

ADVERTISEMENT

Video Techquickie Yang Dilansir

Penjelasan Binning CPU dan GPU dan RAM
Untuk memilih CPU dan GPU dan RAM terbaik, tentu ada cara dan prosesnya. Cara dan proses ini biasa disebut dengan binning. Seperti apa ya kira-kira proses binning? Yuk simak selengkapnya penjelasan terkait binning!
LIHAT ARTIKEL

Meski teknologi 5G sudah ada, tapi untuk menyebar masih butuh waktu sangat lama. Mungkin pada tahun 2020 nanti paling cepat, sementara baru ada dibeberapa tempat saja. Bagaimana pendapat kamu, siap dengan internet lebih cepat?

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Sinyal atau tulisan menarik lain dari Putra Andalas.

Banner: ShutterStock

ARTIKEL TERKAIT

Review Chuwi Lapbook 15,6: Wow! MACBOOK Killer Seharga Rp 3 Jutaan

Review SteelSeries APEX M650: Ini Baru Profesional!

Mouse Terbaik Untuk Game MOBA/MMO? Cek Review SteelSeries Rival 500!

Harga RAM PC/Laptop Naik Hingga 2 Kali Lipat! Kok Bisa Ya?

Ini Perkembangan Bitcoin 5 Tahun Terakhir, Yakin Nggak Mau Invest?

APPS TERKAIT
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
LINE for Android 10.0.2
Apps Naver
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
undefined
Kembali Keatas