3 Tips Aman Agar Terhindar dari Modus Penipuan Uang Lewat WhatsApp

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 09 Pebruari 2019, 20:00
Berbagai macam aksi penipuan masih terjadi lewat WhatsApp. Yang terbaru adalah penipuan uang berkedok ‘teman’.

Penipuan uang melalui aplikasi messaging, WhatsApp, bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, banyak modus yang digunakan pelaku untuk menipu korban.

Kerugian yang diderita korban pun bervariasi dan tidak sedikit yang kehilangan hingga ratusan juta.

Terbaru, ada modus penipuan berbahaya via WhatsApp di mana si pelaku berpura-pura sebagai teman .

Di artikel kali ini, Jaka mau jelasin lebih detail soal modus penipuan uang tersebut dan tips aman agar terhindar dari penipuan uang lewat WhatsApp.

Modus Penipuan Uang Melalui WhatsApp, Ratusan Juta Melayang

Sumber foto: VectorStock

Cara si pelaku menjerat korbannya adalah dengan membajak akun WhatsApp salah satu pengguna. Pelaku kemudian memakai akun tersebut untuk menipu teman-teman di daftar kontak tersebut.

Menurut data dari McAfee, 46 persen orang Inggris telah menjadi korban peretasan atau hacking penipuan dengan modus teman tersebut dan uang mereka pun ikut hilang.

Dilansir dari berbagai sumber, rata-rata orang Inggris bisa tertipu hingga 725 Poundsterling atau setara dengan Rp13,1 juta.

Sementara di Singapura ada 10 orang yang sudah menjadi korban penipuan dengan modus tersebut.

ADVERTISEMENT

WhatsApp Jauh dari Kata Aman

Ssebelum kasus penipuan yang mengatasnamakan teman tersebut mencuat, ada banyak kasus-kasus penipuan lainnya yang telah terjadi.

Sebut saja modus undian berhadiah, modus jual beli mobil, dan modus online shop (pelaku menaruh barang di toko olshop dan menyertakan nomor WA yang bisa dihubungi).

Untuk itu, aplikasi terpopuler di dunia, WhatsApp, masih jauh dari kata aman. Buktinya, penipu masih bisa membobol akun milik pengguna WhatsApp.

Cara Pelaku Membobol Akun WhatsApp

Bagaimana si pelaku membobol akun WA pengguna?

Pelaku akan membobol akun milik salah seorang pengguna yang telah menjadi incaran. Caranya, setelah pelaku mendaftar dengan nomor telepon milik pengguna tersebut, pelaku akan meminta pemilik nomor itu mengirimkan kode verifikasi WhatsApp.

Begitu kode verifikasi itu diberikan, si pelaku sudah mendapatkan akun WhatsApp. Setelah itu, ia memakai profile si pengguna tersebut untuk menjerat teman-teman yang ada di daftar kontak.

Kemudian, si pelaku meminta anggota keluarga atau teman pemilik akun WA yang ia curi tadi mengirimkan sejumlah uang. Akibatnya, anggota keluarga dan teman pun ikut menjadi korban.

Tips Agar Tidak Menjadi Korban Penipuan

Berikut ini Jaka akan bagikan tips agar terhindar dari modus penipuan berpura-pura jadi teman tersebut.

Akhir Kata

Sekian artikel tentang penipuan uang berkedok teman beserta tips aman supaya tak jadi korban. Tetap waspada dan jangan pernah serahkan kode verifikasi akun WhatsAppmu kepada siapapun.

ARTIKEL TERKAIT

5 Cara Mudah Memperbarui Whatsapp di HP Android

5 Aplikasi WhatsApp Terlarang Super Canggih yang Aman untuk Digunakan

4 Penipuan yang Paling Sering Terjadi di Mobile Legends

7 Kasus Penipuan Terburuk yang Pernah Terjadi di Dunia Internet

5 Aplikasi Chatting Android Ini Lebih Asyik dari WhatsApp!

undefined
Kembali Keatas