PC Gaming Kamu Siap Untuk VR? Simak Resep Rakitan JalanTikus!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 17 Juni 2016, 13:00
Apakah PC gaming kamu sudah bisa menjalankan VR? Kalau belum, Jaka memberi panduan merakit PC yang kuat untuk VR dengan budget yang pas. Penasaran kan? Simak lebih lanjut yuk!

Sekarang sudah jamannya Virtual Reality (VR). Menggunakan teknologi VR, game akan tampil lebih nyata, dan gamer bisa merasakan berada di tengah-tengah lingkungan game secara langsung dan bebas melihat ke segala arah. Bermain game dalam VR membutuhkan kecepatan PC yang tinggi, karena PC perlu me-render dua gambar, satu untuk mata kiri dan satu untuk mata kanan.

Apakah PC gaming kamu sudah bisa menjalankan VR? Kalau belum, Jaka memberi panduan merakit PC yang kuat untuk VR dengan budget yang pas. Penasaran kan? Simak lebih lanjut yuk!

Game Team Fortress 2 dalam VR
BACA JUGA
  • Bikin 'Oculus Rift' Sendiri di Bawah Sejuta? Ini Caranya!
  • Review: Cooler Master MasterCase Maker 5, Casing PC Gaming Murah Gagah Perkasa!
  • Inilah Komponen PC Gaming Paling Penting Saat Merakit Komputer Idaman

Tips Merakit PC yang Kuat Untuk Virtual Reality

Syarat-syarat PC gaming yang bisa menjalankan VR adalah:

Untuk keperluan VR, Jaka menggunakan PC desktop yang dirakit menggunakan komponen-komponen berikut:

ADVERTISEMENT

Tujuan bermain game VR tentu saja lebih mementingkan adanya HMD dibandingkan monitor, tapi karena saat ini HMD belum bisa menjadi monitor yang berdiri sendiri, kita tetap membutuhkan monitor gaming yang handal, terutama karena mungkin gamer tidak setiap kali bermain game dalam mode VR, dan ingin bermain normal. Pemilihan layar IPS 1440p 144Hz dengan ukuran 27 inci memastikan bahwa kualitas gambarnya lebih cling dan mulus daripada Full HD biasa.

Pengujian Kecepatan PC

Pengujian Gaming

Untuk gaming, Jaka menguji menggunakan Rise of the Tomb Raider v1.0 build 647 yang sudah mendukung DirectX 12, serta stereoscopic 3D/VR rendering. Pengujian ini tetap melakukan render dua kali lipat lebih berat, sehingga cukup mewakili keadaan game yang sudah VR-enabled pada umumnya.

Perlu diingat bahwa Rise of the Tomb Raider belum mendukung LiquidVR, sehingga kecepatan yang bisa didapatkan harusnya lebih tinggi lagi kalau gamenya sudah mendukung teknologi tersebut. Bila mendukung LiquidVR maka GPU bisa langsung bekerja dengan fitur asynchronous timewarping dan late-latch.

Bagaimana kami menguji?

Hasil Pengujian

Pada seting tertinggi dan resolusi 1440p, PC gaming AMD menghasilkan kecepatan render game yang mulus dengan rata-rata di kisaran 52 frame per detik, dan terkadang drop ke 38-40 fps. Begitu kita mengaktifkan VR/SBS, GPU harus bekerja dua kali lipat lebih berat, sehingga kecepatannya pun turun ke bawah 40 fps.

Ketika kita turunkan resolusi ke 1080p atau mengurangi tingkat detail, baru didapatkan pengalaman bermain yang mulus. Asalkan kecepatan berada di atas 40 fps sepanjang waktu, tidak terjadi pusing/mual dalam Side-by-Side mode sama sekali. Di tabel, warna hijau menandakan setting yang paling optimal/mulus untuk bermain VR.

Kombinasi AMD FX 8370 octa-core dan Radeon R9 Fury Nano menghasilkan pengalaman bermain VR yang mulus dan nyaman baik di resolusi native (1440p) dengan detail High, ataupun 1080p dengan detail Very High/maksimum. Untuk bermain game VR dalam detail tertinggi dan resolusi 1440p tampaknya diperlukan dua buah GPU R9 Fury Nano dalam mode CrossFireX.

Kesimpulan

Mungkin saat ini PC gaming yang kamu punya di rumah mampu menjalankan game-game berat (istilahnya: rata kanan), tetapi kalau untuk VR, belum tentu komputer itu sanggup menjalankannya dengan mulus. Masalahnya, kalau tampilan patah-patah, otak kita akan bingung dan menimbulkan mual/mabuk sehingga bermain game VR tidak nyaman.

Untungnya, aplikasi uji yang disediakan oleh Valve, yaitu Steam VR Performance Test, bisa digunakan untuk siapa saja secara gratis. Coba jalankan di PC, dan lihat hasilnya. Atau coba jalankan Rise of the Tomb Raider dalam mode DirectX 12 dan stereoscopic/SBS. Kalau hasilnya kurang mulus, mungkin sudah saatnya kamu pertimbangkan mengganti PC/upgrade ke hardware AMD? :)


Prosesor, motherboard, GPU, dan monitor untuk pengujian disediakan oleh AMD Indonesia.

ARTIKEL TERKAIT

ASUS ROG G20AJ, PC Gaming Hemat Energi dengan Spek MONSTER!

10 Laptop Gaming yang Paling Banyak Dibeli Mahasiswa

Review ASUS ROG G551VW, Laptop Gaming Murah dengan Layar 4K

25 Laptop Gaming Murah dan Terbaik Mei 2016

Review ASUS ROG GL552VW, Laptop Gaming Terbaik Harga di Bawah 15 Juta

Review ASUS ROG GL502VT, Laptop Gaming Paling Tipis dengan Spesifikasi Gahar

APPS TERKAIT
GPU-Z 0.8.3
Apps techPowerUp
NVIDIA GeForce Drivers 347.52 WHQL Vista
Apps NVIDIA Corporation
AMD Catalyst Drivers 14.12 Windows 7
Apps AMD Inc
NVIDIA nForce 15.56 WHQL Vista
Apps NVIDIA Corporation
undefined
Kembali Keatas