15 Negara dengan Pengguna Internet Terbesar di Asia Pasifik 2018, Indonesia Nomor Berapa?

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 15 Juli 2018, 08:00
Kawasan Asia Pasifik memang dikenal memiliki perkembangan teknologi cukup pesat. Namun apakah kamu mengetahui negara manakah yang memiliki pengguna internet paling besar di kawasan ini?

Belakangan ini negara-negara di kawasan Asia Pasifik mulai mencuri perhatian dunia. Sebut saja Tiongkok yang menyaingi negara adidaya, hingga Jepang yang terkenal dengan perkembangan teknologi mutakhir yang dimilikinya.

Nah dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kira-kira negara mana yang memiliki pengguna internet terbesar di kawasan Asia Pasifik ini?

BACA JUGA
  • 10 Cara Mempercepat Koneksi Internet Google Chrome di PC
  • 12 Aplikasi Internet Gratis untuk Semua Operator, Gak Butuh Kuota!
  • 10 Game Tanpa Internet Terbaik di Android 2018, Gratis!

Inilah Negara Pengguna Internet Terbesar di Asia Pasifik 2018

Penetrasi internet di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia cukup terbantu dengan dukungan migrasi ke jaringan 4G LTE serta hadirnya banyak smartphone yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau.

Baca Juga: 20 Smartphone 4G Dibawah 1 Jutaan Terbaik di 2018

Dilansir dari Statista, berikut adalah 15 negara dengan pengguna internet terbesar di kawasan Asia Pasifik per Januari 2018. Kira-kira Indonesia ada nomor berapa ya?

1. Tiongkok - 751 juta pengguna

Di urutan pertama, sudah jelas ada Tiongkok yang saat ini menduduki pemuncak jumlah penduduk terbesar di dunia. Republik Rakyat Tiongkok sendiri memiliki setidaknya 751 juta pengguna internet dari sekitar 1 miliar penduduk yang tinggal di sana.

Sumber foto: chinadaily.com.cn

Penetrasi internet yang tergolong besar ini jelas sangat dipengaruhi perkembangan industri telekomunikasi Tiongkok yang menjadi pemain besar di dunia saat ini.

Sebut saja berbagai merk smartphone yang kamu gunakan berasal dari Tiongkok, seperti Huawei, Xiaomi, dan sebagainya guys.

ADVERTISEMENT

2. India - 462 juta pengguna

Menyusul di peringkat kedua, ada juga India yang memiliki pengguna internet sebanyak 462 juta pengguna dari lebih 1.3 miliar penduduk yang tinggal di sana. Angka ini cukup mengesankan, karena hampir setengah dari penduduk di sana sudah mendapatkan akses internet.

Sumber foto: qz.com

Selain Tiongkok dan Jepang, negara yang terkenal dengan Taj Mahal ini bisa dibilang memiliki tingkat perkembangan teknologi pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan potensi market yang cukup menjanjikan, banyak brand smartphone yang membangun pabrik di sana dan merilis smartphone terbaru mereka di pasar India lebih dulu loh.

Lanjut ke halaman berikutnya, nomor 3 bisa bikin tercengang guys!!!

3. Indonesia - 132.7 juta pengguna

Dan ternyata Indonesia menduduki peringkat ketiga negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di kawasan Asia Pasifik sepanjang 2018. Indonesia sendiri memiliki 132.7 juta pengguna internet dari sekitar 260 juta penduduk.

Baca Juga: Daftar Lengkap Harga Paket Internet Unlimited Juli 2018

Sumber foto: techinasia.com

Tidak seperti beberapa tahun ke belakang di mana akses internet masih susah didapatkan, beberapa waktu ke belakang pengguna di daerah pun sudah bisa mendapatkan akses internet.

Peralihan alias migrasi pengguna 2G menjadi 3G atau 4G LTE sendiri pun menjadi pendorong signifikan akan jumlah pengguna internet di Indonesia.

4. Jepang - 118.5 juta pengguna

Walaupun harus puas berada di peringkat keempat, Jepang yang memiliki pengguna internet sekitar 118.5 juta patut berbangga. Hal ini dikarenakan hampir keseluruhan penduduk di sana ternyata sudah memanfaatkan internet dengan cukup baik.

Sumber foto: pando.com

Apalagi dengan jumlah penduduk negara yang terkenal dengan manga dan animenya ini yang hanya berjumlah sekitar 126 juta jiwa saja guys. Artinya hanya kurang dari 10 juta jiwa yang belum mendapatkan internet loh. Hebat banget kan?

5. Bangladesh - 81.7 juta pengguna

Bangladesh adalah salah satu negara tetangga yang letaknya bersebelahan dengan India. Dengan total jumlah penduduk sekitar 164 juta jiwa, negara ini memiliki jumlah pengguna internet sebanyak 81.7 juta jiwa. Alias hampir setengahnya loh.

Sumber foto: continentalhospital.com

Perkembangan pengguna internet di Bangladesh sendiri diduga karena andil India yang menyebarkan teknologi yang dimilikinya di kawasan sekitar Asia Selatan.

Maka kamu jangan heran, negara-negara di kawasan ini seperti India dan Bangladesh akan menjadi pemain besar di industri teknologi dalam beberapa tahun ke depan.

Inilah Peringkat 6 - 15 Negara dengan Pengguna Internet Terbesar

Sumber foto: alphr.com

Nah jika kamu lihat, secara keseluruhan pengguna internet terbesar di Asia Pasifik didominasi peringkat 10 besar negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Lalu bagaimanakah dengan peringkat 6 hingga 15 di dalam daftar ini.

Berikut adalah peringkat 6-15 negara dengan pengguna internet terbesar di Asia Pasifik yang Jaka akan jelaskan melalui tabel di bawah ini.

Peringkat Negara Jumlah Pengguna Internet
6 Filipina 67 juta pengguna
7 Vietnam 64 juta pengguna
8 Thailand 57 juta pengguna
9 Korea Selatan 47.35 juta pengguna
10 Pakistan 44.6 juta pengguna
11 Malaysia 25.08 juta pengguna
12 Australia 21.74 juta pengguna
13 Taiwan 20.82 juta pengguna
14 Myanmar 18 juta pengguna
15 Nepal 16.19 juta pengguna

Akhir Kata

Selain dari ke-15 daftar di atas, negara-negara seperti Sri Lanka, Hong Kong, Singapura, Selandia Baru dan sebagainya hanya memiliki pengguna internet di bawah 10 juta pengguna guys. Gimana pendapat kamu? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Internet atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

10 Negara Dengan Jaringan Internet 4G LTE Tercepat di Dunia

10 Negara Dengan Programmer Wanita Terbaik di Dunia, Bukan Jepang Lho!

15 Video Game yang Dilarang di Berbagai Negara, HARAM Dimainkan Saat Ramadan!

100% Work! Begini Cara Browsing Tanpa Koneksi Internet di Android

15 Search Engine yang Lebih Aman untuk Browsing daripada Google Chrome

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
PUBG Mobile (Player Unknown Battleground) 0.17.0
Games Tencent Mobile International Ltd.
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
undefined
Kembali Keatas