Cara Mengatasi Masalah pada PC/Laptop Windows 10

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 18 April 2017, 10:00
sebagian besar masalah umum di Windows 10 bisa kamu atasi sendiri loh. Jadi, jangan sampai produktivitas kamu terganggu. Berikut adalah cara mengatasi masalah di Windows 10.

Kamu pengguna PC/laptop Windows 10? Seiring dengan waktu, mungkin kamu akan mengalami sejumlah masalah. Entah itu masalah kecil atau besar yang cukup merepotkan.

Jangan dibiarkan, karena sebagian besar masalah umum di Windows 10 bisa kamu atasi sendiri loh. Jadi, jangan sampai produktivitas kamu terganggu. Berikut adalah cara mengatasi masalah di Windows 10.

BACA JUGA
  • 9 Cara Menonaktifkan Mata-mata Pada Windows 10
  • Hati-hati! 5 Folder Windows Ini Tidak Boleh Kamu Hapus
  • Cara Mengatasi Windows 10 Expired Tanpa Instal Ulang

Cara Mengatasi Masalah di Windows 10

1. Drive Tidak Tampil di File Explorer

Pernah nggak mengalami data atau folder di komputer kamu lenyap begitu saja bagai ditelan bumi? Padahal kamu merasa nggak pernah menghapusnya, tapi kamu tidak bisa menemukan file tersebut baik di File Explorer ataupun Recycle Bin?

Jika iya, langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah klik kanan pada ruang kosong dan klik "Refresh". Jika itu tidak mempan, coba restart laptop kamu dulu. Masih nggak muncul juga?

2. Kolom Pencarian Hilang dari Start Menu

Kadang-kadang program dapat menonaktifkan kolom pencarian di start menu Windows dan membuatnya tidak dapat diakses. Jika kolom pencarian hilang di start menu, maka kamu dapat dengan mudah mengubahnya kembali.

Cara Menghilangkan Iklan yang Muncul di Laptop Windows 10
Cara menghilangkan iklan di Windows 10 ternyata sangat mudah. Simak beberapa cara blokir iklan yang tiba-tiba muncul di PC berikut ini! ⬇️
LIHAT ARTIKEL

3. File Tidak Dapat Dibuka di Program Default

Salah satu hal yang menyebalkan adalah ketika kamu double klik pada file dan tidak membuka program yang kamu inginkan. Banyak program yang mengubah program default untuk file tertentu pada saat instalasi.

Untungnya kamu dapat dengan mudah untuk mengubah program default untuk semua jenis file pada Windows.

4. Cara Mengaktifkan Konfirmasi Hapus

Pada Windows 8 dan 10, Windows tak lagi meminta konfirmasi ketika kamu menghapus sesuatu. Data yang terhapus lagi menuju ke Recycle Bin.

Tentu saja, bagi sebagian orang ini mengerikan. Kamu bisa kok mengembalikan izin ketika ingin menghapus sesuatu. Caranya:

5. Masuk Secara Otomatis ke Windows 10

Setiap ingin menggunakan PC/laptop, tentunya kamu bakal disuguhi login screen. Ya, kamu diminta memasukkan password.

Hal itu memang baik, untuk mengamankan komputer kamu agar tidak bisa sembarang di akses oleh sembarang orang. Tapi, jika PC/laptop kamu adalah digunakan bersama keluarga tentu akan merepotkan.

Nah berikut agar kamu tidak harus repot-repot memasukkan password.

6. Mode Hibernate Hilang

Jika mode Hibernate hilang pada power option dan hanya menampilkan opsi Sleep, Shut down dan Restart. Tenang, kamu bisa mengembalikannya. Berikut Caranya.

Akhir Kata

Nah itulah cara mengatasi masalah umum di PC/laptop berbasis Windows 10. Jika kamu punya tambahan, share di kolom komentar ya.

Baca juga artikel seputar Windows atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Akses File Komputer dari Smartphone Android

Oppo F3 Plus Black Edition Tersedia di Indonesia, Harga 6,5 Juta!

Cara Membuat Efek Clarendon Instagram di Photoshop

Modal 180 Ribu, Kamu Sudah Bisa Main VR Pakai Xiaomi Mi VR Play 2

APPS TERKAIT
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
undefined
Kembali Keatas