Cara Paling Jitu Perpanjang Usia Baterai Smartphone

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 27 Juli 2016, 17:00
Kamu engga mau dong sampai smartphone kamu rusak gara-gara performa baterai menurun. Berikut Cara Paling Manjur Memperpanjang Usia Baterai Smartphone.

Smartphone jaman sekarang diciptakan untuk memenuhi semua kebutuhan penggunanya. Mulai dari bersosialisasi, menunjang pekerjaan, hingga untuk menikmati berbagai hiburan seperti bermain game atau menonton video. Terang saja, spesifikasi dan fitur smartphone yang terus berkembang membuat kita tak bisa jauh-jauh dari smartphone.

Kecenderungan menggunakan smartphone secara berlebihan pun semakin besar. Selain bisa mengakibatkan kecanduan smartphone, umur baterai menjadi pendek. Kamu engga mau dong sampai smartphone kamu rusak gara-gara performa baterai menurun. Dilansir dari Tech Insider, berikut JalanTikus berikan cara untuk memperpanjang usia baterai smartphone.

BACA JUGA
  • Tips Hemat Baterai Smartphone Tanpa Harus Download Aplikasi
  • 5 Trik Untuk Menghemat Baterai Asus Zenfone Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Paling Mujarab Memperpanjang Usia Baterai Smartphone

Kebanyakan pengguna smartphone berpendapat, bahwa mengisi baterai yang baik adalah tunggu hingga baterai hampir habis dan mengisi sampai penuh. Ternyata metode tersebut tidak sepenuhnya benar. Menurut pemilik produsen baterai Codex, melalui websitenya Battery University mengatakan bahwa metode tersebut justru bakal mempersingkat umur baterai lithium-ion. Terus bagaimana cara memperpanjang usia baterai Android yang benar?

1. Jangan Biarkan Terlalu Lama Smartphone Terhubung dengan Charge

Kecenderungan melakukan charge terlalu lama secara terus menerus, justru bakal merusak baterai. Pasalnya baterai jenis lithium-ion ini memiliki semacam stress, yang jika secara terus menerus terjadi pada akhirnya akan mempersingkat umur baterai.

Ketika baterai sudah terisi sampai 100%, baterai tetap akan menyedot energi dalam jumlah kecil agar tetap terjaga dalam kondisi 100%. Perilaku inilah yang membuat baterai terus bekerja keras dan menimbulkan semacam stress pada proses kimiawi di dalam baterai.

2. Tidak Perlu Tunggu Sampai Baterai Hampir Habis dan Tidak Harus Mengisi Penuh 100%

Mentang-mentang kamu kerja dalam ruangan, kamu sengaja menghubungkan smartphone kamu ke listrik seharian. Jika kamu sering melakukan kebiasaan seperti itu, sebaiknya kamu harus berhenti. Pasalnya menurut Battery University, baterai jenis lithium-ion yang tertanam pada banyak smartphone saat ini sangat tidak dianjurkan diisi secara penuh.

Karena proses pengisian dari 0% hingga 100%, itu sangat membuat bahan-bahan kimia di dalam baterai bekerja sangat keras. Jadi, kamu engga perlu lagi terpaku sama kebisaan mengisi penuh baterai smartphone yang memakan waktu lama.

3. Charge Smartphone Bisa Kapan Saja dan Secukupnya

Smartphone sangat kita butuhkan dalam aktivitas sehari-hari dan melakukan charge adalah sesuatu yang menyebalkan. Apa lagi jika harus menunggu dari baterai hampir kosong sampai terisi penuh. Fakta bahwa smartphone tak mampu bertahan seharian memang menyedihkan.

ADVERTISEMENT

Ya, kamu tak harus menunggu baterai hampir habis lagi untuk mengisi baterai, kalau sekiranya sudah di bawah 40% kamu bisa melakukan charge. Sesuaikan saja, kalau mau pergi bisa diisi hingga 90-100%. Kamu juga bisa memanfaatkan power bank saat di luar, cukup isi hingga 80%.

4. Pastikan Temperatur Smartphone Tetap Dingin

Baterai smartphone sangat sensitif terhadap panas, terutama saat melakukan charge. Tak apa kita berhenti sejenak dan melakukan aktivitas lainnya. Jangan gunakan smartphone saat di-charge, apa lagi untuk bermain game.

Ketika tidak di-charge saja smartphone cepat panas ketika digunakan untuk bermain game, karena prosesor kerja keras apalagi ketika sambil di-charge? Pastikan juga, kamu melepas case smartphone jika temperatur smartphone kamu tinggi agar panas bisa menyebar dengan cepat. Menjaga temperatur tempat dingin, merupakan cara untuk memperpanjang usia baterai smartphone.

Itu 4 cara memperpanjang usia baterai smartphone Android. Sekarang kamu mungkin menganggap bahwa apa yang terjadi di smartphone Android kamu jauh lebih menarik. Namun, jangan sampai kamu mengacuhkan orang-orang di kehidupan nyata hanya karena asyik bermain dengan smartphone kamu ya. Apa pendapat kamu?

ARTIKEL TERKAIT

Haruskah Saya Mencabut Baterai Dari Laptop Agar Lebih Awet?

Haruskah Saya Mencabut Charger HP Ketika Tidak Digunakan?

5 Tips Merawat Baterai Laptop Non-Removable Biar Lebih Awet

Bolehkah Nge-Charge Smartphone dengan Charger Smartphone Lain?

8 Mitos Baterai HP Android yang Kamu Percaya Padahal Salah (Part 1)

APPS TERKAIT
Battery Calibration 1.2
Apps NéMa
Avast Battery Saver 1.0.861
Apps Avast Software
Greenify
Apps Oasis Feng
Battery Booster Lite 7.2.3.9
Apps
undefined
Kembali Keatas