AWAS! Malware Berbahaya Ini Dapat Membaca WhatsApp Hingga Mengambil Foto Pribadimu

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 30 Januari 2018, 10:00
Skygofree dikabarkan dapat melakukan sejumlah aktivitas berbahaya, termasuk merekam audio dan membaca pesan WhtasApp. Untuk tahu bagaimana penyebaran dan bahaya lebih rincinya, yuk langsung aja baca artikel ini hingga selesai!

Baru-baru ini perusahaan keamanan pembuat Antivirus Kaspersky menemukan perangkat pengintai atau spyware Spyware baru ini dinyatakan sebagai bentuk malware smartphone terkuat dan tercanggih yang pernah ada. Malware ini diberi nama Skygofree.

Skygofree dikabarkan dapat melakukan sejumlah aktivitas berbahaya, termasuk merekam audio dan membaca pesan WhtasApp. Duh, ngeri banget ya, untuk tahu bagaimana penyebaran dan bahaya lebih rincinya, yuk langsung aja baca artikel ini hingga selesai!

BACA JUGA
  • Awas, Ini 5 Ciri Aplikasi Malware di Smartphone Android!
  • Aplikasi Palsu Berisi Malware, Hindari dengan 4 Cara Ini!
  • Gamers Waspada! Malware Joao Jangkit Indonesia Lewat MMORPG

Skygofree, Malware Berbahaya yang Dapat Membaca WhatsApp Hingga Mengambil Foto

Meskipun Kaspersky baru menemukan Skygofree pada akhir tahun 2017, namun ternyata malware satu ini sudah berkembang sejak tahun 2014. Hal yang membuat Skygofree sangat berbahaya adalah cara ia didistribukan.

Skygofree didistribusikan melalui situs palsu yang dirancang agar terlihat berasal dari operator seluler. Skygofree diiklankan sebagai perangkat lunak yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan internet siapa saja yang men-download-nya.

Sumber foto: Foto: maketecheasier.com

Skygofree juga dinyatakan sebagai malware tercanggih karena kemampuannya yang bisa melacak lokasi perangkat yang terinfeksi. Selain itu Skygofree juga bisa menyalakan mikrofon untuk merekam audio saat seseorang memasuki tempat baru.

Spyware satu ini juga dapat terhubung ke jaringan WiFi yang dikendalikan oleh para hacker, bahkan hal ini dapat terjadi ketika kamu telah menonaktifkan WiFi di perangkat tersebut. Hal ini bisa sangat berbahaya, karena memungkinkan hacker mengakses password hingga informasi pribadi yang ada di dalam perangkat.

Sumber foto: Foto: softonic.com

Skygofree juga dapat membaca pesan WhatsApp pribadi pengguna yang menggunakan layanan aksesibilitas khusus untuk penyandang gangguan visual dan suara. Tidak hanya itu, Skygofree juga dapat mengkses data SMS dan acara kalender di perangkat yang terinfeksi. Bahayanya lagi, Malware satu ini bisa menghidupkan kamera depan untuk mengambil gambar saat kamu membuka perangkat.

Meskipun hanya ditemukan beberapa perangkat yang terinfeksi dan semuanya ada di Italia, pengguna Android di mana pun termasuk kamu yang di Indonesia masih disarankan untuk berhati-hati. Ingat ya, kamu harus download aplikasi dari toko atau webiste resmi dan mewaspadai situs dan tautan yang mencurigakan agar terhindar dari Malware semacam Skygofree.

ADVERTISEMENT

ARTIKEL TERKAIT

Awas, Malware Ini Bisa Mencuri Data dari Facebook dan WhatsApp!

5 Jenis Malware 'Kekinian' Baru yang Terkenal dan SANGAT Berbahaya

WASPADAI 5 'Pintu Masuk' Malware Untuk Menginfeksi Perangkat Gadget

Bahaya Malware ExpensiveWall, Telah Menginfeksi 21 Juta Smartphone Android

Microsoft: Indonesia Punya Tingkat Serangan Malware Tertinggi di Dunia

APPS TERKAIT
AVG Antivirus Security - FREE for Android
Apps AVG Technologies
ESET Mobile Antivirus & Security Android 3.7.51.0
Apps ESET
Norton Antivirus and Security Android 3.23.0.3337
Apps NortonMobile
Malwarebytes Anti-Malware 2.2.1
Apps Malwarebytes
undefined
Kembali Keatas