Apakah Main Game di Bulan Puasa Bisa Bikin Batal?

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 07 Juni 2017, 19:00
Pertanyaan saya, apa sih hukukmnya main game dalam pandangan Islam? Mungkin gak jika terlalu keasyikan main game bisa membatalkan puasa?

Pertanyaan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Tadz, sebagai anak muda yang besar di era game-game konsol sedang berjaya, saya ini suka banget sama yang namanya main game. Apalagi sejak game-game di Android semakin keren dan seru.

Pertanyaan saya, apa sih hukukmnya main game dalam pandangan Islam? Mungkin gak jika terlalu keasyikan main game bisa membatalkan puasa?

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Boedi Santoso, 28 tahun

BACA JUGA
  • Buka BIGO Live Saat Puasa Bisa Bikin Batal, Benarkah?
  • Hukum Membeli Smartphone dengan Cara Kredit Dalam Islam
  • Hukum Chatting Mesra di Bulan Ramadhan, Bolehkah?

Jawaban

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

Tidak ada orang yang tidak suka main game, karena bisa menjadi media hiburan. Hanya beda genre gamenya saja yang dimainkan, apakah itu game FPS, MMORPG, endless run atau puzzle. Lantas, bagaimana pandangan Islam tentang main game?

Untuk mengetahui hukum main game dalam Islam, kita harus melihat dulu akidah fiqih mengenai sesuatu yang baru (karena game konsol belum ada pada zaman Rasul). Adapun kaidahnya menyatakan:

ADVERTISEMENT

Hukum asal segala sesuatu adalah Mubah, kecuali setelah ada dalil yang mengharamkannya.

Nah, sampai saat ini belum ada hukum yang mengharamkan game dalam Islam. Maka demikian hukum main game dalam Islam adalah Mubah (diperbolehkan). Tapi ingat, Mubah dalam Islam bisa memiliki efek yang merubah hukumnya menjadi Makruh atau Haram; sesuai penggunaannya.

Main game sendiri erat kaitannya dengan hiburan. Dan mutlak bahwa manusia itu butuh hiburan agar bisa seimbang. Bahkan ada sebuah hadist yang menyebutkan bahwa kita harus tahu kapan waktu ibadah, dan kapanw aktu untuk keperluan duniawi.

Rasulullah SAW kemudian berkata, "Demi Dzat yang memiliki diriku! Kalau Kalian selalu dalam keadaan seperti ketika bersamaku itu, atau selalu dalam dzikir, niscaya malaikat akan terus menemani Kalian di atas tempat tidur maupun di jalanan. Akan tetapi, wahai Hanzhalah, segala sesuatu ada waktunya." Itu beliau ucapkan 3 kali. (H.R Muslim dan Tirmidzi)

Jadi, apakah main game membatalkan puasa? Jika kamu main game sampe lupa waktu shalat dan ibadah-ibadah lainnya, maka hukumnya akan menjadi haram. Dan hal haram bisa mengakibatkan puasamu tidak barokah. Karena itu, main game lah dengan seimbang.

Wallahu A'lam Bishawab.

ARTIKEL TERKAIT

Main Smartphone Bikin Puasa Batal, Benarkah?

22 Aplikasi Edit Foto Terbaik & Terbaru 2022, Hasil Foto Bak Selebgram!

Awas! Ini 5 Postingan Facebook Yang Bisa Bikin 'Tegang'

10 Aplikasi Wajib untuk Smartphone Android yang Sudah Di-root

10 Foto Selfie Ini Sangat Dibenci di Dunia, Kenapa Ya?

APPS TERKAIT
Asphalt 8: Airborne - Fun Real Car Racing Game 4.8.0i
Games Gameloft SE
7 Paladin: RPG 3D Fantasi 1.0.9
Games Maingames
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
undefined
Kembali Keatas