Penyebab & Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows dengan Mudah

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 28 Juli 2020, 08:30
Llaptop tidak bisa masuk Windows secara mendadak? Simak cara mengatasi laptop tidak bisa masuk Windows dengan mudah berikut ini.

Satu dari sekian banyak permasalahan yang muncul pada laptop adalah tidak bisa masuk ke Windows. Hal ini juga disebut dengan gagal booting.

Kondisi tersebut ditandai dengan layar laptop hanya berhenti di login Windows. Bahkan, ada kasus di mana hanya muncul layar hitam atau blank setelah logo Windows muncul.

Dengan laptop yang error begini tentu kamu tidak bisa melakukan apa-apa bukan? Permasalahan ini juga pasti membuatmu kesal dan membuat pekerjaan terganggu.

Jika kamu mengalami hal ini, jangan buru-buru ke tukang service. Ada baiknya baca dulu artikel ini sampai selesai.

Jaka sajikan langkah-langkah mudah mengatasi laptop tidak bisa masuk Windows.

Penyebab Utama dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows dengan Mudah & Aman

Jaka rasa hampir setiap orang yang memiliki laptop maupun PC sering mengalami hal ini. Saat laptop tidak bisa masuk Windows memang menyebalkan.

Maka dari itu, Jaka akan mencoba membantu kamu mengatasi laptop tidak bisa masuk Windows dengan mudah plus menjelaskan penyebab-penyebab utamanya.

ADVERTISEMENT

Penyebab Laptop Gagal Booting Windows

Sebelum masuk ke pokok pembahasan, simak pula beberapa penyebab laptop gagal booting. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Gagal Update

Ketika ada pembaruan, Windows secara default akan melakukan update otomatis jika terhubung dengan internet. Nah, ada kemungkinan ketika proses update belum selesai, laptop mati.

Hal ini akan menyebabkan gagal update sehingga file-file sistem operasi ada yang corrupt. Alhasil, laptop tidak bisa masuk Windows.

Maka salah satu pencegahan yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikan auto update Windows kamu, agar kejadian ini tidak terulang lagi.

2. Salah Install

Penyebab berikutnya adalah adanya erorr setelah meng-install aplikasi di laptop. Untuk itu, harap berhati-hati dalam menginstall aplikasi.

Maka dari itu, usahakan kamu install aplikasi laptop dari situs-situs yang terpercaya dan bebas virus seperti yang ada di situs Jalantikus.com ya, geng!

3. Serangan Virus

Salah satu akibat sembarangan install aplikasi adalah laptop terserang virus. Bisa jadi aplikasi itu mengandung virus.

Tidak hanya aplikasi, virus juga bisa masuk ketika laptop terhubung internet, atau pernah dicolok flashdisk, harddisk, dan segala macam koneksi dari luar.

Hati-hati ya, geng! Banyak sekali virus komputer ganas yang bisa kapan saja menyerang komputer kamu!

4. Masalah Harddisk

Harddisk adalah komponen terpenting pada laptop, di mana data-data serta sistem operasi tersimpan. Ketika hardisk bermasalah, otomatis Windows juga bisa terganggu.

Harddisk yang sudah lemah bisa membuat laptop menjadi lemot karena sudah tidak bisa lagi membaca data dengan cepat. Hal ini juga bisa berpengaruh terhadap booting.

Coba kamu cek artikel cara memperbaiki harddisk yang pernah Jaka ulas sebelumnya.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk ke Windows

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah gagal booting. Setidaknya ada 5 cara dari yang paling mudah hingga opsi terakhir, yakni sebagai berikut.

1. Restart Laptop

Ini merupakan langkah paling dasar dan mudah yang bisa kamu lakukan. Jika laptop bisa kembali masuk Windows dengan cara ini, kamu tidak perlu coba cara yang akan dibahas selanjutnya.

Ketika layar laptop hitam atau blank screen, mungkin kamu tidak akan menemukan tombol restart. Nah, jika demikian, kamu perlu merestart dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan pada keyboard.

Jika masih tidak bisa, terpaksa kamu harus menekan tombol power dan tahan sampai laptop mati. Kemudian nyalakan lagi laptop.

Setelah merestart laptop, biasanya Windows akan beroperasi lagi dengan normal. Namun, jangan terlalu sering mematikan laptop dengan langsung menekan tombol power karena bisa membahayakan hardware.

2. Uninstall Aplikasi Penyebab Erorr Lewat Safe Mode

Cara ini berlaku untuk kasus laptop erorr setelah menginstal aplikasi yang mungkin jadi penyebab sistem corrupt. Jadi ingat-ingat, sebelum erorr, kamu habis meng-install program apa saja.

Safe Mode adalah fitur di mana Windows bisa berjalan tanpa memuat aplikasi maupun driver yang sudah terinstal. Fitur ini berguna untuk mengecek kerusakan pada sistem operasi.

Untuk bisa masuk Safe Mode, simak langkah berikut:

3. Manfaatkan System Restore

Langkah ini hanya bisa kamu lakukan jika Windows sudah memiliki atau pernah backup. System Restore adalah salah satu fitur yang berfungsi mengembalikan laptop ke beberapa waktu sebelumnya.

Misalnya kamu telah melakukan backup Windows pada minggu lalu. Nah System Restore akan mengembalikan sistem operasi ke kondisi pada waktu itu.

Caranya adalah sebagai berikut:

4. Install Ulang Windows

Jika cara-cara di atas masih tidak bisa, lakukan install ulang Windows. Langkah ini paling efektif dalam mengatasi segala permasalahan komputer, seperti gagal booting, serangan virus, lemot, dan lain sebagainya.

Dengan install ulang, maka sistem operasi lama akan diganti dengan yang baru. Jadi, data-datanya pun juga akan hilang, kecuali data pada partisi harddisk yang bukan tempat untuk menyimpan sistem.

Meskipun ampuh menjadi solusi segala permasalahan sistem, langkah ini perlu memerhatikan beberapa aspek. Jika kamu belum berpengalaman dalam hal ini, lebih baik minta orang lain atau jasa install ulang Windows.

Selain itu, cara ini juga berlaku jika penyebab laptop tidak bisa masuk Windows adalah adanya file corrupt.

Jika masalah gagal booting disebabkan adanya kerusakan atau bad sector pada harddisk, simak langkah selanjutnya berikut ini.

5. Cek Hardware

Nah selanjutnya ini adalah langkah yang diperuntukkan bagi kamu yang sudah terbiasa bongkar-bongkar laptop. Jika kamu belum punya pengalaman dan takut mencoba, tidak direkomendasikan melakukan cara ini.

Pertama, coba bongkar laptopmu, dan copot bagian RAM. Hardware ini juga kerap menjadi penyebab laptop tidak bisa masuk Windows.

Bersihkan kuningan pada soket RAM dengan penghapus. Lantas, pasang lagi RAM itu, dan nyalakan laptop. Jika Windows bisa masuk normal, berarti permasalahannya terletak pada RAM yang kotor.

Selain RAM, hardware lain yang bikin laptop tidak bisa masuk Windows adalah harddisk. Nah, dalam hal ini, alangkah lebih baiknya kamu bawa harddiskmu ke tukang service untuk mengecek apakah harddisk masih baik atau tidak.

Akhir Kata

Nah, itu tadi cara mengatasi laptop tidak bisa masuk Windows. Langkah-langkah di atas bisa kamu coba di rumah. Semoga artikel ini bisa membantu.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus

ARTIKEL TERKAIT

12 Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru 2020, Langsung Ngebut!

100% Work! Cara Melihat dan Mengatasi Laptop yang Overheat

100% WORK! Begini Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game Online di PC

3 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak atau Corrupt | Dijamin Ampuh!

7 Cara Memperbaiki Error 0xc000007b di Windows 7 dan 8

7 Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Windows 10, 8, & 7 | Lengkap!

Kembali Keatas