50+ Lagu Ramadhan Paling Menyejukkan Hati, Puasa Makin Berkah!

Ditulis oleh Michelle Lim - Thursday, 23 March 2023, 09:00
Cari lagu Ramadhan untuk perenungan dan sejukan hati? Cek daftar kumpulan lagu Ramadhan terbaru dan terbaik 2023/1443 Hijriah berikut ini!

Lagu Ramadhan selalu hadir menemani umat Islam yang menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Setiap tahunnya, selalu ada lagu bernuansa Ramadhan yang bisa kita nikmati, geng.

Tak hanya dapat membuat hati lebih sejuk saja, lirik lagu Ramadhan juga terkadang bisa membantu kamu untuk mengingat atau introspeksi diri agar menjadi lebih baik lagi.

Supaya ibadah puasa kamu makin seru dan berkah, kali ini Jaka bakal memberikan kumpulan lagu Ramadhan 2023/1444 Hijriah yang paling asyik untuk didengarkan. Penasaran? Yuk. langsung simak selengkapnya!

Lagu Ramadhan Terbaru

Sumber foto: Tribun Batam

Bukan cuma lagu romantis atau barat saja yang terus selalu di-update, lagu Ramadhan juga banyak muncul yang baru-baru lho. Apalagi di momen menyambut bulan Ramadhan 1443 sekarang ini.

Nah, buat kamu yang mau mendengarkan lagu Ramadhan terbaru 2023 atau lagu religi lainnya, berikut Jaka punya beberapa rekomendasi terbaiknya.

1. Maher Zain - Ramadan

Maher Zain adalah nama yang sudah akrab di masyarakat Indonesia. Penyanyi, penulis lagu, dan produser musik asal Swedia berdarah Lebanon itu cukup populer di Tanah Air dengan lagu-lagu bernuansa islami.

ADVERTISEMENT

Jelang Ramadan 2023, lagu Ramadan viral di TikTok dan media sosial lainnya karena diputar banyak orang. Sesuai judulnya, lagu ini bermakna menyambut bulan suci Ramadan.

2. Sabyan - Sapu Jagat

Lirik dari lagu Sapu Jagat menyiratkan penjelasan terkait kekhilafan yang akhirnya membuatnya merelakan apa yang selama ini sudah dimiliki.

Terlepas dari kontroversi yang menghantui perilisan Sapu Jagat, lagu ini memiliki alunan musik yang enak didengar dan cocok untuk didengarkan saat Ramadhan.

3. Hanin Dhiya, Sabyan Gambus - Jangan Sampai Pasrah

Hanin Dhiya kembali merilis karya baru bertajuk Jangan Sampai Pasrah. Di karya terbarunya ini, Hanin berkolaborasi dengan Sabyan.

Lagu ini mengisahkan hakikat hidup manusia yang akan mengalami banyak cobaan. Tapi, di berbagai cobaan itu manusia harus tetap berusaha untuk selalu bersabar.

4. Arif Afsyah - Allah, Jagalah

Penyanyi asal Sasak, Pasaman Barat, Arif Afsyah, merilis lagu religi bertajuk Allah, Jagalah. Lagu ini dirilis menyambut kehadiran bulan suci Ramadan 1443 Hijriah.

Lagu religi Islam bernuansa roman ini menceritakan peran laki-laki dalam mendukung perempuannya untuk menggapai cita-cita.

5. BYOODE & JD ELEVEN - Cinta Ramadan

Untuk pertamakalinya, BYOODE -JD ELEVEN merilis single. Lagu pertama kolaborasi berjudul Cinta Ramadan ini bertemakan religi dan dirilis pada 14 Maret 2021.

6. Syakir Daulay - Aisyah Istri Rasulullah

Penyanyi asal Aceh, Syakir Daulay, membuat cover lagu Aisyah Istri Rasulullah. Cover lagu ini merupakan rekomendasi dari pengikutnya di Instagram.

Syakir menyebut rekomendasi itu pertama kali diutarakan netizen ketika ia sedang melakukan siaran langsung di Instagram miliknya.

7. Sigit Wardana - Menuju SurgaMu

Sigit Wardana, vokalis Base Jam merilis lagu religi berjudul Menuju SurgaMu. Lagu ini bertemakan taubat yang memiliki makna mendalam di baliknya.

Lagu ini menceritakan seseorang yang merasa berdosa atas segala perbuatannya selama hidup dan memohon ampun serta petunjuk dari Allah SWT untuk kembali ke jalanNya.

8. Inka Christie - Ampuni Dosaku

Lady rocker Indonesia era 90-an ini merilis lagu religi berjudul Ampuni Dosaku di bawah naungan PT Musica Publiser Indonesia.

Lewat lagu ini, Inka Christie ini mengingatkan teman-teman maupun para penggemarnya yang belum terketuk hatinya.

9. Sabyan - Al Wabaa'

Mengisahkan tentang wabah virus corona, lirik lagu Al Wabaa' diciptakan sang keyboardis Ayus Sabyan dan dikomposisi bersama sang vokalis, Nissa Sabyan.

10. Ungu - Jalan Panjangku

Setiap menjelang Ramadhan Ungu selalu merilis lagu religi, termasuk album religi yang berisi 11 lagu, salah satunya adalah lagu yang berjudul Jalan Panjangku.

Lagu yang ditulis oleh personel Ungu, Enda sang gitaris ini terinspirasi dari kehidupan almarhum ayahanda yang selalu mendedikasikan waktu untuk Tuhan.

Lagu Ramadhan Terbaik Sepanjang Masa

Sumber foto: National Tempo

Sudah punya aplikasi download lagu tapi bingung mau pilih lagu yang mana? Tenang, kamu bisa lihat rekomendasi lagu selanjutnya, nih!

Oh iya, Jaka sih paling rekomendasikan kamu download lagu bulan Ramadhan MP3 supaya semakin dapat nuansa Ramadhan-nya.

1. Opick - Ramadhan Tiba

2. Haddad Alwi - Marhaban Ya Ramadhan

3. Tompi - Ramadhan Datang

4. Maher Zain - Ramadan (English Version)

5. Haddad Alwi & Gita Gutawa - Salam Ramadhan

6. Sabyan - Ya Romdhon

7. Opick - Assalamualaikum

8. Afgan - Ku Mohon

9. Afgan - PadaMu Ku Bersujud

10. Haddad Alwi - Rindu Muhammadku

11. Gigi - Mohon Ampun

12. Opick - Tombo Ati

13. Ungu - Dengan NafasMU

14. Harris J. - Salam Alaikum

15. Raef - Ramadan is Here

Lagu Ramadhan Nissa Sabyan

Sumber foto: HerStory

Meskipun masih merupakan pendatang baru di industri musik tanah air, namun popularitas grup musik Sabyan saat ini nggak perlu ditanya lagi, geng.

Sejumlah judul lagu religinya selalu berhasil mencuri perhatian pendengar dan banyak diputar di berbagai tempat.

Nah, buat kamu yang mau download lagu religi alias lagu Ramadhan Sabyan, berikut Jaka punya rekomendasinya.

1. Sabyan - Sapu Jagat

2. Deen Assalam

3. Idul Fitri

4. Doa & Karya

5. Bismillah

6. Ya Allah Biha

7. Allahumma Labbaik

8. I'tirof - (feat. Esbeye)

9. El Oum

10. Alfassalam

Lagu Ramadhan Maher Zain

Sumber foto: IDN Times

Bukan cuma wajahnya yang bikin adem, lagu-lagu Maher Zain juga nggak kalah menyejukkan lho! Saking enaknya didengar, lirik lagu Maher Zain banyak dicari untuk karaoke.

Kalau kamu termasuk salah satu penggemarnya, berikut Jaka punya beberapa lagu religi Maher Zain terbaik yang harus kamu dengarkan. Sst... Ada versi Indonesia juga lho!

1. BilThikr

2. Baraka Allahu Lakuma

3. For the Rest of My Life

4. Ya Nabi Salam Alyaka (Arabic Version)

5. Insha Allah

6. Thank You Allah

7. Always Be There

8. Peace Be Upon You

9. Mawalya

10. Number One For Me

11. Sepanjang Hidup

Lagu Ramadhan Opick

Sumber foto: Indopos

Ngomongin lagu religi di Indonesia, pasti nggak akan lepas dari nama penyanyi senior satu ini. Ya, lagu Opick selalu berhasil mendapatkan respons positif karena liriknya yang sangat dalam, termasuk di Ramadhan 1443 kali ini.

Nah, buat kamu yang sudah punya aplikasi lirik lagu dan mau nyanyi-nyanyi lagu religi Opick, mungkin daftar lagu berikut ini bisa kamu coba, geng.

1. Tombo Ati

2. Cahaya Hati

3. Taubat

4. Shalawat Badar

5. Alhamdulillah

6. Ya Nabi Salam

7. Di Bawah LangitMu

8. Rumput Bertasbih

9. Dealova

10. Semesta Bertasbih

Kumpulan Video Lagu Ramadhan Terkeren

Selain daftar lagu di atas, Jaka juga bakal kasih kamu kumpulan video klip lagu Ramadhan terkeren buat kamu tonton, geng.

Kalau kamu suka, kamu juga bisa lho download video lagu religi di bawah ini. Penasaran? Yuk, langsung simak saja daftarnya berikut ini!

1. Hanin Dhiya, Sabyan Gambus - Jangan Sampai Pasrah

2. Sabyan - Sapu Jagat

3. ADAM - Welcome Ramadhan

4. DNA Adhitya - Ramadhan Ku Rindu

5. Sabyan - Ya Asyiqol

6. Opick - Ramadhan Tiba

7. Maher Zain - Ramadan

8. Dato' Sri Siti Nurhaliza, Nissa Sabyan, Taufik Batisah - Ikhlas

9. Sabyan - Alfa Salam

10. Afgan - Ku Mohon

11. Sabyan - Deen Assalam

12. Sabyan X Nagita Slavina - Ramadan

Akhir Kata

Itulah kumpulan lagu Ramadhan terbaik dan terbaru 2023/1444 Hijriah yang cocok kamu dengarkan untuk menyambut dan menjalankan ibadah puasa tahun ini, geng. Lagu-lagu di atas Jaka yakin bisa bikin hati kamu sejuk semua!

Selain itu, buat kamu yang mau download lagu Ramadhan tapi nggak tahu harus pilih judul yang mana, kumpulan lagu religi di atas mungkin bisa jadi pilihan.

Kalau kamu paling suka lagu mana?

Baca juga artikel seputar Lagu atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT

210+ Lagu Pop Indonesia Terbaik dan Terbaru 2023, Mana Favoritmu?

100+ Lagu Barat Slow Terbaik dan Terbaru 2021, Asyik Buat Santai!

15 Aplikasi Edit Suara Gratis untuk Android & PC, Bisa Bikin Suara Jadi Merdu

120+ Lagu Dangdut Terbaru & Paling Dicari, Ada Versi Remix Asyik Buat Goyang!

23 Situs Download MP3 Gratis Terbaik 2023, Koleksi Lagu Terpopuler!

85+ Lagu TikTok Viral Terbaru Paling Hits 2023, Bikin Terngiang di Kuping!

Kembali Keatas