10 Adegan Gak Masuk Akal yang Selalu Ada di Film Horor, Klise Abis!

Ditulis oleh Jaka - Senin, 28 Oktober 2019, 14:00
Suka nonton film horror? Pasti pernah kesal dengan satu atau beberapa klise bodoh di film horror ini, check this out.

Seperti film pada umumnya; ada film horror yang bagus, ada juga film horror yang jelek. Beberapa film horror dengan konsep original menawarkan kengerian yang bikin kamu tegang sepanjang film.

Disadari atau tidak, ternyata film horror punya satu atau beberapa scene yang bikin kamu merasa gemas karena hal-hal remeh yang seharusnya enggak terjadi, atau bisa dihindari di saat genting.

Memang, pada dasarnya film itu karya fiksi. Namun, ada kalanya kamu hilang mood nonton film horror ketika tokoh protagonis melakukan hal klise yang konyol.

Daftar Klise Film Horror yang Bikin Geregetan

Buat kamu penikmat film horror, mungkin sudah familiar dengan sinema klasik The Texas Chainsaw Massacre, Friday the 13th, sampai A Nightmare on Elm Street yang jadi fondasi film horror modern saat ini.

Memperkenalkan sejumlah tokoh antagonis seperti Freddy, Jason, sampai Leatherface, film horror klasik tadi juga membawa ciri khas yang berulang kali digunakan di sinema horror terbaru, bahkan sampai di tingkat menyebalkan.

Nah, pada artikel ini Jaka merangkum sebanyak 10 adegan atau premis klise di film horror yang bisa jadi merusak nuansa seram. Simak ya!

1. Berpencar dari Kawanan

Scooby-Doo mungkin salah satu kartun yang membawa klise ini jadi parodi yang terus diulang-ulang tiap episode.

ADVERTISEMENT

Bayangkan, kamu dan sekelompok temanmu sedang di tengah hutan belantara, diintai oleh pembunuh psikopat sadis bersenjata yang bisa menyergap kapan saja.

Alih-alih tetap bersama dalam kawanan, grup kamu malah memutuskan untuk berpencar untuk tujuan mencari jalan keluar lebih cepat.

Enggak usah ditanya, skenario macam ini sudah pasti berakhir nahas bagi para pemeran karakter protagonis.

2. Turun ke Basement yang Gelap

Ini sering banget terjadi. Dalam satu scene salah satu tokoh protagonis mendapati pintu dengan tangga menuju rubanah yang gelap gulita.

Apa yang tokoh ini bakal lakukan? Tentu saja, menuruni tangga ke basement gelap gulita ini, dong!

Kelanjutannya bisa ditebak, entah kaki tokoh ini ditarik dari sela-sela tangga, atau disergap dengan metode kreatif-mengerikan lainnya sesampainya ia di bawah.

3. Tokoh Protagonis yang Jatuh Ketika Dikejar

Tokoh antagonis dalam film horror sudah terungkap, alur cerita sudah nyaris berada di puncaknya. Di satu scene, salah satu tokoh protagonis sedang dikejar pembunuh psikopat.

Adegan ini sering ada di banyak film horror, tapi semua biasanya berakhir sama; si tokoh protagonis bakal tersandung jatuh entah karena apa.

Gimmick film horror ini sering banget ada, biasanya dilakukan untuk membangun ketegangan karena si penjahat bisa mengejar ketertinggalannya dari momen jogging romantis ini.

4. Mobil yang Enggak Nyala-nyala Pas Distarter

Setelah adegan kejar-kejaran lama berlangsung, akhirnya tokoh protagonis film horror favorit kamu menemukan kunci mobil. Ekspresi kelegaan tampak dari wajahnya.

Lari ke garasi terdekat, tokoh ini langsung nemu mobil yang secara kebetulan memang pas sama kunci yang ditemukannya.

Namun, ketika mobil di-starter malah enggak nyala-nyala. Sebagai follow-up, si pembunuh psikopat yang mengejarnya muncul tiba-tiba di balik kaca pintu mobil.

5. Hilang Sinyal

Sutradara dan penulis naskah film horror selalu mempersulit tokoh protagonis film horror yang mau meminta pertolongan, ini sering terjadi di banyak film.

Di satu adegan, satu tokoh memakai ponselnya untuk menghubungi polisi untuk meminta bantuan.

Sama seperti klise-klise sebelumnya, tokoh ini akan terkena kesialan berupa kesulitan mendapat sinyal, atau panggilan sempat terhubung tapi kemudian sinyal hilang.

Klise Film Horror yang Bodoh Lainnya...

6. Selalu Ada Tokoh yang Serba Tahu

Banyak premis film horror mengangkat legenda urban atau mahluk mitos berabad-abad lalu. Pada film semacam ini, dalam kawanan protagonis pasti ada tokoh yang serba tahu.

Biasanya, karakter ini bakal membeberkan semua fakta seputar mahluk mitos, mulai dari asal-usul sampai cara mengalahkannya.

Contohnya ada di film Bird Box, tepatnya karakter Charlie yang serba tahu asal-usul mahluk tak terlihat dalam film.

Enggak terlalu menyebalkan sih, tapi klise jenis ini seolah menggambarkan plot cerita yang malas . Ingat, show, don't tell.

7. Penampakan di Cermin

Klise film horror lainnya terjadi di saat salah satu karakter berada di rumah, hendak atau setelah mandi. Entah film horor barat atau horor Indonesia, pasti ada adegan ini.

Di titik ini, penonton terbawa suasana bahwa si karakter berada di rumah sendiri yang aman dan jauh dari ancaman.

Namun, tiba-tiba kamera mengambil sudut gambar yang bikin anxious, menyoroti pantulan cermin di belakang karakter yang menampakkan sosok horror.

8. Kunci Pintu/Mobil Terjatuh

Tentu kita bisa setuju bahwa kepanikan bisa membuat ceroboh. Namun, akan sangat menyebalkan ketika satu aktivitas rutin malah dilakukan dengan ceroboh di saat genting.

Ya, ada adegan kejar-kejaran di film horror yang mempertaruhkan hidup dan mati. Banyak juga yang mempertontonkan sang karakter protagonis merogoh saku celananya dan mengeluarkan kunci pintu atau mobil.

Klisenya adalah ketika kuncinya terlalu banyak untuk dipilih atau terjatuh ke selokan. Capek sendiri nontonnya.

9. Tokoh Antagonis yang Bisa Teleport

Entah itu premisnya supranatural atau pembunuh psikopat sadis, selalu ada kesamaan klise di film horror yang melibatkan 2 jenis tokoh antagonis ini.

Di satu adegan kejar-kejaran, penonton diperlihatkan kalau si tokoh jahat berada jauh di belakang. Namun, seketika dalam transisi gambar yang singkat ia sudah ada di depan karakter protagonis.

Enggak cuma ngagetin, ini juga melawan teori mekanika kuantum; atau enggak. Namanya juga film.

10. Tokoh Antagonis yang Bangkit dari Kematian

Geng protagonis sudah bersatu dan menemukan cara mengalahkan monster. Setelah tumbang, mereka bersorak-sorai karena sudah bebas dari ancaman.

Namun, cerita enggak berakhir di situ. Tiba-tiba si monster bangkit kembali dalam wujud kedua, lebih kuat dan cara yang sama sudah tidak bisa menumbangkannya lagi.

Klise jenis ini memberi efek PHP yang berbeda; sebab di saat kamu sudah merasa lega dan enggak menutup mata dengan tangan, musuhnya bangkit lagi.

Akhir Kata

Kalau kamu penggemar film horror, pasti pernah ngeh setidaknya 1 dari 10 klise film horror yang sudah Jaka rangkum di atas.

Dari daftar klise horror tadi, mana yang paling menyebalkan buat kamu?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Tidar Sentausa.

ARTIKEL TERKAIT

10 Film HORROR Ini Bisa Bikin Kamu MERINDING Dalam 14 Detik!

25 Film Horror Yang Jauh Lebih Seram Daripada si VALAK!

7 Film Horror Jepang Terbaik, Sampai Ditiru Hollywood!

Jika Disney Membuat Film Horror, Inilah 10 Poster Film yang Digunakannya

10 Film Horor Ini Menginspirasi Pembunuhan Nyata

10 Aplikasi Nonton Film Terbaik untuk Android Gratis

Kembali Keatas