4 Keunggulan Xbox yang WAJIB Ditiru PlayStation, Setuju?

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 24 November 2017, 20:00
Persaingan antar konsol game masih terasa panas, terutama antara Xbox dan PlayStation. Kali ini, Jaka ulas 4 keunggulan Xbox yang wajib ditiru PlayStation.

Konsol game kini banyak dipandang sebagai perangkat game jadul. Pasalnya, gamer kini lebih suka bermain game menggunakan PC atau laptop. Apalagi setelah muncul banyak PC dan laptop gaming dengan spesifikasi yang menunjang bermain game berat sekalipun.

Gak cukup sampai di situ, smartphone yang semakin canggih juga menambah jumlah gamer yang bermigrasi dari konsol ke game yang ada di smartphone. Jadi bisa dikatakan konsol game menuju kepunahan? Gak juga. Faktanya masih banyak gamer yang setia memainkan konsol game, bahkan gak ketinggalan memperbarui konsolnya setiap ada keluaran terbaru.

Persaingan antar produsen konsol game sendiri juga masih terasa panas dalam beberapa tahun terakhir. Yang paling terasa tentu adalah antara Xbox dan PlayStation. Bicara soal dua konsol tersebut, dalam artikel ini Jaka akan mengulas beberapa keunggulan Xbox yang wajib ditiru atau diadaptasi PlayStation supaya gak kalah bersaing. Apa saja?

BACA JUGA
  • Seru Abis! Cara Main Game PS2 di PC / Laptop Tanpa Lag
  • Kumpulan Situs Download Game PS2 ISO Gratis & Emulator-nya, Lengkap!
  • 20 Game PS1 Terbaik Sepanjang Masa, Story Menawan & Gameplay Memukau!

4 Keunggulan Xbox yang WAJIB Ditiru PlayStation

Sumber foto: Sumber: Netivist

Persaingan antara dua perusahaan teknologi besar dunia, Microsoft dan Sony merambah hingga ke produk konsol game buatan mereka yaitu Xbox dan PlayStation. Yang terakhir, dua perusahaan tersebut merilis konsol teranyar di waktu yang nyaris bersamaan. Microsoft merilis Xbox One, Sony meluncurkan PlayStation 4.

Meski sama-sama keren dan menghadirkan fitur yang jauh lebih canggih dari seri sebelumnya, sejauh ini ada beberapa hal yang bikin Xbox terasa lebih unggul. Padahal, PlayStation seharusnya juga bisa melakukan hal-hal tersebut. Berikut ini Jaka ulas empat keunggulan Xbox yang wajib ditiru atau diadaptasi PlayStation:

1. PlayStation Now -> Xbox Game Pass

Kedua konsol sama-sama mengeluarkan layanan yang memungkinkan gamer memainkan banyak game yang ada dalam daftar. PlayStation Now milik PlayStation dan Xbox Game Pass ala Xbox adalah dua layanan serupa tapi tak sama.

Meski lebih mahal di awal, layanan Xbox Game Pass benar-benar menyediakan akses untuk mengunggah dan memainkan game apapun yang tersedia selama membayar biaya berlangganan. Sedangkan PlayStation Now malah menyisakan banyak tanda tanya bagi gamer. Banyak kasus game gak bisa diunggah dan dimainkan dengan alasan perangkat non kompatibel.

2. Mendukung 4K Blu-ray

Mungkin terkesan sepele, tapi jangan sekali-kali meremehkan kepuasan gamer akan kualitas tampilan terbaik alias super jernih selama bermain game. Faktanya, PlayStation 4 Pro malah gak mendukung kualitas 4K blu-ray. Bandingkan dengan seri Xbox One X dan Xbox One S yang keduanya sudah mendukung kualitas serupa.

ADVERTISEMENT

3. Main Game Klasik = Uang, Uang, dan Uang

Bermain game klasik atau jadul memang mengasyikkan. Tentu banyak gamer yang ingin bernostalgia dengan memainkan game-game yang ada di masa kecil mereka. Kedua konsol sejatinya menyediakan layanan untuk para gamer mewujudkan hal itu. Sayangnya, salah satu konsol mengharuskan gamer membayar lebih.

Sony mengharuskan gamer untuk membeli game klasik jika ingin memainkannya di PlayStation 4, bahkan meskipun si gamer sudah memiliki game yang sama di seri konsol sebelumnya. Berbeda dengan Xbox di mana gamer bisa memainkan game klasik di Xbox One terbaru jika sudah pernah punya game yang sama sebelumnya.

4. Menampilkan Tayangan Televisi

Salah satu fitur tambahan dari Xbox One adalah Live TV. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menampilkan dan menyaksikan tayangan televisi dari konsol Xbox One. Teknologi bernama Instant Switching yang memungkinkan fitur itu ada di Xbox One.

Sementara Sony merasa gak ingin membuang uang para gamer dengan menambahkan fitur yang dirasa kurang penting. Mereka lebih memilih untuk fokus pada game itu sendiri ketimbang menambahkan fitur lain yang dirasa kurang relevan.

Akhir Kata

Itulah empat keunggulan Xbox atas PlayStation yang menurut Jaka mesti segera diantisipasi nama kedua biar gak kalah saing. Setuju sama pendapat Jaka? Sebagai gamer, mana dari dua di konsol game tersebut yang jadi favoritmu? Sampaikan pendapat kamu di kolom komentar ya.

Baca juga artikel seputar Xbox atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

8 Game Playstation 2 (PS 2) Terburuk Sepanjang Masa

12 Game PS2 Terbaik & Terbaru 2020, Bisa Main di HP & PC!

Kalahkan X-Box dan Wii, Penjualan PlayStation 4 Tembus 60,4 Juta Unit

Nostalgia! Ini Suara Start-up Konsol PlayStation dari Masa ke Masa

Cara Mudah Isi Saldo PlayStation Network (PSN) Pakai Pulsa

APPS TERKAIT
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
PlayStation App 4.20.5
Apps Sony Computer Entertainment
ePSXe - Playstation 1 (PS1) Emulator 2.0.5
Apps Epsxe
RPCS3 - Playstation 3 (PS3) Emulator 0.0.4
Apps RPCS3
undefined
Kembali Keatas