Waspada! 3 Kesalahan Ini Biasa Dilakukan Orang Kaya Sewaktu Merakit PC

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 23 Pebruari 2017, 21:00
Merakit sebuah PC yang baik adalah efektif sesuai dengan kebutuhan. Hal ini terkadang dilupakan oleh yang memiliki bujet tidak terbatas, atau bisa disebut orang kaya. Nggak percaya? Yuk simak pembahasan dari Jaka berikut ini.

Saat ini PC merupakan kebutuhan hampir semua orang. Dapat dipahami karena hampir seluruh pekerjaan Jaka pribadi, dikerjakan mempergunakan sebuah komputer. Itulah yang menjadi alasan mengapa seseorang merakit sebuah PC.

Merakit sebuah PC yang baik adalah efektif sesuai dengan kebutuhan. Hal ini terkadang dilupakan oleh yang memiliki bujet tidak terbatas, atau bisa disebut orang kaya. Nggak percaya? Yuk, simak pembahasan dari Jaka berikut ini.

BACA JUGA
  • Inilah Komponen PC Gaming Paling Penting Saat Merakit Komputer Idaman
  • Panduan Cara Merakit PC Gaming Murah dan Berkualitas 2021, Biar Gak Salah Beli!
  • PC Gaming Kamu Siap Untuk VR? Simak Resep Rakitan JalanTikus!

3 Kesalahan Ini Biasa Dilakukan ORANG KAYA Sewaktu Merakit PC

Agar kamu waspada dan bisa merakit sebuah PC yang efektif sesuai dengan kebutuhan. Yuk simak, ini dia 3 kesalahan yang biasa dilakukan oleh orang kaya sewatu merakit sebuah PC.

Harga Sama Ini Racikan PS4 Pro Versi PC Master Race!
Rakit PC setara PS4 Pro, dengan harga 7 jutaan. Selain setara PS4 juga setara X1 atau Xbox One.
LIHAT ARTIKEL

1. Memakai Hardware Kelas Overclock Tanpa Pemahaman

Sumber foto: Gambar: PC World

Hardware semakin mahal, umumnya akan memberikan fitur yang makin baik pula. Salah satu fitur tersebut adalah overclock. Overclock sendiri merupakan fitur keren, karena dengan ini kita bisa menaikan kemampuan performa hardware kita.

Namun overclock seperti pedang bermata dua. Tanpa memiliki pemahaman yang cukup, bisa-bisa malah merusak hardware kita. Dan sejujurnya, biasanya orang kaya memakai hardware yang sudah mumpuni untuk overclock. Tapi sayangnya, tidak dibarengi dengan pemahaman.

Memang tidak ada yang salah apabila pemakaiannya biasa saja. Namun namanya seseorang, pasti deh ada melakukan utak-utik terhadap PC-nya. Nah, kalau bagian yang iseng diutak-atik adalah bagian overclock, bisa gawat. Maka sebaiknya apabila tidak paham overclock, baiknya pakai hardware yang biasa saja.

2. Overbudget PC Bukan Berarti Yang Terbaik

Sumber foto: Gambar: The Tech Buyer Guru

Setiap komponen PC, biasanya ia akan memiliki kelas-kelas lagi. Mulai dari yang paling murah, sampai ke yang paling mahal. Contohnya prosesor Intel, ada mulai dari kelas Pentium hingga ke kelas Xeon.

Semakin mahal kelas yang dipilih, sejujurnya ini tidak selalu lebih baik. Terkadang kelas yang paling mahal, adalah kelas eksklusif untuk kebutuhan tertentu. Contohnya adalah kelas Xeon yang diperuntukan sebagai prosesor server.

ADVERTISEMENT

Mempergunakan prosesor server untuk kebutuhan sehari-hari, memang bisa, namun tidak efektif. Ini juga terjadi pada kartu grafis. Yaitu contohnya Nvidia Quadro, kartu grafis yang biasa dipakai untuk render. Apabila dipakai untuk main game, jelas performanya tidak maksimal.

3. Terlalu Bergantung Kepada Seller / Terima Beres

Sumber foto: Gambar: Meme Generator

Karena memiliki bujet tidak terbatas, biasa orang kaya akan langsung menyerahkan begitu saja semuanya sampai beres kepada seller. Memang praktis, tinggal sebut lalu semuanya ada dan siap pakai.

Namun hal ini membuat peluang built quality PC-nya rendah. Contohnya seperti perakitan asal-asalan yang dilakukan oleh seller. Mulai dari baut dipasang terlalu kencang, pemilihan spesifikasi yang asal-asalan, dan lain sebagainya.

Di satu sisi, bukan tidak mungkin seorang seller akan melakukan kecurangan. Bisa saja ia mengatakan memakai spesifikasi A, namun yang terpasang bukan spesifikasi A tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya tetap dipantau prosesnya secara keseluruhan.

Waspada! Ini 5 Kesalahan Yang Dilakukan Pemula Waktu Merakit PC
Kamu harus paham mengenai dasar-dasar dari spesifikasi komputer. Tidak jarang bahkan para pemula sering sekali melakukan kesalahan merakit pc.
LIHAT ARTIKEL

Nah, itulah dia barusan pembahasan Jaka mengenai 4 kesalahan merakit PC yang biasa dilakukan oleh orang kaya. Bagaimana menurut pendapat kamu, apakah ada yang lain? Jika ada, share sama Jaka melalui kolom komentar ya. Terima kasih.

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Rakit PC atau tulisan menarik lain dari Putra Andalas.

Banner: Jesse F

ARTIKEL TERKAIT

Mau Beli Headphone Gaming? Baca Dulu 5 Tips Ini Biar Kamu Gak Nyesel

Seru, Ada DISKON Hingga 50% Di Local Startup Festival! Apaan Aja Ya?

5 Layanan Email Paling Aman Yang Biasa Dipakai Oleh Hacker

Lobby Game CS:GO Di-HACK, Jadi Gak Bisa Main! Siapa Pelakunya?

Mau Beli PS4 Bekas? Baca Dulu 11 Tips Ini Biar Kamu Gak Nyesel (Part 2)

APPS TERKAIT
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
undefined
Kembali Keatas